Roboguru

Dalam satu tahun, kota A memiliki curah hujan yang...

Dalam satu tahun, kota A memiliki curah hujan yang lebih dari 100 mm sebanyak 5 bulan dan curah hujan yang kurang dari 60 mm sebanyak 3 bulan. Menurut klasifikasi iklim Schmid-Fergusson, kota A termasuk tipe iklim. . .

  1. A

  2. B

  3. C

  4. D

  5. E

Jawaban:

Pada soal ini kalian harus menjawab soal tentang klasifikasi iklim menurut Scmidt Fergusson dengan ciri-ciri kota A memiliki curah hujan yang lebih dari 100 mm sebanyak 5 bulan dan curah hujan yang kurang dari 60 mm sebanyak 3 bulan.

 

Sebelum kalian mengerjakan soal, pertama tentukan dahulu berapa jumlah bulan basah dan bulan kering karena untuk menghitung iklim ini harus diketahui jumlah bulan basah dan bulan kering. bulan basah adalah bulan yang memiliki rata-rata curah hujan lebih dari 100 mm per bulan. Dari keterengan soal terdapat 5 bulan curah hujan di atas 100 mm dan bulan kering adalah rata-rata curah hujan perbulan dengan curah hujan di bawah 60 mm perbulan . oleh karena itu bisa ditentukan

 

Bulan Basah/ Md = 5

Bulan Kering/Mw=3.

Setelah ditentukan bulan basah dan bulan kering, sekarang mulai menghitung Q seperti sebagai berikut.

Q equals M subscript d over M subscript w x 100 percent sign

Q equals space 3 over 5 x 100 percent sign

Q= 0.6%

Nilai Q=0.6% atau masuk dalam tipe A, yaitu dengan kriteria niaai Q sebesar 0%-14.3%. oleh karena itu, jawaban yang benar adalah opsi a.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved