Roboguru

Dalam masyarakat industri, sistem pelapisan sosial lebih....

Pertanyaan

Dalam masyarakat industri, sistem pelapisan sosial lebih.... 

  1. terbuka 

  2. tertutup 

  3. kaku 

  4. demokratis 

  5. liberal 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada masyarakat industri sifat interaksi mereka bersifat terbuka dimana masyarakatnya merupakan masyarakat yang heterogen. Dasar stratifikasi yang digunakan adalah pendidikan dan ketrampilan. Jika anggota masyarakat dapat meningkatkan pendidikan dan ketrampilannya maka ia akan mudah berpindah kelas sosial , karena pendidikan juga merupakan saluran mobilitas sosial, Dengan demikian sifat stratifikasi sosial pada masyarakat industri bersifat terbuka.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang termasuk ciri-ciri stratifikasi sosial terbuka adalah ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah ciri-ciri stratifikasi sosial terbuka.

Stratifkasi sosial adalah pelapisan sosial dalam masyarakat yang memiliki kehidupan teratur. Karena pada dasarnya setiap orang mempunyai sesuatu yang berharga dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Setiap individu yang memiliki hal berharga dalam jumlah banyak, maka secara otomatis masyarakat akan menganggap individu tersebut berkedudukan dilapisan atas. Sifat stratifikasi sosial terbagi menjadi dua, yaitu stratifikasi sosial terbuka dan tertutup.

Sistem stratifikasi terbuka (achieved status) menggambarkan bahwa kedudukan seseorang diperoleh atas usaha sendiri melalui beragam saluran sehingga mobilitas sosial vertikal umum terjadi. Stratifikasi sosial terbuka memberi kesempatan secara terbuka dan seluasnya untuk berusaha meraih status yang lebih tinggi melalui kerja keras, keahlian, maupun prestasi.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.space space

Roboguru

Pada masyarakat industri, sistem pelapisan sosialnya lebih bersifat ....

Pembahasan Soal:

Masyarakat industri disebut juga dengan masyarakat perkotan. Pada masyarakat perkotaan, sistem pelapisan sosial yang diterapkan adalah sistem pelapisan sosial terbuka. Karena dapat memungkinkan setiap orang untuk berpindah status dan peranan dalam masyarakat. Berbeda dengan masyarakat perdesan yang masih memegang erat tradisi sehingga perpindahan status terhambat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Ketika setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk naik ke pelapisan sosial yang lebih tinggi maupun turun ke lapisan yang lebih rendah dinamakan ...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah istilah untuk pelapisan yang mana individu kesempatan untuk naik ke lapisan yang lebih tinggi atau rendah.

Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial di mana individu dapat memiliki kesempatan yang sama dalam menduduki status sosialnya, baik status sosial yang lebih tinggi atau rendah merupakan stratifikasi sosial terbuka. Stratifikasi sosial terbuka bersifat dinamis karena mobilitasnya sangat besar. Setiap anggota lapisan dapat bebas melakukan mobilitas sosial, baik vertikal maupun horizontal. Contoh, seseorang yang miskin bisa menjadi kaya karena ia berusaha, sedangkan orang kaya bisa menjadi miskin karena korupsi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Mengapa stratifikasi sosial terbuka bersifat dinamis? Tuliskan pula tiga contoh stratifikasi sosial terbuka dalam masyarakat!

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, ada 3 sifat stratidikasi sosial yaitu stratifikasi sosial tertutup, stratifikasi sosial terbuka, dan stratifikasi sosial campuran. Stratifikasi sosial terbuka, Stratifikasi ini memungkinkan senua orang dari seluruh lapisan dapat melakukan mobilitas sosial meningkat ataupun menurun, sehingga stratifikasi terbuka bersifat dinamis karena mobilitasnya sangat besar.   undefined

Berikut contoh stratifikasi sosial terbuka.

  1. Dengan usaha yang gigih, dan menekuni pekerjaannya seorang pedagang bubur keliling menjadi pengusaha bubur terkenal, karena terus berinovasi dan mengembangkan usahanya. Karena usahanya tersebut menjadikan kedudukannya menjadi naik.  undefined
  2. Seorang anak petani giat belajar, sehingga diterima di perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN.  blank
  3. Seseorang menduduki jabatan tertentu di perusahaan, namun kemampuannya tidak ada perubahan, kemudian Ia menjadi turun jabatan.    
Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.  (1) Jenjang hierarki dalam kepangkatan militer.  (2) Sistem kesultanan dan pemerintahan provinsi D.I. Yogyakarta.  (3) Struktur organisasi dalam perusahaan k...

Pembahasan Soal:

Adanya stratifikasi sosial ini terjadi dapat disengaja maupun tidak disengaja. Stratifikasi sosial yang muncul tanpa sengaja misalnya perbedaan kepandaian seseorang, tingkat usia, dan kepemilikan harta benda. Kemudian stratifikasi tidak disengaja dapat terjadi ketika seseorang berusaha mencapai tujuan tertentu misalnya untuk mencapai kekuasaan, wewenang, kekayaan dan lain sebagainya. 

Ada beberapa kriteria yang sering dijadikan dasar terbentuknya stratifikasi sosial, yaitu kekuasaan, kekayaan, kehormatan, dan pendidikan. Stratifikasi sosial diklasifikasikan menjadi 3 berdasarkan sifatnya, yaitu stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup, dan stratifikasi sosial campuran.

Soal ini membahas mengenai stratifikasi sosial terbuka. Stratifikasi sosial ini, bersifat dinamis sehingga seseorang dapat mencapai kedudukannya lebih tinggi ataupun lebih rendah. Simpelnya, stratifikasi sosial terbuka bebas melakukan mobilitas baik secara vertikal ataupun horizontal. Jadi, secara umum stratifikasi ini lebih demokratis. Contohnya seorang anak petani menjadi TNI ketika Ia mau berusaha. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah B.
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved