Roboguru

Contoh perubahan sosial secara cepat dan mendasar adalah ....

Pertanyaan

Contoh perubahan sosial secara cepat dan mendasar adalah ....space 

  1. revolusi kemerdekaanspace 

  2. mode pakaianspace 

  3. penggunaan alat telekomunikasispace 

  4. perubahan peranan wanitaspace 

  5. Lembaga Musyawarah Desaspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi bentuk perubahan sosial yaitu perubahan revolusi. 

Perubahan sosial yang terjadi secara cepat mengubah dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, perubahan itu dinamakan revolusi. Contohnya, Revolusi Industri di Eropa. Revolusi tersebut menyebabkan perubahan besar-besaran dalam proses produksi barang-barang industri. Contoh lain Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (revolusi) yang mengubah tatanan kenegaraan dan sistem pemerintahan NKRI.

Jadi, jawabannya adalah A revolusi kemerdekaanspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perumahan murah segera diwujudkan oleh pasangan bupati yang baru sebagai realisasi dari janjinya di masa kampanye. Adanya perumahan murah tersebut kemudian selesai dalam waktu 2 hingga 3 tahun masa pe...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah klasifikasi perubahan sosial bersadarkan waktu yang sesuai dengan kasus perumahan murah yang segera diwujudkan dalam waktu 2 hingga 3 tahun oleh pasangan bupati yang baru sebagai realisasi dari janjinya di masa kampanye.

Berdasarkan waktunya, perubahan sosial terbagi atas dua, yaitu perubahan sosial evolusi dan perubahan sosial revolusi. Perubahan sosial evolusi adalah perubahan yang terjadi secara lambat, artinya perubahan yang melalui tahapan-tahapan tertentu. Sedangkan perubahan sosial revolusi adalah perubahan yang terjadi secara cepat. Sesuai pengertian kedua bentuk tersebut, maka kasus perumahan murah yang segera diwujudkan dalam waktu 2 hingga 3 tahun oleh pasangan bupati yang baru merupakan bentuk perubahan sosial secara cepat atau revolusi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Perhatikan dua ilustrasi perubahan sosial pada teks berikut ini!   Teks 1 Setelah pena dan kertas ditemukan, masyarakat mulai mengenal tradisi berkirim surat sebagai wujud komunikasi jarak jauh. Kemu...

Pembahasan Soal:

Kedua ilustrasi soal menjelaskan bahwa terdapat peran teknologi dalam masyarakat yang mampu menentukan cepat dan lambatnya perubahan sosial. Ilustrasi pertama terjadi perubahan sosial secara lambat sebelum adanya teknologi, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi seperti telepon genggam dan perkembangan komunikasi melalui aplikasi chat. Oleh karena itu, di sini kita memahami bahwa perubahan akibat penemuan kertas dan pena memang lebih lama bertahan, daripada perubahan akibat penemuan sms. Tapi, sejak adanya perkembangan teknologi gadget dan internet saat ini, kita bisa melihat bahwa proses perubahan sosial terjadi lebih cepat dari masa lalu. Demikian juga dengan ilustrasi kedua yang menjelaskan bahwa kecepatan perubahan yang terjadi dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang modern, yaitu adanya telepon pintar yang merubah secara cepat gaya dan tren foto di masyarakat. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial terjadi secara cepat dengan munculnya teknologi dalam kehidupan masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Roboguru

Ilustrasi diatas menunjukkan bahwa karakteristik perubahan sosial yang ....

Pembahasan Soal:

Salah satu karateristik perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu diikuti pula oleh perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya. Hal ini seperti dicontohkan pada soal tersebut bahwa adanya revolusi industri di Inggris menyebabkan perubahan pada bidang sosial yaitu terciptanya stratifikasi masyarakat. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Berikut ini yang merupakan bentuk perubahan sosial di dalam masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Bentuk-bentuk perubahan sosial, yaitu :

  1. Perubahan revolusi. Revolusi mengubah dasar dari kehidupan pokok di masyarakat. Salah satu contohnya yang pernah mengubah dunia adalah Revolusi Industri di Eropa, saat itu pabrik yang bekerja dengan alat tradisional digantikan dengan mesin-mesin besar.
  2. Perubahan evolusi. Perubahan evolusi membutuhkan waktu lama untuk terjadi karena harus melalui tahapan-tahapan dari sederhana menjadi maju, contohnya yang terjadi pada Suku Anak Dalam atau Suku Kubu di Jambi.
  3. Perubahan besar. Perubahan yang menyangkut masyarakat secara luas dan membawa pengaruh yang berarti bagi kehidupan sosial. Contohnya adalah pergeseran dari masyarakat agraris ke masyarakat industri.
  4. Perubahan kecil. Perubahan yang tidak menyangkut seluruh unsur masyarakat dan tidak mengubah lembaga sosial yang ada di lingkungan sosial. Salah satu contohnya adalah perubahan mode pakaian.
  5. Perubahan yang dikehendaki. Perubahan yang dikehendaki adalah perubahan-perubahan yang dilakukan atas dasar perencanaan matang dari pihak yang menginginkan perubahan. Contohnya adalah program keluarga berencana atau KB yang bertujuan menghasilkan perubahan dalam menekan pertumbuhan penduduk.
  6. Perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan yang tidak dikehendaki adalah perubahan sosial yang ada di luar jangkauan masyarakat. Perubahan tidak terencana sering membawa masalah dan kekacauan pada masyarakat. Contohnya adalah perubahan yang tercipta akibat pandemi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Roboguru

Berikut yang bukan termasuk persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu revolusi dapat tercapai adalah ...

Pembahasan Soal:

Secara sosiologis, terdapat persyaratan-persyaratan harus dipenuhi agar suatu revolusi dapat tercapai yaitu :

  1. Ada keinginan dari masyarakat untuk mengadakan perubahan karena perasaan tidak puas terhadap keadaan dan keinginan untuk mencapai keadaan yang lebih baik.
  2. Ada seorang pemimpin atau sekelompok orang yang mampu memimpin masyarakat untuk mengadakan perubahan.
  3. Ada pemimpin yang dapat menampung keinginan atau aspirasi rakyat dan merumuskan aspirasi tersebut menjadi suatu program kerja.
  4. Ada tujuan konkret yang dapat dicapai. Artinya, tujuan itu dapat dilihat oleh masyarakat dan dilengkapi oleh suatu ideologi tertentu.
  5. Ada momentum yang tepat untuk mengadakan revolusi, yaitu ketika keadaan sudah tepat dan baik untuk mengadakan suatu gerakan.space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved