Roboguru

Contoh dari ekonomi kreatif . . . .

Pertanyaan

Contoh dari ekonomi kreatif . . . . undefined 

Pembahasan:

Ekonomi kreatif merupakan salah satu industri yang bergerak dengan ide-ide baru seseorang sehingga beberapa contoh industri ekonomi juga berbasis pada kreativitas. Contoh ekonomi kreatif yang bisa Anda contoh diantaranya:

  1. Bidang Kuliner. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Anda bisa mengembangkan ide mengenai kuliner yang sedang tren atau sedang hits di berbagai kalangan. Masyarakat Indonesia cenderung menyukai hal-hal yang nyeleneh apalagi di bidang kuliner. Beberapa tren masakan yang pernah viral karena tidak biasa adalah bakso beranak, bakso mercon, dan berbagai jenis bakso lain yang dirubah agar bisa mendapat perhatian masyarakat. Cafe aesthetic juga menjadi tren anak muda sekarang yang senang mengunggah foto mereka di sosial media. Anda hanya perlu mencari ide serta konsep aesthetic yang berbeda dari yang lain jika berminat membuka bisnis di bidang ini.
  2. Bidang Fashion. Fashion juga memiliki nasib sama seperti kuliner. Fashion merupakan salah satu industri yang tidak pernah mati gaya. Industri fashion selalu membutuhkan orang-orang yang berpikiran out of the box agar karya mereka dapat dilirik. Fashion yang simple dan kreatif merupakan salah satu incaran anak muda jaman sekarang. Para perancang dituntut untuk mampu menciptakan karya yang inovatif agar bisa dinikmati oleh semua kalangan.
  3. Bidang Musik. Musik adalah salah satu karya seni yang tercipta berdasarkan ide seseorang. Industri musik selalu berkembang dan penikmatnya pun silih berganti. Tren musik selalu berbeda setiap tahun bahkan bulan. Hal ini secara tidak langsung membuat para seniman musik harus bisa menyesuaikan jika ingin kiprahnya tetap ada. Pendistribusian lagu juga tidak kalah penting dalam industri musik. Di era globalisasi musik tidak lagi di distribusikan secara fisik seperti kaset namun juga secara digital melalui platform seperti spotify atau youtube sehingga kreativitas pemusik dalam menggambarkan idenya juga sangat dibutuhkan. undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreatifitas? Jelaskan alasan Anda!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved