Roboguru

Contoh penerapan bioteknologi di bidang kesehatan ...

Contoh penerapan bioteknologi di bidang kesehatan adalah ….space 

Jawaban:

Berikut ini merupakan contoh penerapan bioteknologi di bidang kesehatan :

  • Peranan Bioteknologi Konvensional dalam Bidang Kesehatan.
  1. Antibiotik. Antibiotik adalah senyawa yang dihasilkan oleh mikroorganisme untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain. Contoh mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik yaitu jamur Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum menghasilkan antibiotik penisilin untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Selain itu,  bakteri Bacillus polymyxa dapat menghasilkan polimiksin, bakteri Bacillus subtilis dapat menghasilkan basitrasin, dan bakteri Streptomyces sp. dapat menghasilkan antibiotik tetrasiklin.
  2. Vaksin. Vaksin merupakan suspensi antigen mikroorganisme (misalnya virus atau bakteri patogen) yang toksinnya telah dimatikan atau dilemahkan. Prinsip dasar dari penggunaan vaksin adalah tubuh dapat menghasilkan antibodi untuk melawan serangan virus. Pemberian vaksin (vaksinasi) menyebabkan tubuh bereaksi membentuk antibodi sehingga kebal terhadap infeksi patogen dikemudian hari. Beberapa tipe vaksin yang dibuat melalui metode bioteknologi konvensional diantaranya vaksin influenza, kolera, hepatitis A, campak, gondong, tetanus dan difteri. 
  • Peranan Bioteknologi Modern dalam Bidang Kesehatan
  1. Insulin. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Hormon tersebut berfungsi mengatur kadar gula dalam darah. Melalui teknik rekayasa genetika, produksi insulin dibuat dengan mengisolasi DNA insulin dari organ pankreas dan menyisipkan gen-gen yang mengode insulin ke dalam plasmid bakteri. Selanjutnya, bakteri dengan DNA rekombinan ini akan membelah diri dan memproduksi insulin dalam jumlah banyak.
  2. Vaksin Transgenik. Pembuatan vaksin transgenik dilakukan melalui teknik DNA rekombinan dengan mengisolasi gen yang mengode senyawa penyebab penyakit (antigen) dari mikroba penyebabnya.
  3. Antibodi Monoklonal. Pembuatan antibodi monoklonal menggunakan prinsip fusi protoplasma, yaitu dengan menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama atau dua sel dari organisme yang berbeda dalam suatu medan listrik. Fusi tersebut menghasilkan sel-sel yang dapat membentuk antibodi sekaligus memperbanyak diri secara terus-menerus. Hal ini dinamakan antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan hormon korionik gonadotropin dalam urine wanita hamil. space 

1

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved