Roboguru

Dalam rapat OSIS terjadi perdebatan antara dua ketua dengan sekretaris OSIS. Kemudian salah satu guru mengajak ketua dan sekretaris untuk duduk bersama dan mecari solusi untuk menyelesaikan perdebatan tersebut. Upaya tersebut merupakan penyelesaian konflik yang menggunakan....

Pertanyaan

Dalam rapat OSIS terjadi perdebatan antara dua ketua dengan sekretaris OSIS. Kemudian salah satu guru mengajak ketua dan sekretaris untuk duduk bersama dan mecari solusi untuk menyelesaikan perdebatan tersebut. Upaya tersebut merupakan penyelesaian konflik yang menggunakan....undefined 

  1. konsiliasi

  2. mediasi

  3. negosiasi

  4. arbitrasi

  5. adjudikasiundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konflik sosial adalah  pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan.  Konflik sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat, karena masyarakat memiliki banyak perbedaan-perbedaan yang dapat memunculkan konflik, sehingga konflik tidak akan pernah bisdsa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.  Dalam konflik-konflik yang ada dalam kehidupan masyarakat ada beberapa upaya dalam pengendalian dan penyelesaian konflik sebagai berikut : 

- Negosiasi atau kompromi
   Upaya penyelesaian konflik yang dilakukan oleh masing-masing pihak dengan cara memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak. 

-Arbritasi
 
 Bentuk akomodasi yang digunakan untuk menyelesaikan konflik dengan cara meminta bantuan ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak atau oleh badan yang berkedudukannya lebih tinggi dari pihak-pihak yang bertikai.

- Mediasi
Penyelesaian konflik sosial yang dilakukan dengan cara mendatangkan pihak ketiga yang sifatnya netral dan tidak memihak. namun, keputusan pihak ketiga tidak mengikat pihak manapun.

-Adjudication
Penyelesaian konflik melalui pengadilan.

- Toleransi
Suatu bentuk akomodasi tanpa adanya persetujuan formal.

Stelemate
Suatu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai mempunyai kekuatan yang seimbang. Mereka kemudia berhenti pada suatu titik tertentu untuk tidak melakukan pertentangan atau menghentikan konflik.

- Konsiliasi
Suatu bentuk penyelesaian konflik sosial yang dilakukan melalui lembaga-lembaga tertentu yang dapat memberikan keputusan dengan adil.

Dari adanya beberapa pengendalian konflik jika dikaitkan dengan soal maka, jawaban yang tepat adalah mediasi, karena dua belah pihak yang berkonflik antara ketua osis dan sekretaris, mempunyai penengah   untuk menyelesaiakan konflik yaitu guru sebagai pihak netral yang berupaya untuk dapat meredam adanya konflik dan perdebatan yang ada. 

Dari penjelasan tersebut jawaban paling tepat adalah B.space space space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved