Roboguru

Change the following adverbial clauses to adverbial phrases. ( Tulis jawaban berupa kalimat, baru diartikan ). When Nina heard that she won Mathematic Olympiad, she called her parents.

Change the following adverbial clauses to adverbial phrases.

( Tulis jawaban berupa kalimat, baru diartikan ).


When Nina heard that she won Mathematic Olympiad, she called her parents.space space space space space

  1. ....

  2. ....

Jawaban:

Tugas kita pada soal ini adalah mengubah adverbial clause menjadi adverbial phrase. Adverbial clause adalah anak kalimat yang berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) yang memberikan informasi tentang verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau adverb yang berada pada independent clause. Terdapat beberapa macam adverbial clause diantaranya adalah adverbial clause of time (waktu), place (tempat), manner (cara), condition (pengandaian), cause and effect (sebab akibat), purpose and result (tujuan dan hasil), contrast (pertentangan), dan reason (alasan). Adverbial clause biasa dimulai dengan subordinate conjunction seperti because, after, when, though, although, dll. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengubah adverbial clause menjadi adverbial phrase:

 

 

  1. Analisa terlebih dahulu dimana letak adverbial clause-nya. 
  2. Pastikan bahwa subjek pada adverbial clause dan main clause sama.
  3. Hilangkan subjek pada adverbial clause-nya
  4. Jika terdapat be-form (is, am, are, was, were) dan V-ing pada satu kalimat maka kita hilangkan be form-nya dan sisakan kata kerja bentuk -ing-nya saja. 
  5. Jika terdapat be form (is, am, are, was, were) namun tidak diikuti oleh V-ing maka kita ubah be form tersebut menjadi bentuk -ing. Semua be form jika diubah ke dalam bentuk -ing menjadi "being".
  6. Jika tidak ada be form-nya maka langsung saja hilangkan subjeknya dan ubah kata kerjanya menjadi bentuk -ing.

Pada kalimat "When Nina heard that she won Mathematic Olympiad, she called her parents", dapat diketahui bahwa subjeknya sudah sama. Kemudian, bentuk adverbial clause-nya berada pada kalimat "When Nina heard that she won Mathematic Olympiad". Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah menghilangkan subjeknya. Karena tidak ada bentuk be-nya maka kita bisa langsung mengubah kata kerjanya yaitu "heard" menjadi bentuk -ing. Kata dasar dari "heard" adalah "hear". Kini, bentuk kalimatnya menjadi "When hearing that she won Mathematic Olympiad". 

Jadi, bentuk kalimat lengkapnya menjadi "When hearing that she won Mathematic Olympiad, Nina called her parents". 

Terjemahan kalimat tersebut dalam Bahasa Indonesia adalah "Ketika mendengar bahwa dia memenagkan Olimpiade Matematika, Nina menelpon ibunya".space spacespace space space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved