Roboguru

Daya tarik yang sangat besar dari matahari menyebabkan ...

Pertanyaan

Daya tarik yang sangat besar dari matahari menyebabkan ...space space 

  1. planet-planet beredar mengelilingi mataharispace space 

  2. terjadinya mataharispace space 

  3. terjadinya planet-planetspace space 

  4. temperatur yang sangat tinggispace space 

  5. massa yang besar dari mataharispace space 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan teori Planetesimal, saat sebuah bintang di ruang angkasa melintas dengan cepat dan berada tidak jauh dari matahari, menimbulkan daya pasang gas matahari akibat adanya daya tarik (gravitasi) matahari yang sangat besar. Akibat daya pasang tersebut, massa gas terlempar dari matahari dan mulai mengorbit/mengelilingi matahari. Apabila massa gas yang jauh dari matahari menjadi dingin, maka terjadi perubahan bentuk dari cairan ke padat dan terbentuk planet seperti saat ini. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari pada orbitnya akibat adanya gaya tarik/gravitasi matahari.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Persamaan Teori Platenesimal dengan Teori Pasang Surut dalam proses pembentukan tata surya, terdapat pada ….

Pembahasan Soal:

Teori Planetesimal dan teori Pasang Surut merupakan dua hipotesis yang menjelaskan mengenai pembentukan tata surya.

  1. Teori Planetesimal
    Teori ini menjelaskan pembentukan tata surya berasal dari kabut gas yang mengelilingi inti gas yang panas sehingga tercipta gaya tarik-menarik. Hal ini menyebabkan kabut gas terpilih dan berubah menjadi padat dan menjadi planet sedangkan inti gas menjadi matahari.
  2. Teori Pasang Surut
    Teori ini menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari efek pasang surut gas-gas matahari akibat gaya gravitasi.

Penjelasan menganai kedua teori diatas menunjukkan bahwa keduanya memiliki satu kesamaan yaitu adanya gaya gravitasi yang saling tarik menarik antara matahari dengan unsur tertentu.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B. 
 

0

Roboguru

Ciri khas pembentukan tata surya menurut teori Planetesimal adalah ...

Pembahasan Soal:

Jagad raya (Universe) adalah alam semesta yang sangat luas mencakup berjuta-juta benda angkasa, kabut gas dan kelompok nebula. Dalam proses pembentukan jagad raya terdapat banyak teori, salah satunya adalah teori Planetesimal. Teori Planetesimal dikemukakan oleh Forest R Moulton dan Thomas C Chamberlin pada tahun 1905. Teori ini mengatakan bahwa awalnya hanya ada matahari dalam tata surya sampai sebuah bintang melintas dekat matahari. Kemudian terjadi tarik-menarik dalam kabut karena terdapat material padat kecil berhamburan dan sebagian materi terlepas membentuk planetesimal lain.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Tokoh yang mengemukakan tentang Teori Planetesimal adalah...

Pembahasan Soal:

Teori Planetesimal dikemukakan oleh Forest R. Moulton dan Thomas C. Chamberlin pada tahun 1905. Mereka berpendapat bahwa matahari yang merupakan salah satu bintang sudah ada sejak awal. Suatu ketika, Matahari berpapasan dengan sebuah bintang dengan jarak yang tidak telalu jauh sehingga terjadi peristiwa pasang naik pada permukaan Matahari maupun bintang itu. Bagian dari massa Matahari tertarik ke arah bintang. Pada waktu bintang tersebut menjauh, sebagian dari massa Matahari jatuh kembali ke permukaan Matahari dan sebagian lagi terhambur ke luar angkasa di sekitar Matahari dan beredar mengelilingi Matahari.
 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

0

Roboguru

Tata surya berawal dari sebuah bintang yang lebih bersar dari Matahari, pergerakannya bersimpangan dengan Matahari, dan menimbulkan tonjolan hingga pecah menjadi butiran-butir tetesan kecil yang diken...

Pembahasan Soal:

Pada soal ini, kalian harus menjawab soal tentang sebuah penjelasan yang berisi isi teori pemebntukan planet. Jawaban yan tepat pada jawaban ini adalah hipotesis planetesimal, hipoteisi ini dicetuskan oleh seorang geolog bernama Thomas C. Chamberlin. Kata kunci dari pengertian hipoteisis ini adalah bintang besar yang dekat atau berpapasan dengan matahari. Oleh karena itu,
jawaban yang tepat adalah opsi a.

0

Roboguru

Sebutkan teori-teori tentang terbentuknya planet Bumi!

Pembahasan Soal:

Beberapa teori tentang terbentuknya planet Bumi adalah sebagai berikut.

  1. Teori Kabut atau Nebula, menyatakan bahwa mulanya tata surya merupakan gumpalan gas mirip cakram yang berputar. Cakram tersebut memepat, dan gas yang terkumpul di bagian tengah membentuk Matahari, sedangkan gas di sekitarnya menjadi planet-planet, termasuk Bumi.
  2. Teori Pasang Surut, menyatakan bahwa Matahari telah ada sejak dulu, dan suatu saat ada bintang besar yang berpapasan dengan Matahari, sehingga menyebabkan pasang pada Matahari. Bintang tersebut kemudian menjauh dan massa matahari yang pasang menjadi terhambur, sehingga membeku dan membentuk planet Bumi dan planet lainnya di tata surya.
  3. Teori Planetesimal, hampir sama seperti teori Pasang Surut, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari massa matahari yang berhamburan.
  4. Teori Bintang Kembar, menyatakan bahwa dulu terdapat dua bintang yang berdekatan, kemudian salah satu bintang menabrak bintang yang lain, sehingga bintang tersebut meledak dan membentuk serpihan-serpihan. Serpihan tersebut kemudian berubah menjadi planet-planet, termasuk planet Bumi.
  5. Teori Awan Debu, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari gumpalan gas debu yang berukuran kecil, kemudian berpilin dan membeku.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved