Roboguru

Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dil...

Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan secara menonjol adalah ....undefined 

  1. settingundefined 

  2. pengenalan masalah   undefined 

  3. konflik undefined 

  4. penyelesaian  undefined 

Jawaban:

Secara sederhana, alur memiliki beberapa tahapan, mulai awalnya pengenalan, konflik, komplikasi (kerumitan), klimaks, leraian, sampai pada penyelesaian. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian alur.

  1. Pengenalan
    Pada tahap ini, pembaca dikenalkan pada tokoh, penokohan, hingga latar sebuah cerita.
  2. Konflik
    Setelah itu, pembaca akan dihadapkan pada bagian cerita yang menampilkan masalah utama dari kisah. Masalah bisa menyangkut persoalan dalam diri sang tokoh, perselisihan dengan tokoh lain, sampai antara satu tokoh dan lingkungannya. Untuk cerpen, biasanya hanya ada satu konflik yang membangun kisahnya.
  3. Klimaks
    Ketika masalah sudah mencapai puncaknya, itulah yang dikenal dengan istilah klimaks. Di tahap ini pembaca bisa mendapatkan puncak ketegangan dari persoalan yang diusung pengarang.
  4. Leraian
    Setelah mencapai puncak, persoalan akan menemui titik balik yang cenderung menurun. Tingkat ketegangan berkurang karena masalah sedang menuju pada tahap akhir.
  5. Penyelesaian
    Tahap akhir yang dimaksud adalah penyelesaian. Pada bagian ini, semua masalah diuraikan dan didapati solusinya. Namun, ada juga cerpen yang membuat penyelesaiannya secara terbuka sehingga bagian solusi tidak diceritakan.

Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan secara menonjol adalah konflik karena menunjukkan konflik antara suami dan istri.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved