Roboguru

Contoh penemuan hukum dalam ilmu kimia adalah...

Pertanyaan

Contoh penemuan hukum dalam ilmu kimia adalah...

Pembahasan Soal:

Hukum adalah pernyataan ilmiah yang berupa hipotesis namun telah memalui berbagai rangkaian percobaan untuk membuktikan hukum tersebut. Dalam kimia hukum yang ditemukan adalah hukum-hukum dasar kimia sebagai hukum yang mendasari reaksi kimia seperti hukum konversi massa, hukum perbandingan berganda, hukum perbandingan tetap, dan hukum perbandingan volume.

Oleh karena itu, contoh penemuan hukum dalam kimia adalah hukum konversi massa, hukum perbandingan berganda, dan hukum perbandingan tetap.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur sifat, dan perubahan materi disertai energi yang menyertai perubahan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur sifat, dan perubahan materi disertai energi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Menurut pendapat Anda, apa yang akan terjadi bila ilmu kimia tidak ada dalam kehidupan?

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur dan sifat materi (zat), perubahan materi (zat) dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia seringkali disebut sebagai pusatnya pengetahuan, sebab ilmu kimia dibutuhkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan lainnya, misalnya fisika, biologi, geografi, lingkungan hidup, geologi, kesehatan dan kedokteran, sejarah dan bahkan hukum membutuhkan ilmu kimia.

Jika tidak ada ilmu kimia, hidup manusia akan seperti pada jaman purba atau primitif, tanpa mobil, tanpa listrik, tanpa komputer, tanpa telepon genggam, tanpa CD/DVD, serta umur manusia akan pendek karena penyakit-penyakit baru yang muncul tidak ditemukan obatnya. Hal ini disebabkan karena ilmu kimia terus berkembang dan berperan juga untuk perkembangan ilmu pengetahuan yang lain. Sebagai contoh, pada bidang kedokteran dan ilmu kesehatan ilmu kimia berperan dalam menciptakan vaksin untuk penyakit-penyakit menular yang disebabkan virus atau bakteri, serta berperan juga dalam pengembangan obat-obatan jenis baru.space

Jadi, yang akan terjadi bila ilmu kimia tidak ada dalam kehidupan adalah hidup manusia akan seperti pada jaman purba atau primitif atau tidak akan berkembang seiring dengan kemajuan zaman.space

0

Roboguru

Ilmu yang mempelajari secara mikroskopis untuk menjelaskan fenomena-fenomena makro, seperti besi bisa berkarat, tumbuhan bisa menghasilkan zat pati, dan lain-lain termasuk ilmu ....

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia dalah ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat, perubahan, dan reaksi pada materi. Perubahan pada materi terjadi karena adanya reaksi kimia. Terdapat tiga sistem representasi untuk mendeskripsikan reaksi kimia, yaitu makroskopik, submikroskopik serta simbolik. Dalam ilmu kimia proses reaksi kimia akan dijelaskan secara mikroskopik untuk menjelaskan fenomena makroskopis.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Cabang ilmu kimia yang mempelajari cara penanganan dan pemanfaatan zat-zat radioaktif untuk mengobati penyakit kanker adalah....

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, perubahan dan sifat dari suatu zat. Salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari cara penanganan dan pemanfaatan zat-zat radioaktif untuk mengobati penyakit kanker adalah kimia inti.

Kimia inti atau sering disebut dengan radiokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari mengenai zat-zat radioaktif, sruktur inti atom dan pengaruhnya terhadap kestabilan inti serta reaksi pada proses peluruhan radio nuklidan dan transmutasi inti. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

1

Roboguru

Mengapa Anda perlu belajar kimia?

Pembahasan Soal:

Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari mengenai struktur, proses, sifat, dan perubahan dari suatu materi. Segala sesuatu yang berada di sekitar kita (makanan, udara, air, pakaian, dan lain-lain) bahkan tubuh kita terdiri atas bahan kimia. Kimia sering disebut sebagai “central science” karena menghubungkan ilmu satu dengan ilmu yang lain, seperti fisika, biologi, geologi, farmasi, pertanian, kedokteran, dan teknik.

Beberapa alasan perlunya belajar kimia adalah sebagai berikut.

  1. Dengan mempelajari kimia, Anda akan menemukan alasan mengapa segala sesuatu di sekitar Anda bisa terjadi. Misal: mengapa sabun dapat digunakan sebagai pembersih, mengapa daun berwarna hijau, bagaimana pembuatan tempe, dan sebagainya.
  2. Pengetahuan dasar kimia membantu Anda membaca, dan memahami label produk yang Anda beli sehingga Anda dapat menentukan produk mana yang kandungannya lebih aman untuk dikonsumsi / dipakai.
  3. Memahami bahan-bahan kimia berbahaya, cara penanganan, cara mengidentifikasi, beserta penyimpanannya.
  4. Bisa menjadi koki yang lebih baik, karena semua makanan dan bahan masakan terbuat dari senyawa kimia dan proses memasak sama halnya dnegan mengubah ikatan kimia, menggunakan sifat-sifat materi, reaksi pembakaran, kelarutan, dan menjaga kandungan protein, vitamin tetap terjaga sehingga baik ketika dikonsumsi.
  5. Kimia menawarkan banyak peluang kerja, seperti ilmuwan, laboran, analis, guru, dosen, dan sebagainya.

Dengan demikian, alasan mengapa Anda perlu belajar kimia diantaranya adalah seperti penjelasan diatas. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved