Roboguru

Dalam pembuatan peta dikenal adanya komponen-komponen peta, salah satunya adalah skala. Jika diketahui skala grafis seperti di bawah ini. Berapakah skala angka dari skala grafis di atas?

Pertanyaan

Dalam pembuatan peta dikenal adanya komponen-komponen peta, salah satunya adalah skala. Jika diketahui skala grafis seperti di bawah ini.


Berapakah skala angka dari skala grafis di atas?space space 

  1. 1 : 500space 

  2. 1 : 5.000space space 

  3. 1 : 50.000space space 

  4. 1 : 500.000space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui:

Ditanya:

Berapakah skala angka dari skala grafis tersebut?

Jawab:

Skala grafis umumnya mewakili perbandingan nilai jarak pada peta dan nilai jarak sebenarnya. Pada gambar terlihat bahwa tiap panjang garis (kotak) menggambarkan 5 km di lapangan. Hal ini bisa dibaca setiap 1 cm pada peta mewakili 5 km jarak di lapangan, perhitungannya dapat menggunakan rumus skala sebagai berikut.

text Skala=  end text fraction numerator J a r a k space p a d a space p e t a space left parenthesis J p right parenthesis over denominator J a r a k space s e b e n a r n y a space left parenthesis J b right parenthesis end fraction space space space space space space space equals space text end text fraction numerator 1 space c m over denominator 5 space k m end fraction space space space space space space space text  =  end text fraction numerator 1 space c m over denominator 500.000 space c m end fraction space space space space space space space space equals 1 space colon space 500.000

Dengan demikian skala angkanya menjadi 1 : 500.000.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Agung berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda motor dari rumahnya setiap hari. Hal ini dilakukan karena jarak rumah Agung ke kantor cukup jauh. Pada peta, jarak rumah Agung ke kantor adalah 6 cm...

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal ini, maka kita harus mengetahui skala dari peta yang digunakan oleh Agung. Pada soal, skala peta yang digunakan adalah skala batang. Oleh sebab itu, skala batang perlu dikonversi menjadi skala angka.

1. Konversi Skala Batang

Ruas garis skala yang berada di bagian atas menunjukkan jarak pada peta. Interval antarruas garisnya adalah 1 cm. Sementara itu, ruas garis yang berada di bagian bawah menunjukkan jarak sebenarnya. Interval antarruas garis di bagian bawah adalah 6 km. Hal ini menunjukkan bahwa setiap 1 cm pada peta mewakili jarak 6 km atau 600.000 cm pada kondisi sebenarnya. Oleh sebab itu, skala petanya adalah 1:600.000.

2. Menghitung Jarak Sebenarnya 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Jarak space sebenarnya end cell equals cell fraction numerator space Jarak space pada space peta over denominator skala space peta end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator space 6 space cm over denominator begin display style fraction numerator 1 over denominator 600.000 end fraction end style end fraction end cell row blank equals cell 6 cross times 600.000 end cell row blank equals cell 3.600.000 space cm end cell row blank equals cell 36 space km end cell end table end style  

Berdasarkan perhitungan di atas, diketahui jarak dari rumah Akbar ke kantor adalah 36 km.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan skala batang tersebut, maka skala angka peta tersebut dalam satuan cm adalah ....

Pembahasan Soal:

Diketahui:

1 inchi = 2,54 cm

1 mil    = 1,60934 km

10 mil  = 16,0934 km  = 1.609.340 cm

Diketahui bahwa setiap ruas garis yang bersatuan inchi memiliki interval 1 inchi. Hal ini berarti jarak pada peta adalah 1 inchi atau 2,54 cm. Sementara itu, setiap ruas garis yang bersatuan mil memiliki interval 10 mil  atau 1.609.0340 cm. 

 Error converting from MathML to accessible text. 

Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan peta berikut! Bagaimana menulisnya dalam skala angka?

Pembahasan Soal:

Skala batang (skala garis/grafis) adalah skala yang dinyatakan dalam bentuk sebuah ruas bilangan atau batang pengukur. Angka di bagian atas batang pengukur menunjukkan jarak pada peta. Sedangkan angka di bagian bawah batang pengukur menunjukkan jarak sesungguhnya di lapangan. Berdasarkan angka pada skala batang, maka diketahui bahwa jarak pada peta adalah 1 cm dan jarak sesungguhnya adalah 50 km. Skala peta merupakan perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan yang sama yaitu dalam cm (50 km = 5.000.000).

Jadi, cara menulis skala angka gambar peta tersebut adalah 1 : 5.000.000.  

0

Roboguru

Sebelum diperbesar panjang skala garisnya adalah 4 cm, setelah diperbesar 2 kali maka panjang skala garisnya menjadi 8 cm. Berapa skala numerik yang baru?

Pembahasan Soal:

Diketahui:

  • Panjang skala grafis 4 cm 
  • Panjang skala grafis setelah diperbesar 2 kali adalah 8 cm
  • Panjang jarak sebenarnya adalah 20 km

Ditanya:
Skala numerik?

Jawab:
Error converting from MathML to accessible text.

Jadi, skala numerik peta yang baru adalah 1 : 250.000.space

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar tersebut, maka skala petanya adalah ....

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa setiap ruas garis yang bersatuan centimeter (cm) memiliki interval 1 cm. Hal ini berarti jarak pada peta adalah 1 cm. Sementara itu, setiap ruas garis yang bersatuan kilometer (km) memiliki interval 5 km atau 500.000 cm. Hal tersebut berarti bahwa jarak sebenarnya adalah 5 km. 

Error converting from MathML to accessible text.  

Jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved