Roboguru

Dampak penggalian tanah dalam aktivitas penambangan bagi keseimbangan lingkungan adalah . . . .

Pertanyaan

Dampak penggalian tanah dalam aktivitas penambangan bagi keseimbangan lingkungan adalah . . . .

  1. meningkatkan kesuburan tanah

  2. mengurangi jumlah mineral dalam tanah

  3. mengganggu kehidupan organisme tanah

  4. mempercepat pelapukan secara fisik dan kimia

Pembahasan Soal:

Penggalian tanah dalam penambangan akan menurunkan kesuburan tanah karena merusak lapisan tanah atas yang banyak mengandung unsur hara dan organisme tanah yang berperan dalam kesuburan tanah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 28 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lahan yang kaya unsur hara jika ditanami terus-menerus maka akan mengalami deplesi unsur hara sehingga menjadi tidak subur lagi untuk ditanami. Berdasarkan deskripsinya, lahan tersebut mengalami ....

Pembahasan Soal:

Lahan dengan tanah yang subur dan kaya unsur hara disebut sebagai lahan potensial. Lahan potensial yang digunakan secara terus-menerus tanpa penanganan yang tepat akan menjadi lahan yang rusak. Lahan rusak dengan produktivitas rendah ini disebut dengan lahan kritis. Fenomena perubahan lahan, dari lahan potensial menjadi lahan kritis ini disebut degradasi lahan.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Apa dampak penggalian tanah secara besar-besaran?

Pembahasan Soal:

Penggalian tanah yang dilakukan secara besar-besaran dan tidak sesuai perhitungan dapat berdampak buruk pada lingkungan. Penggalian tanah dapat menyebabkan longsor karena permukaan tanah terus menerus turun. Penggalian tanah juga dapat menurunkan kesuburan karena bagian tanah subur (tanah yang paling atas) terus diambil.undefined 

0

Roboguru

Erosi sangat merugikan sektor pertanian karena akan mengurangi kesuburan tanah. Pernyataan yang benar berkaitan dengan erosi adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Erosi adalah peristiwa perpindahan, pengikisan, atau pengangkutan massa partikel suatu batuan atau tanah dengan perantara air, angin, ataupun es. Dampak dari erosi dari segi pertanian adalah menipisnya lapisan permukaan tanah bagian atas yang biasanya kaya akan humus sehingga akan menyebabkan menurunnya kesuburan tanah. Dampaknya bagi lingkungan adalah menyebakan sedimentasi di aliran sungai / danau. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian tanah ?

Pembahasan Soal:

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian tanah :  

 

  1. Penghijauan
    Penghijauan dapat dilakukan pada tanah-tanah yang sedang tidak digunakan untuk bercocok tanam dan juga lahan-lahan kritis yang diakibatkan oleh bencana alam dan aktivitas penambangan. Jenis tanaman yang digunakan untuk penghijauan misalnya pohon pinus, puspa dan agatis. Penanaman pohon tersebut dilakukan agar tanah tidak menjadi gersang, meningkatkan kadar bahan organik dan sangat baik untuk kesuburan tanah. Selain itu juga mengurangi kerusakan tanah yang disebabkan oleh sinar matahari, tanah longsor dan juga banjir.  
  2. Menerapkan wanatani
    Wanatani atau agroforestry merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian tanah yang dilakukan dengan cara menggabungkan antara tanaman tahunan dengan tanaman komoditas pertanian yang ditanam secara bersama- sama atau bergantian. Tanaman tahunan tersebut dapat berupa pohon- pohonan yang dapat mengurangi erosi tanah. Sedangkan tanaman komoditas pertanian dapat memberikan efek perlindungan bagi tanah dari tetesan air hujan yang juga mampu merusak tanah.  
  3. Mengurangi penceramaran tanah
    Pencemaran tanah dapat dikurangi dengan cara menertibkan pembuangan sampah dan mendaur ulang sampah. Perlu dilakukan pembuangan limbah yang efektif dan aman sehingga logam berat dan zat- zat berbahaya yang sulit hancur tidak menyebabkan polusi tanah.  
  4. Membuat kanopi alami bagi tanah
    Pohon dapat digunakan sebagai kanopi alami bagi tanah yang ada di bawahnya. Kanopi alami tersebut mempunyai manfaat sebagai penahan laju jatuhnya air hujan sehingga mengurangi tenaga kinetik air hujan yang sampai ke tanah. Semakin rapat pohon yang di tanam, maka semakin kecil ancaman kerusakan tanah oleh air hujan.  
  5. Menggunakan soil conditioner
    Pencegahan erosi dapat dilakukan dengan metode kimia yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mampu memperbaiki struktur tanah yang juga sering disebut dengan soil conditioner. Bahan- bahan kimia ini mempunyai pengaruh yang besar dan berjangka panjang bagi kestabilan agregat tanah. Soil conditioner juga dapat memperbaiki pertumbuhan tanaman musiman pada tanah liat, dan sangat baik untuk lahan pertanian maupun perkebunan yang baru saja dibuka.  
  6. Menerapkan metode mekanik dalam konservasi tanah
    Metode mekanik merupakan salah satu usaha pengawetan tanah yang bertujuan untuk mengendalikan erosi tanah. Metode tersebut meliputi terrassering ( penterasan lahan  miring ) , contour tillage/contour farming ( pengolahan tanah sejajar dengan garis kontur ), contour plowing (teknik membajak tanah yang dilakukan searah dengan garis kontur sehingga tanah mempunyai alur-alur horizontal untuk mencegah terjadinya erosi), pembuatan bendungan kecil, dan pembuatan pematang.  

 

0

Roboguru

Hujan dan air yang mengalir dapat mengikis tanah. Tanah dari daerah yang paling banyak terkikis adalah ....

Pembahasan Soal:

Hujan dapat menyebabkan erosi pada daerah miring yang tandus. Pada daerah ini tidak terdapat vegetasi tumbuhan. Pada tumbuhan memiliki akar yang berfungsi untuk menyerap air dan menguatkan tanah. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved