Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks ulasan film berikut dengan saksama!


Teks Ulasan Film 5 cm

    Film 5 cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia, Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Sykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.

    Film ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan dan nasionalisme dari lima orang sahabat yang merupakan tokoh utama film ini. Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 10 tahun. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam "masa berpisah" tersebut, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun waktu 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan rasa rindu yang saling menyilang. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan.

    Setelah 3 bulan berselang, kelima sahabat ini dan Adinda, adik Arial, memutuskan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru sebagai bentuk perayaan atas pertemuan mereka lagi dalam sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Mereka melakukan pendakian ini saat menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Medan yang terjal, jalan yang berliku, nyawa yang harus dipertaruhkan, sahabat yang harus saling menjaga, lelah yang tak terkira serta keringat yang selalu bercucuran, tetap mereka tempuh. Apapun itu, karena mereka memiliki tekad yang kuat, rasa nasionalisme yang tinggi, kebersamaan yang selalu mereka jaga, kepercayaan akan sebuah keberhasilan. Pada bagian ini pula, kisah persahabatan diubah menjadi kisah petualangan dibumbui kisah cinta yang manis. Cinta segitiga di antara mereka dikemas dengan tawa bukan tangis. Hal ini yang menjadikan 5 cm menarik, hal kecil yang mainstream dibuat berbeda, tetapi natural.

    Tepat pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka sampai di puncak Mahameru. Kebanggaan tersendiri untuk mereka, mengibarkan Sang Merah Putih di hari yang sangat bersejarah bagi negeri ini dan berada di tempat yang sungguh indah. Mereka telah berhasil menyelesaikan perjalanan dan petualangan yang menakjubkan ini dengan segala hal, cinta, kasih sayang, pengorbanan, kebersamaan, dan persahabatan.

    Film dengan jalan cerita yang menghipnotis para penontonnya ini sangat baik ditonton oleh generasi muda. Film ini tidak mengajarkan hal yang negatif untuk para remaja. Banyak sisi positif dari film ini, mulai dari pemeran yang mendukung, jalan cerita yang menyenangkan, adegan yang mengharukan, lokasi syuting yang indah, dan pelajaran hidup yang banyak.

    Judul film ini unik dan sederhana tetapi memiliki cerita yang sangat menakjubkan. Karakter tokoh-tokoh film ditampilkan dengan jelas. Hal ini membuat 5 cm unggul dari film lain. Jika secara umum pada permukaan film kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh, maka di dalam 5 cm ini, kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat di halaman awal.


Sumber: http://qurrotakr.blogspot.com/2015/05/teks-ulasan-film-5-cm.html dengan pengubahanundefined undefined 

Ceritakan apa saja yang diulas penulis dalam teks tersebut?

Ceritakan apa saja yang diulas penulis dalam teks tersebut? 

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

aspek-aspek yang diulas penulis dalam teks tersebut adalah identitas karya yang diulas, sinopsis, nilai karya, dan keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya.

aspek-aspek yang diulas penulis dalam teks tersebut adalah identitas karya yang diulas, sinopsis, nilai karya, dan keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks ulasan merupakan karangan atau uraian berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, drama, dan sebagainya). Aspek-aspek penting dalam teks ulasan: Identitas karya yang diulas, misalnya buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman) dan film (judul, aktor, sutradara, produser, skenario, produksi, tanggal rilis, dan durasi). Sinopsis meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik (untuk buku fiksi), gambaran unsur buku (untuk buku nonfiksi), dan sinopsis cerita untuk karya film atau drama. Nilai karya (kelemahan dan kelebihan buku, film, atau drama). Keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya. Aspek-aspek yangdiulas penulis dalam teks tersebut: Identitas karya yang diulas: Paragraf 1 Sinopsis: Paragraf 2– paragraf 4 Nilai karya: Paragraf 5 Keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya : Paragraf 6 Jadi, aspek-aspek yang diulas penulis dalam teks tersebut adalah identitas karya yang diulas, sinopsis, nilai karya, dan keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya.

Teks ulasan merupakan karangan atau uraian berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, drama, dan sebagainya).

Aspek-aspek penting dalam teks ulasan:

  1. Identitas karya yang diulas, misalnya buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman) dan film (judul, aktor, sutradara, produser, skenario, produksi, tanggal rilis, dan durasi).
  2. Sinopsis meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik (untuk buku fiksi), gambaran unsur buku (untuk buku nonfiksi), dan sinopsis cerita untuk karya film atau drama.
  3. Nilai karya (kelemahan dan kelebihan buku, film, atau drama).
  4. Keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya.

Aspek-aspek yang diulas penulis dalam teks tersebut:

  • Identitas karya yang diulas: Paragraf 1
  • Sinopsis: Paragraf 2 – paragraf 4
  • Nilai karya: Paragraf 5
  • Keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya: Paragraf 6

Jadi, aspek-aspek yang diulas penulis dalam teks tersebut adalah identitas karya yang diulas, sinopsis, nilai karya, dan keterbacaan atau kecocokan pembaca atau penontonnya.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan

Kebahasaan Teks Ulasan

Menganalisis Teks Ulasan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

131

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penilaian pengulas terhadap buku Membungkus Mimpi terdapat pada paragraf ke- ...

118

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia