Roboguru

Dalam ceramah-ceramah keagamaan, pemuka agama mengajak kita untuk menjauhi perbuatan jahat atau perbuatan yang merugikan orang lain. Hal tersebut merupakan contoh dari pengendalian ...

Pertanyaan

Dalam ceramah-ceramah keagamaan, pemuka agama mengajak kita untuk menjauhi perbuatan jahat atau perbuatan yang merugikan orang lain. Hal tersebut merupakan contoh dari pengendalian ...

  1. koersif

  2. persuasif

  3. manifes

  4. represif

  5. preventif

Pembahasan Soal:

Pengendalian sosial merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menertibkan anggota masyarakat yang menyimpang. Berdasarkan caranya, pengendalian sosial dapat dilakukan secara lisan dan simbolik yang disebut pengendalian persuasif dan dapat dilakukan melalui kekerasan yang biasa disebut pengendalian koersif.

  1. Pengendalian persuasif menekankan pada usaha untuk mengajak atau membimbing anggota masyarakat agar dapat bertindak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Contoh:

  1. Penyuluhan dari pihak kepolisian tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah.
  2. Ajakan pemuka agama dalam ceramah-ceramahnya untuk menjauhi tindakan kriminal atau perilaku yang merugikan orang lain.
  1. Pengendalian sosial koersif menekankan pada tindakan kekerasan atau ancaman yang menggunakan kekuatan fisik.

Contoh:

  1. Pencopet yang tertangkap basah di dalam bus kota dikeroyok oleh para penumpang. Cara ini termasuk tindakan main hakim sendiri dan tidak dibenarkan secara hukum. Namun, masyarakat melakukannya agar pencopet itu jera dan menjadi peringatan bagi pencopet lain.
  2. Gerobak milik pedagang kaki lima, seperti pedagang buah-buahan atau sayur-sayuran yang melanggar tata tertib, diangkut secara paksa oleh petugas. Hal ini terpaksa dilakukan karena para pedagang telah berkali-kali diperingatkan, tetapi tidak mengindahkan.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved