Roboguru

Contoh gejala sosial yang menggambarkan adanya keterkaitan antara norma dengan keteraturan sosial adalah ....

Pertanyaan

Contoh gejala sosial yang menggambarkan adanya keterkaitan antara norma dengan keteraturan sosial adalah ....

  1. ​​​​praktik ajaran agama berjalan dengan baik dengan semangat kekeluargaan

  2. ​​​​​​larangan berhenti di jalan raya/tol, menciptakan kelancaran arus lalu lintas

  3. ​​​​​​kedisiplinan dalam belajar, memperkuat kepribadian suka bekerja tidak mengenal waktu

  4. ​​​​​​rajin belajar bersama dalam keompok, meningkatkan prestasi belajar

  5. ​​​​​​semakin tinggi ilmu pengetahuannya, semakin luas pandangannya

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada kasus adanya larangan berhenti di jalan raya/tol menandakan adanya norma hukum yang berlaku, dan dampak yang dihasilkan adalah lancarnya arus lalu lintas di jalan tersebut hingga terciptanya tertib sosial. Dengan demikian, terlihat adanya keterkaitan antara norma yang berlaku dengan keteraturan sosial. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Keadaan suatu masyarakat dengan kehidupannya yang teratur, dinamis, sebagai hasil dari hubungan sosial yang harmonis dan selaras dengan norma dan nilai sosial dalam interaksi masyarakat disebut ....

Pembahasan Soal:

Tertib sosial secara umum adalah sebuah proses sosial dan interaksi yang dapat memberikan gambaran mengenai kehidupan masyarakat yang penuh dengan persatuan, kesatuan, dan kedamaian. Aktivitas pada ilustrasi diatas merupakan contoh dari adanya tertib sosial dalam upaya membentuk keteraturan sosial di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut. Terdapat sistem nilai dan norma yang jelas dalam tata kehidupan masyarakat. Setiap anggota masyarakat mengetahui dan memahami nilai dan norma yang berlaku. Setiap a...

Pembahasan Soal:

Tertib sosial adalah suatu kondisi masyarakat yang hidup tertib dan teratur karena ada keselarasan antara nilai dan norma dengan tindakan anggota masyarakat. Ada tiga syarat terwujudnya tertib sosial. Pertama terdapat sistem nilai dan norma yang jelas dalam tata kehidupan masyarakat. Kedua, setiap anggota masyarakat mengetahui dan memahami nilai dan norma yang berlaku tersebut. Ketiga, setiap anggota masyarakat disiplin dalam melaksanakan atau tidak melanggar nilai dan norma yang berlaku tersebut alias tindakannya sesuai dengan nilai dan norma. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Salah satu realitas sosial yang menunjukkan fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial dinyatakan pada pernyataan ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang salah satu realitas sosial yang menunjukkan fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial.

Keteraturan sosial adalah kondisi menunjukkan dimana hubungan sosial berjalan secara tertib dan teratur menurut nilai dan norma. Adapun fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial adalah bisa mencegah terjadinya benturan kepentingan masyarakat, menciptakan kehidupan masyarakat menjadi aman, tenteram, dan tertib, memberi petunjuk atau pedoman bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan di masyarakat, membantu mencapai tujuan bersama dalam masyarakat, mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai nilai yang berlaku, memberikan batasan berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak, memaksa individu menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan, dasar pemberian sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma, aturan, panduan, tatanan, pengendalian, ukuran, dan tolok ukur untuk bermasyarakat, dipatuhi dan dihormati demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan fungsi norma tersebut, maka realitas tertib sosial dalam kasus penumpang yang mengantre membeli tiket kereta api menggambarkan bahwa norma yang berlaku dapat menciptakan keteraturan sosial dimasyarakat.

  • Pilihan A kurang tepat karena kasus petugas Paskibra yang sudah berlatih sebelum upacara bendera di sekolah tidak menggambarkan fungsi norma.
  • Pilihan B kurang tepat karena setiap pelanggaran di masyarakat harus dikenai sanksi yang tegas merupakan usaha untuk memulihkan dan mengembalikan keadaan yang sesuai dengan harapan masyarakat.
  • Pilihan C kurang tepat karena kerjasama kelompok yang dapat menggalang persatuan dan kesatuan merupakan wujud dari integrasi sosial.
  • Pilihan D kurang tepat karena penyelesaian konflik kedua pihak melibatkan pihak ketiga yang netral merupakan definisi dari mediasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Pada saat orientasi peserta didik baru, sekolah memberikan penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi oleh para siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Oleh karenanya setiap siswa berusah...

Pembahasan Soal:

Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dan kewajibannya. Berdasarkan soal terdapat kata kunci yaitu "setiap siswa berusaha berperilaku sesuai tata tertib sekolah". Keinginan siswa untuk berusaha berperilaku sesuai aturan tata tertib menunjukkan kesesuaian unsur perilaku dengan hak dan kewajibannya sebagai siswa. Jika hal tersebut terjadi, maka akan tericpta ketertiban di lingkungan sekolah.

0

Roboguru

Ketua RT merasa senang karena aturan tentang kewajiban kerja bakti setiap hari Minggu ditaati oleh semua warganya. Semua saluran air lancar karena warga tertib dalam membuang sampah pada tempatnya. Hu...

Pembahasan Soal:

Keteraturan sosialdapat tercipta jika:

  1. Dalam struktur sosial terdapat nilai dan norma sosial yang jelas.
  2. Individu atau kelompok dalam masyarakat mengetahui dan memahami nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku.
  3. Individu dan kelompok menyesuaikan tindakan-tindakan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku.
  4. Berfungsinya sistem pengendalian sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved