Roboguru

Dari berita tersebut pada industri perbankan mengalami tekanan dan kontraksi karena adanya perlambatan aktivitas di sektor riil dan belum pernah beroperasinya korporasi besar. Namun, perkreditan perbankan masih dapat tumbuh, baik itu di Bank BUMN, BPD, dan Bank Syariah. Berapa besar perbandingan pertumbuhan kredit antara Bank BUMN dengan Bank Syariah?

Pertanyaan

Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga di Tengah Pandemi COVID-19

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan, stabilitas sistem keuangan masih terjaga dengan baik di tengah pandemi Covid-19.
Hal ini tercermin dari berbagai indikator. Misalnya, membaiknya IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di atas 6.000 pada awal 2021 setelah sebelumnya terpuruk di posisi terendah di 3.937,6 pada 24 Maret 2020."Dengan berbagai kebijakan di pasar modal, trading halt dan pembelian kembali saham oleh emiten tanpa RUPS sudah bisa menahan penurunan IHSG paling rendah 3.900, saat ini sudah recover jadi di atas 6.428, ini luar biasa sudah kembali," Wimboh dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Lalu, jumlah investor ritel pasar modal meningkat hingga 3,88 juta investor di tengah pandemi. Sementara penghimpunan dana melalui penawaran umum mencapai Rp118,7 triliun dengan 53 emiten baru. "Dan ini adalah tertinggi di ASEAN dan kebanyakan investor ritel," ujarnya.

Di industri perbankan, pelambatan aktivitas di sektor riil dan belum penuh beroperasinya korporasi besar membuat kinerja intermediasi perbankan mengalami tekanan dan terkontraksi -2,41% (yoy) di 2020. Namun demikian, kredit Bank BUMN masih tumbuh 0,63 persen dan BPD tumbuh 5,22 persen serta Bank Syariah tumbuh 9,50 persen.

Sumber: https://www.liputan6.com/saham/read/4458565/penghimpunan-dana-di-pasar-modal-bisa-capai-rp-180-triliun-pada-2021undefined 

Dari berita tersebut pada industri perbankan mengalami tekanan dan kontraksi karena adanya perlambatan aktivitas di sektor riil dan belum pernah beroperasinya korporasi besar. Namun, perkreditan perbankan masih dapat tumbuh, baik itu di Bank BUMN, BPD, dan Bank Syariah. Berapa besar perbandingan pertumbuhan kredit antara Bank BUMN dengan Bank Syariah?undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Berdasarkan wacana di atas, kredit Bank BUMN tumbuh 0,63 persen sedangkan Bank Syariah tumbuh 9,50 persen, sehingga perbandingan pertumbuhan kredit antara Bank BUMN dengan Bank Syariah sebagai berikut.

0,63% : 9,5% 

1 : 15

Perbandingan mendekati 1: 15. undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Lembaga keuangan menyalurkan kredit kepada nasabah atau menginvestasikan dananya dalam surat berharga di pasar keuangan. Penawaran yang ditawarkan lembaga keuangan, ialah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved