Roboguru

Dari berbagai kebijakan Raffles yang memberatkan r...

Dari berbagai kebijakan Raffles yang memberatkan rakyat, jelaskan dampak positif yang dirasakan oleh Indonesia dengan sitem sewa tanah!

Jawaban:

Sistem sewa tanah terapkan oleh Thomas Stamford Raffles setelah mengambil alih kekuasaan dari belanda.  Sistem sewa tanah disebut juga sistem pajak tanah adalah salah satu kebijakan Raffles di Indonesia. Rakyat atau para petani harus membayar pajak sebagai uang sewa, karena semua tanah dianggap milik negara. Adanya sewa tanah yang dibuat oleh Raffles tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya antara lain: memperkenalkan sewa tanah dengan titik berat pada pajak dan ekonomi uang atau moneter, menunjukkan pemerintahan yang sentralistis, menunjukkan gaya yang memadukan otoriter versus demokrasi, dihapuskannya kerja rodi dan upeti, kopi merupakan sumber pendapatan pemerintah yang terjamin.

Dengan demikian, sistem sewa tanah memberikan dampak positif bagi rakyat Indonesia, dampak positif tersebut berupa memperkenalkan sewa tanah dengan titik berat pada pajak dan ekonomi uang atau moneter, menunjukkan pemerintahan yang sentralistis, menunjukkan gaya yang memadukan otoriter versus demokrasi, dihapuskannya kerja rodi dan upeti, kopi merupakan sumber pendapatan pemerintah yang terjamin.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved