Roboguru

Ciri utama pembangunan berkelanjutan adalah ...

Pertanyaan

Ciri utama pembangunan berkelanjutan adalah ...

  1. Pembangunan dilaksanakan secara tetap

  2. Penghematan anggaran pembangunan

  3. Menjamin kesinambungan pembangunan antargenerasi

  4. Memastikan tidak menimbulkam pencemaran

     

  5. Menghindari terjadinya kerusakan lingkungan hidup

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri (Komisi Brundtland pada tahun 1987).

Ciri-ciri pembangunan kelanjutan:

  • Memberi kemungkinan pada kelangsungan hidup dengan jalan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukungnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga.
  • Memberikan kesempatan pada sektor dan kegiatan lainnya untuk berkembang bersama di seluruh daerah dalam kurun waktu yang sama maupun kurun waktu yang berbeda.
  • Meningkatkan dan melestarikan kemampuan serta fungsi ekosistem untuk memasok sumber daya alam. Selain itu, ada upaya untuk melindungi dan mendukung perikehidupan secara terus menerus.
  • Menggunakan prosedur dan tata cara yang memperhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan, baik masa kini maupun masa datang.

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa pembangunan berkelanjutan menjamin kesinambungan pembangunan antar generasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Nur

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.  Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah dengan meremajakana hutan prosuksi dengan tanaman baru. Jika hutan produksi dibiarkan gundul setelah dilakkanoenebangan untuk dimanfaatkan, maka akan terjadi ketidak kesimbagan lahan. Hal ini pula bisa menyebabkan longsor ataupun banjir karena sudah tidak ada lagi penyangga di kawasan daerah resapan air.

0

Roboguru

Pemanfaatan lahan pertanian yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan adalah...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan. Pemanfaatan lahan pertanian yang sesuai dengan pemabangunan berkelanjutan adalah melakukan rotasi tanaman agar tanah terjaga kesuburannya. Dengan adanya rotasi tanaman maka tesktur tanah menjadi tidak jenuh dan tetepa bisa dimanfaatan sepanjang tahun.

0

Roboguru

Pernyataan: membangun rumah di bantaran sungai; menggunakan bom saat mencari ikan; menggunakan teknologi ramah lingkungan; membuang sampah sembarangan; penerapan sistem tebang pilih. Tindakan...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan. Sesuai dengan penjabaran tersebut, maka tindakan yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan adalah (3) dan (5).

0

Roboguru

Bacalah wacana berikut! Kawasan pinggir kota akan dibangun pusat industri. Pemerintah Kota Palembang bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia akan menjadikan Kawasan Gandus se...

Pembahasan Soal:

Prinsip Ekoefisiensi dalam Industri dimana diterapkan guna mencegah bahan dan energi yang tidak termanfaatkan dalam suatu sistem proses produksi terbuang menjadi limbah dan menyebabkan meningkatnya social cost untuk proses lanjutannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah .....

Pembahasan Soal:

Usaha dalam memanfaatkan alam harus beralih ke pembangunan berkelanjutan dengan tetap mempertimbangkan kehidupan pada generasi selanjutnya, salah satu contohnya seperti mereklamasi lahan sisa penambangan batubara. Kegiatan pertambangan batubara selain memiliki dampak positif bagi perekonomian suatu negara, pertambangan juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan hidup baik itu air, tanah, udara, dan hutan. Penambangan batubara dapat merusak vegetasi yang ada lingkungan sekitar serta menciptakan lubang besar pada tanah. Apabila tidak ada tindakan reklamasi, maka lahan tersebut tidak memiliki manfaat bagi kehidupan manusia Perlu adanya kegiatan pengurukan tanah pada lahan sisa penambangan kemudian melakukan reboisasi agar nantinya bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved