Roboguru

Choose the correct answer is! Maria: Why are you here? Vika:I ____ about the cancelation of the journey yesterday, but I just want to make sure.

Pertanyaan

Choose the correct answer is!


Maria: Why are you here?

Vika:I ____ about the cancelation of the journey yesterday, but I just want to make sure.

  1. tell

  2. tells

  3. is told

  4. was told

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta kita untuk melengkapi dialog Vika, yaitu "I ____ about the cancelation of the journey yesterday, but I just want to make sure." Penanda waktu (time signal) pada kalimat tersebut, yaitu "yesterday (kemarin)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + V1 + O/C.)

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah "was told". Sehingga, kalimat lengkapnya menjadi "I was told about the cancelation of the journey yesterday, but I just want to make sure." yang artinya "Aku diberitahu tentang pembatalan perjalanan kemarin, tetapi aku hanya ingin memastikan."

Jadi, jawaban yang benar adalah D. was told.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Yaniar

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fill in the blanks with the most appropriate verbs! Last week, I and my friends went to a concert. It was held in a stadium near my school. We had purchased our ticket a week before. We ____ there b...

Pembahasan Soal:

Minggu lalu (last week) adalah keterangan waktu yang spesifik yang mengindikasikan Simple Present Tense, maka kalimatnya menggunakan V2. Oleh karena itu, kalimat-kalimat rumpang di atas haruslah menggunakan verb 2 karena menunjukkan rangkaian aktivitas yang merujuk ke waktu "last week".

Jadi, kalimatnya secara lengkap adalah “Minggu lalu, aku dan temanku pergi ke sebuah konser. Konser itu diadakan di stadion dekat sekolahku. Kami sudah membeli tiket seminggu sebelumnya. Kami pergi (went) ke sana naik bus. Supaya menghemat uang, kami membawa (brought) makanan ringan dan minuman dari rumah. Kami menghabiskan (spent) tiga jam di konser itu. Menurutku, itu adalah (was) pertunjukan yang menakjubkan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

While living in Bogor, we always went to school on foot. This means that we ____ on foot while we were living in Bogor.

Pembahasan Soal:

"While living in Bogor, we always went to school on foot." artinya “Ketika tinggal di Bogor, kami selalu pergi ke sekolah dengan jalan kaki.”.

Keterangan always menunjukkan kebiasaan, dan kata went (verb 2) menunjukkan kebiasaan tersebut terjadi di masa lampau, sedangkan when living sebenarnya adalah singkatan dari when we were living.

Kalimat tersebut memiliki arti yang sama dengan "We used to go to school on foot while we were living in Bogor.".

Pola used to + V1 digunakan untuk menunjukkan kebiasaan di masa lampau, sama seperti always + V2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Dimas: Hello Kristine, were you sick ____? Kristine: Yeah, I had a fever, so I went to the doctor. The suitable adverb of time to complete the sentence is ....

Pembahasan Soal:

Penggunaan kata were, had, dan went menandakan bahwa dialog tersebut terjadi di waktu yang lampau.

Oleh karena itu, adverb of time yang tepat digunakan adalah two days ago yang berarti "dua hari yang lalu" karena menunjukkan waktu di masa lampau.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Adhisti weared a stylish oversized blazer on the stage 'Rogu Got's Talent' last year. She also sang beautifully. What a stunning performance! Which of the following word is gramatically incorrect?

Pembahasan Soal:

Arti kalimat dalam soal "Adhisti mengenakan blazer oversized yang bergaya di atas panggung 'Rogu Got's Talent' tahun lalu. Dia juga bernyanyi dengan indah. Sungguh pertunjukan yang menakjubkan!"

Dalam kalimat tersebut, terdapat frasa "last year" (tahun lalu) yang menunjukkan bahwa kejadian tersebut ada pada masa lampau sehingga tense yang digunakan adalah Simple Past Tense. Polanya S + V2 + C.

Kata "weared" tidak ada dalam bahasa Inggris, maka secara gramatikal tidak tepat karena seharusnya diganti dengan "wore" yang merupakan irregular verb.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). The generals and the veterans ____ happy and optimistic about us now. They know we ____ always bus...

Pembahasan Soal:

Penanda waktu (time signal) pada kalimat pertama, yaitu "now (sekarang)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "the generals and the veterans" merupakan subjek berjumlah jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Kemudian, kalimat kedua juga menggunakan Simple Present Tens dan subjek pada kalimat tersebut adalah "we" atau kata ganti orang pertama jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Sedangkan, penanda waktu (time signal) pada kalimat ketiga, yaitu "last year (tahun lalu)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Subjek pada kalimat tersebut adalah "they" atau kata ganti orang ketiga jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "were".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "The generals and the veterans are happy and optimistic about us now. They know we are always busy with good activities and never think of using drugs. When we met them last year, they were pessimistic." yang artinya "Para jenderal dan veteran senang dan optimis tentang kita sekarang. Mereka tahu kita selalu disibukkan dengan kegiatan yang baik dan tidak pernah berpikir untuk menggunakan narkoba. Ketika kami bertemu mereka tahun lalu, mereka pesimis."

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved