Pertanyaan

Dalam kerja sama internasional negara Indonesia tidak lagi bergabung dengan OPEC, jelaskan mengapa Indonesia tidak lagi bergabung dengan kerja sama tersebut, dan bagaimana dampak yang dirasakan Indonesia setelah tidak lagi bergabung dalam organisasi tersebut!

Dalam kerja sama internasional negara Indonesia tidak lagi bergabung dengan OPEC, jelaskan mengapa Indonesia tidak lagi bergabung dengan kerja sama tersebut, dan bagaimana dampak yang dirasakan Indonesia setelah tidak lagi bergabung dalam organisasi tersebut! space

B. Setiawan

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) merupakan organisasi yang anggotanya merupakan negara-negara penghasil minyak dunia. Indonesia pernah menjadi anggota OPEC. Namun pada tahun 2008 Indonesia keluar dari OPEC dan masuk kembali menjadi anggota OPEC pada tahun 2015. Adapun yang menjadi penyebab Indonesia keluar dari OPEC karena adanya dampak dari kenaikan harga minyak dunia pada awal tahun 2008 dan Indonesia beserta negara OPEC lainnya harus mengurangi jumlah produksi minyak bumi mereka. Dampak yang dirasakan Indonesia setelah keluar dari OPEC adalah Indonesia cukup sulit mendapatkan pasokan minyak bumi dari negara-negara OPEC lainnya seperti Arab Saudi, Iran dan Kuwait. Selain itu, Indonesia akibat keluarnya Indonesia dari OPEC, Indonesia juga kesulitan mendapatkan blok-blok migas di negara-negara OPEC lainnya.

Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) merupakan organisasi yang anggotanya merupakan negara-negara penghasil minyak dunia. Indonesia pernah menjadi anggota OPEC. Namun pada tahun 2008 Indonesia keluar dari OPEC dan masuk kembali menjadi anggota OPEC pada tahun 2015.

Adapun yang menjadi penyebab Indonesia keluar dari OPEC karena adanya dampak dari kenaikan harga minyak dunia pada awal tahun 2008 dan Indonesia beserta negara OPEC lainnya harus mengurangi jumlah produksi minyak bumi mereka.

Dampak yang dirasakan Indonesia setelah keluar dari OPEC adalah Indonesia cukup sulit mendapatkan pasokan minyak bumi dari negara-negara OPEC lainnya seperti Arab Saudi, Iran dan Kuwait. Selain itu, Indonesia akibat keluarnya Indonesia dari OPEC, Indonesia juga kesulitan mendapatkan blok-blok migas di negara-negara OPEC lainnya. space

54

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan dari OPEC adalah ....

485

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia