Roboguru

Dari sisi teori, kebijakan fiskal dibedakan menjadi ....

Pertanyaan

Dari sisi teori, kebijakan fiskal dibedakan menjadi .... 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Macam-macam kebijakan fiskal dari segi teori:

  1. Kebijakan Fungsional. Kebijakan untuk pertimbangan pengeluaran anggaran dan penambahan kesempatan kerja yang dilakukan oleh pemerintah, karena akibat tidak langsung dari pendapatan nasional.
  2. Kebijakan Disengaja. Kebijakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang sedang dihadapi dengan cara memanipulasi anggaran belanja secara sengaja, melalui perubahan perpajakan maupun perubahan pengeluaran pemerintah. 
  3. Kebijakan Tidak Disengaja. Kebijakan untuk mengendalikan kecepatan siklus bisnis supaya tidak terlalu fluktuatif. space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang menjadi contoh kebijakan fiskal adalah....

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berkaitan dengan penyeimbangan anggaran melalui menaikkan atau menurunkan pajak dan pengendalian APBN pemerintah dengan pilihan surplus, defisit atau berimbang. Pemerintah melalui Kementrian Keuangan akan melakukan perencanaan untuk kebijakan fiskal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

lnstrumen kebijakan fiskal adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berasal dari pemerintah yang memengaruhi perekonomian melalui perubahan pengeluaran dan penerimaan pemerintah. APBN dan APBD merupakan instrumen kebijakan fiskal yang akan berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Dari semua unsur APBN, pembelanjaan negara dan pajak adalah unsur yang dapat diatur oleh pemerintah melalui kebijakan fiskal. Jadi, belanja negara dan pajak termasuk ke dalam instrumen kebijakan fiskal. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D. space 

0

Roboguru

Jelaskan menurut pendapatmu langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah melalui kebijakan fiskal untuk mengurangi laju inflasi dan deflasi !

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya, kebijakan fiskal adalah kebijakan yang mengatur pajak (pendapatan) dan pengeluaran pemerintah. Sehingga, langkah yang diambil saat mengatasi inflasi atau deflasi akan berpusat pada kedua hal tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah :undefined 

Saat terjadi inflasi:undefined 

Dalam mengatasi inflasi pemerintah dapat mencoba untuk menurunkan pengeluaran pemerintah dan menaikan pajak. Hal ini dilakukan agar laju inflasi dapat dicegah.undefined 

Saat terjadi deflasi:undefined 

Untuk mengatasi deflasi, pemerintah dapat mencoba untuk menurunkan pajak dan menaikan pengeluaran pemerintah. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan ekonomi meningkat.undefined 

0

Roboguru

Berikut ini pelaksanaan kebijakan ekonomi: Pemerintah menetapkan kebijakan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Pemerintah mengefektifkan penerimaan pendapatan nasion...

Pembahasan Soal:

Kebijakan Fiskal adalah kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pihak pemerintah guna mengelola dan mengarahkan kondisi perekonomian ke arah yang lebih baik atau yang diinginkan dengan cara mengubah atau memperbaharui penerimaan dan pengeluaran pemerintah, salah satu hal yang ditonjolkan dari kebijakan fiskal ini adalah pengendalian pengeluaran dan penerimaan pemerintah atau negara. 

Yang termasuk dalam kebijakan fiskal yaitu, 

  1. Pemerintah mengefektifkan penerimaan pendapatan nasional dengan cara mewajibkan setiap Wajib Pajak memiliki NPWP. Hal ini dilakukan supaya penerimaan negara menjadi lebih efektif.
  2. Pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak sebagai pengganti subsidi yang dikurangi/dihapus. 
  3. Untuk menekan defisit anggaran, pemerintah mengambil kebijakan dengan cara meminjam baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Dari pernyataan di atas, yang termasuk kebijakan fiskal adalah poin 2,3, dan 4. 

0

Roboguru

Jelaskan strategi yang digunakan untuk mewujudkan kebijakan fiskal!

Pembahasan Soal:

Strategi yang digunakan untuk mewujudkan kebijakan fiskal adalah sebaai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas belanja negara dengan cara rnendorong efisiensi belanja pemerintah pusat serta transfer daerah.
  2. Pengendalian defisit APBN.
  3. Mengoptimalkan pendapatan negara dengan tetap mempertimbangkan iklim dunia usaha serta mengusahakan pengurangan utang secara bertahap dan mencari sumber pembiayaan yang berisiko rendah. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved