Roboguru

Cuplikan teks tersebut berkenaan dengan ...

Pertanyaan

Cuplikan teks tersebut berkenaan dengan ...undefined 

  1. alam semesta sama halnya dengan mesinundefined 

  2. mesin diciptakan manusiaundefined 

  3. alam semesta ada penciptanyaundefined 

  4. alam semesta lebih rumit daripada mesinundefined 

Pembahasan Soal:

Teks tersebut merupan kutipan dari teks nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang ada, merupakan realita tanpa mengada-ada, atau teks yang berisikan hal yang benar terjadi dalam kehidupan.

Cuplikan teks tersebut berkenaan dengan alam semesta sama halnya dengan mesin, berdasarkan kutipan berikut:

Alam semesta berjalan dengan sangat teratur, seperti halnya mesin.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setiap buku, baik fiksi dan nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan .....

Pembahasan Soal:

Buku fiksi merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata fiksi berarti cerita rekaan atau khayalan yang tidak berdasarkan pada kenyataan. Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Menurut KBBI, nonfiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Setiap buku, baik fiksi dan nonfiksi yang sudah dibaca dapat dianalisis berdasarkan struktur dan kebahasaan karena buku fiksi dan nonfiksi akan memiliki struktur dan kebahasaan dalam teks atau isinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

1

Roboguru

Buatlah rangkuman berdasarkan kutipan buku tersebut!

Pembahasan Soal:

Rangkuman atau ringkasan adalah suatu hasil merangkum suatu tulisan menjadi uraian yang lebih singkat dan padat, namun tidak mengurangi makna yang disampaikan dalam sebuah teks atau bacaan.

Dengan demikian, berdasarkan kutipan buku di atas, rangkuman yang tepat, yaitu:

    Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan laut dan Samudra. Perairan laut dan samudra di Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik kekayaan hayati maupun nonhayati.Kekayaan nonhayati yang tersebar di laut dan samudera merupakan sumber daya yang berasal dari makhluk tak hidup dan sisa-sisa dari pengendapan kerangka jasad renik yang sudah terkubur jutaan tahun yang lalu, seperti minyak bumi dan bebatuan. Sumber daya nonhayati dapat dikelompokkan menjadi kekayaan mineral dan nonmineral. Kekayaan mineral terdiri atas beberapa barang tambang, batuan, minyak bumi, dan logam. Mineral tersebut difungsikan untuk kehidupan manusia sehari-hari, misalnya perhiasan, perkakas rumah tangga, obat-obatan, dan bahan bakar.space 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!     Buku berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah menceritakan mengenai perjalanan hidup Merry Riana yang penuh dengan tantangan, tetapi pantang meny...

Pembahasan Soal:

Rangkuman disebut juga dengan ringkasan. Rangkuman adalah hasil menyarikan semua gagasan gagasan pokok atau intisari suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang ringkas atau pendek.  Rangkuman tidak boleh mengubah gagasan pokok teks aslinya.

Rangkuman yang tepat berdasarkan teks di atas adalah Buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar berisi perjalanan hidup Merry Riana yang pantang menyerah. Buku ini memiliki kelebihan, seperti menginspirasi pembaca, bahasanya mudah dipahami, dan tidak bertele-tele. Sementara, kekurangan buku ini adalah cukup tebal dan terdapat kata-kata yang sulit dimengerti. Rangkuman pada pilihan jawaban A mewakili keseluruhan teks., baik informasi mengenai buku, kelebihan buku, dan kekurangan buku.
 

  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena tidak terdapat informasi mengenai buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak terdapat informasi mengenai buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah. Selain itu, pilihan jawaban C tidak terdapat informasi mengenai kekurangan buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak terdapat informasi mengenai kekurangan buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.
     

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan buku nonfiksi serta hasil rangkumannya berikut ini!   Kutipan Buku Nonfiksi:     Menjadi orang tua memang penuh tanggung jawab. Terlebih di zaman yang serba maju, di mana teknolog...

Pembahasan Soal:

Rangkuman disebut juga dengan ringkasan, yakni bentuk yang ringkas dari sebuah teks. Rangkuman ditulis dengan memperhatikan hal-hal atau informasi penting yang ada dalam teks. Selain itu, pembuat rangkuman juga tidak boleh mengubah informasi dari teks asli.

Kutipan buku nonfiksi di atas terdiri dari dua paragraf. Paragraf pertama membahas besarnya tanggung jawab orang tua, terlebih di zaman yang serba maju. Orang tua juga harus bertanggung jawab membimbing anak dalam menggunakan internet. Sementara itu, paragraf kedua membahas besarnya keinginan anak untuk mengakses dunia internet yang tidak sepenuhnya aman. Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui tantangan yang ada serta langkah penanggulangannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kutipan rangkuman di atas sudah tepat karena di dalamnya terkandung semua informasi penting dari teks asli yang dirangkum.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Paragraf itu dapat diringkas sebagai berikut ....

Pembahasan Soal:

Teks di atas termasuk nonfiksi. Menurut KBBI, nonfiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya). Sedangkan ringkasan adalah  hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita; ijmal.

Langkah-langkah meringkas sebuah paragraf, yaitu:

  • Membaca bacaan atau suatu teks untuk mengetahui kesan umum , dan maksud pengarang.
  • Mencatat gagasan utama atau pokok pikiran dalam tiap paragraf.
  • Menyusun pokok pikiran atau gagasan pokok bacaan menjadi suatu paragraf atau lebih.

Sesuai langkah nomor (2) pada penjelasan di atas, gagasan utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama yang berbunyi "Alam semesta berjalan dengan sangat teratur, seperti halnya mesin." Berdasarkan gagasan utama tersebut, paragraf itu dapat diringkas dengan kalimat "alam semesta sama halnya dengan mesin.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved