Roboguru

Contoh penemuan benda/bahan dalam ilmu kimia adalah...

Pertanyaan

Contoh penemuan benda/bahan dalam ilmu kimia adalah...

Pembahasan Soal:

Penemuan benda atau bahan dalam kimia adalah setelah dilakukan pemisahan senyawa-senyawa seperti penemuan bensin, solar, dan LPG yang merupakan temuan bahan dari minyak bumi. Pemisahan yang dilakukan berdasarkan pada perbedaan titik didih dengan cara destilasi bertingkat.

Oleh karena itu, contoh penemuan benda/bahan dalam ilmu kimia adalah bensin, solar, dan LPG yang merupakan hasil pemisahan minyak bumi berdasarkan sifat fisiknya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Siapakan nama bapak pencetus ilmu kimia/bapak kimia pertama?

Pembahasan Soal:

Jabir Ibnu Hayyan adalah ilmuwan pertama yang menekuni disiplin ilmu kimia. Jabir dijuluki sebagai Bapak Kimia Modern. Penemuan terkenalnya adalah larutan akua regia, campuran HNO3danHCl, larutan ini dapat melarutkan emas. Selain itu teknik pemisahan rekristalisasi dan destilasi ditemukan oleh Jabir.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah Jabir Ibnu Hayyan.

0

Roboguru

Bagaimanakah posisi ilmu kimia di antara ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu lainnya?

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia sebagai ilmu pengetahuan umum mempunyai peranan yang begitu luas sehingga menempati posisi yang unik di antara ilmu-ilmu lainnya seperti biologi, kedokteran, farmasi, pertanian, fisika dan teknik, geologi dan metalurgi. Keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu lainnya khususnya ilmu pengetahuan alam telah melahirkan beberapa cabang dalam ilmu kimia. 

Contoh cabang ilmu kimia adalah :

  • Biokimia (biologi dan kimia)
  • Kimia Fisika (kimia dan fisika)
  • Termokimia (termodinamika dan kimia)
  • Elektrokimia (elektronik dan kimia)
  • Kimia Nuklir (kimia dan nuklir)


Dalam kehidupan, ilmu kimia memiliki peranan penting. Misalnya pada bidang kedokteran dibutuhkan ilmu biokimia (biologi dan kimia), kimia fisika (kimia dan fisika). Selain itu ilmu kimia juga memiliki peranan dalam bidang pertanian, geologi, dan lain-lain.space 

0

Roboguru

Seorang ilmuwan bernama Jabir Ibn Hayyan menemukan kata “alkimia” yang memiliki arti ....

Pembahasan Soal:

Seorang ilmuwan Arab yang bernama Jabir Ibn Hayyan berhasil menemukan “alkimia”, yang mempunyai arti perubahan materi. Alkimia inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya kata “kimia” dan “ilmu kimia” sehingga Jabir Ibn Hayyan dianggap sebagai “Bapak Kimia Klasik”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Berikut yang termasuk dalam cabang ilmu kimia, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia mempunyai peran yang begitu luas dengan ilmu-ilmu lainnya sehingga melahirkan beberapa cabang dalam ilmu kimia. Berikut adalah cabang-cabang ilmu kimia:

  1. Kimia organik: mengkaji struktur, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa organik.
  2. Kimia anorganik: mengkaji senyawa anorganik, sofat, dan pembuatannya.
  3. Kimia analitik: mengkaji penelitian tentang kimia kualitatif dan kuantitatif dan cenderung berkaitan dengan pengembangan dan aplikasi peralatan analitik.
  4. Biokimia: mengkaji ilmu kimia yang berkaitan dengan biologi, khususnya sifat dan komposisi senyawa dalam makhluk hidup serta hasil perubahannya.
  5. Kimia Lingkungan: mengkaji masalah-masalah lingkungan seperti pencemaran, penanganan limbah atau sampah, dan pengadaan air bersih.
  6. Kimia farmasi: mengkaji tentang penelitian mengenali isolasi zat aktif bahan alam, pembuatan dan pengembangan bahan alam yang berkhasiat obat.
  7. Kimia fisik: mengkaji ilmu kimia yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti energi yang menyertai reaksi kimia, sifat fisika dan sifat kimia serta perubahan kimia.
  8. Kimia pangan: mengkaji tentang penelitian untuk meningkatkan kualitas bahan pangan, zat aditif makanan dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan.
  9. Kimia inti: mengkaji tentang penelitian zat-zat radioaktif, penanganan dan pemanfaatannya dalam bidang kedokteran, pertanian dan hidrologi.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Bensin merupakan bahan bakar tak terbarukan sehingga jika digunakan terus-menerus bahan bakar tersebut akan habis. Sehubungan hal tersebut Fahmi bercita-cita menemukan bahan bakar alternatif pengganti...

Pembahasan Soal:

Saat ini bahan bakar dunia berupa minyak bumi, batu bara dan gas alam berasal dari fosil. Fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena fosil terbentuk dari organisme yang terkubur beberapa jutaan tahun lalu. Bahan bakar tersebut akan habis dan manusia harus dapat mencari sumber energi alternatif, untuk mengatasi krisis enegi tersebut. Dalam hal ini ilmu kimia sangat berperan. Sumber energi alternatif misalnya alkohol, energi nuklir, geoternal (panas bumi) atau energi matahari yang tak terbatas. 

Salah satu cabang ilmu kimia yang membahas tentang minyak bumi adalah kimia organik. Kimia organik adalah ilmu yang mempelajari senyawa karbon seperti bahan bakar, plastik, aditif makanan, dan obat-obatan. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka cabang ilmu kimia yang harus dipelajari Fahmi untuk mendukung cita-citanya adalah kimia organik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved