Roboguru

Dengan mengacu pada aturan oktet, tentukan rumus kimia senyawa yg dapat dibentuk oleh pasangan unsur berikut:  C dengan H

Pertanyaan

Dengan mengacu pada aturan oktet, tentukan rumus kimia senyawa yg dapat dibentuk oleh pasangan unsur berikut: 

C dengan Hundefined 

Pembahasan Soal:

Atom akan selalu berusaha untuk mencapai kestabilan. Untuk mencapai kestabilan tersebut, sebagian besar atom berusaha untuk mempunyai delapan elektron kulit terluar (oktet). Oleh karena itu, atom-atom akan melakukan suatu ikatan kimia (ikatan ion atau kovalen).

Atom C dan H merupakan nonlogam. Ikatan yang terjadi antara nonlogam dan nonlogam adalah ikatan kovalen melalui pemakaian bersama pasangan elektron. Atom C memiliki nomor atom 6 dan elektron valensinya adalah 4 dan atom H memiliki elektron valensi 1.



Untuk memenuhi aturan oktet atom C memerlukan 4 elektron, sehingga atom C mengikat atom H sebanyak 4. Atom H harus memenuhi kaidah duplet, jadi membutuhkan 1 elektron. Terjadi pemakaian elektron secara bersama. Senyawa yang terbentuk adalah begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style.

Jadi, dengan mengacu aturan oktet rumus kimia yang terbentuk dari pasangan unsur C dan H adalah undefined.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dengan mengacu pada aturan oktet, tentukan rumus kimia senyawa yang dapat dibentuk oleh pasangan unsur berikut: P dengan Cl

Pembahasan Soal:

Atom akan selalu berusaha untuk mencapai kestabilan. Untuk mencapai kestabilan tersebut, sebagian besar atom berusaha untuk mempunyai delapan elektron kulit terluar (oktet). Oleh karena itu, atom-atom akan melakukan suatu ikatan kimia (ikatan ion atau kovalen).

Atom P dan Cl merupakan non logam. Ikatan yang terjadi antara non-logam dan non logam adalah ikatan kovalen. Dalam ikatan kovalen terjadi pemakaian elektron bersama. Atom P memiliki nomor atom 15 dan elektron valensinya adalah 5 dan atom Cl memiliki nomor atom 17 dan elektron valensinya adalah 7.



Untuk memenuhi aturan oktet atom P memerlukan 3 elektron, sehingga atom P mengikat atom Cl sebanyak 3. Atom Cl harus memenuhi kaidah oktet, jadi membutuhkan 1 elektron. Terjadi pemakaian elektron secara bersama. Senyawa yang terbentuk adalah begin mathsize 14px style P Cl subscript 3 end style.

Jadi, dengan mengacu aturan oktet rumus kimia yang terbentuk dari pasangan unsur P dan Cl adalah undefined.

0

Roboguru

Atom berikut yang jika membentuk senyawa cenderung berikatan kovalen adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen merupaka ikatan kimia yang terbentuk dari ikatan antara unsur nonlogam dan nonlogam dengan cara pemakaian bersama elektron yang berasal dari kedua atom berikatan.  Telah kita ketahui bahwa unsur golongan IA (kecuali H), IIA dan Aluminium merupakan unsur logam. Atom unsur pada pilihan jawaban yang jika membentuk senyawa cenderung berikatan kovalen adalah karbon (C presubscript 6). Karbon memiliki konfigurasi sebagai berikut 1 s squared space 2 s squared space 2 p squared sehingga memiliki 4 elektron valensi dan termasuk golongan unsur nonlogam. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Diketahui beberapa unsur dengan nomor atomnya, yaitu dan . Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah ....

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen merupakan senyawa yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam yang berikatan secara kovalen yaitu pemakaian bersama elektron yang berasal dari kedua unsur yang berikatan. Senyawa kovalen dapat terbentuk dari satu jenis unsur yang sama maupun beberapa jenis unsur yang berbeda. Unsur-unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen dapat dilihat dari elektron valensi nya, jika memiliki elektron valensi lebih dari 3 maka dapat digolongkan sebagai unsur nonlogam karena tidak memiliki kecenderungan untuk melepaskan elektron. Konfigurasi unsur-unsur di atas adalah sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell P presubscript 6 colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p squared space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 4 row cell italic Q presubscript 9 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 5 space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 7 row cell italic R presubscript 11 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space end exponent 3 s to the power of 1 space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 1 row cell S presubscript 17 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 5 space space space space space space space space space e space val end cell equals 7 row cell italic T presubscript 20 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 4 s squared space space space e space val end cell equals 7 end table 


Berdasarkan konfigurasi tersebut,  pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah P dan italic Q .

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Unsur dengan konfigurasi elektron membentuk senyawa dengan unsur (No. atom dengan ikatan kovalen. Rumus senyawa yang terbentuk adalah...

Pembahasan Soal:

Dibandingkan dengan unsur-unsur lain, unsur gas mulia merupakan unsur yang paling stabil. Kestabilan ini disebabkan karena susunan elektronnya berjumlah 8 elektron di kulit terluar, kecuali helium (mempunyai konfigurasi elektron penuh). Hal ini dikenal dengan konfigurasi oktet, kecuali helium dengan konfigurasi duplet.

Unsur-unsur lain dapat mencapai konfigurasi oktet dengan membentuk ikatan agar dapat menyamakan konfigurasi elektronnya dengan konfigurasi elektron gas mulia terdekat. Kecenderungan ini disebut aturan oktet. Konfigurasi oktet (konfigurasi stabil gas mulia) dapat dicapai dengan melepas, menangkap, atau memasangkan elektron.

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom. Ikatan kovalen terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron (sesama atom bukanspacelogam).

  • Unsur Y dengan konfigurasi elektron 2 space 8 space 7 (stabil dengan cara menangkap 1spaceelektron).
  • Unsur X (No. atomequals 6 right parenthesis dengan konfigurasi elektron 2 space 4 (stabil dengan cara menangkap 4spaceelektron).
  • Unsur X harus memasangkan 4 elektron, sedangkan unsur Y hanya memasangkan 1spaceelektron.
  • Oleh karena itu, 1 unsur X berikatan dengan 4 unsur Y membentuk senyawa kovalen XY subscript 4.

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceE.

1

Roboguru

Pasangan senyawa berikut yang keduanya berikatan kovalen adalah ....

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen merupakan senyawa yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam yang berikatan secara kovalen yaitu pemakaian bersama elektron yang berasal dari kedua unsur yang berikatan atau dari salah satu unsur saja (kovalen koordinasi). Senyawa kovalen dapat terbentuk dari satu jenis unsur yang sama maupun beberapa jenis unsur yang berbeda. Pasangan senyawa yang keduanya berikatan kovalen adalah H Cl dan H subscript 2 O karena hidrogen, klorin, dan oksigen merupakan unsur nonlogam.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved