Roboguru

Cerita Panji, Jayaprana, dan Calon Arang termasuk ....

Pertanyaan

Cerita Panji, Jayaprana, dan Calon Arang termasuk .... 

  1. Legenda keagamaan 

  2. Legenda perorangan 

  3. Legenda setempat 

  4. Legenda alam gaib

  5. Legenda dunia lain

Pembahasan Soal:

Cerita Panji, Jayaprana, dan Calon Arang termasuk dalam legenda perorangan. Cerita Panji Cerita Panji merupakan cerita asli Indonesia yang berkembang pada masa abad ke-12 Masehi. Secara garis besar, Cerita Panji mengisahkan tentang Raden Panji (Kudawaningpati atau Inu Kertapati) merupakan putera mahkota Kerajaan Jenggala dan Galuh Candrakirana (Dewi Sekartaji) dari Daha atau Kediri. Tema cerita berpusat pada nilai kepahlawanan, keberanian, keteguhan, dan kasih sayang. Tidak hanya antarmanusia, tetapi juga kasih sayang kepada Tuhan. Jayaprana merupakan kisah percintaan antara Japrana dengan Layonsari. Tema cerita berpusat pada nilai perjuangan, percintaan, kasih sayang, dan keberanian. Sedangkan Calon Arang cerita rakyat yang berkembang di tanah Jawa dan Bali. Cerita ini menekankan pada tokoh Calon Arang dan anaknya yang bernama Ratna Manggali. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu ciri-ciri dongeng yang benar adalah….

Pembahasan Soal:

Dongeng dapat diartikan sebagai cerita fiktif atau imajinatif tentang kejadian zaman dahulu yang diceritakan secara turun temurun. Ciri-ciri dongeng diantaranya adalah….

  • Isi ceritanya terkadang tidak masuk akal (contohnya seperti manusia yang bisa terbang dan hewan yang dapat berbicara).
  • Tidak diketahui siapa pengarangnya.
  • Mengandung pesan moral, meskipun ada juga yang berisi sindiran
  • Bertujuan untuk menghibur
  • Sarana sosialisasi nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat.
     

0

Roboguru

Di bawah ini yang termasuk contoh mitos adalah …

Pembahasan Soal:

Mitos adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Yunani yaitu muthos yang memiliki makna sebagai cerita atau sesuatu yang dikatakan orang. Mitos merupakan cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi oleh orang yang membuat cerita tersebut. Kalau berbicara tentang mitos, sebenarnya setiap daerah di Indonesia memiliki mitosnya masing-masin. Sebagai contoh mitos Nyi Roro Kidul sang penjaga laut Jawa bagian Selatan. Konon, masyarakat yang berwisata ke Pantai bagian Laut Selatan dilarang menggunakan baju berwarna hijau agar tidak ditarik oleh Nyi Roro Kidul sebagai pengikutnya.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Menurut William R.Boscom, cerita rakyat memiliki 3 jenis, yaitu….

Pembahasan Soal:

Tradisi lisan merupakan tradisi yang berkembang di dalam masyarakat yang diceritakan dari mulut ke mulut dan secara turun –temurun. Tradisi lisan erat kaitannya dengan adat-istiadat yang melekat pada suatu masyarakat. Tradisi lisan yang ada di suatu wilayah dapat berupa mitos, dongeng, legenda, adat-istiadat atau kebiasaan, dan bentuk-bentuk yang lain. Kebanyakan dari tradisi lisan itu mengandung filosofi yang diyakini oleh masyarakat sehingga menjadikannya kepercayaan. Tradisi lisan memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah cerita rakyat. Menurut William R.Boscom, cerita rakyat memiliki 3 jenis, yaitu legenda, mitos, dan dongeng.
 

0

Roboguru

Cerita tradisional tentang Roro Jonggrang dapat dikategorikan sebagai....

Pembahasan Soal:

Legenda adalah cerita tradisional yang menceritakan tentang orang atau tempat tertentu. Dulunya istilah legenda kerap diartikan sebagai dongeng atau cerita tentang orang suci, makhluk supranatural, elemen mitologi, atau penjelasan mengenai fenomena alam tetapi mereka terkait dengan lokalitas atau orang tertentu dan diceritakan sebagai masalah sejarah. Dengan demikian, legenda ini juga termasuk dalam jenis-jenis cerita rakyat. Sebagai contoh Cerita tradisional tentang Roro Jonggrang sebagai dasar dari cerita pembangunan Candi perambanan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Kepercayaan bahwa benda-benda dan tumbuhan itu berjiwa dan berpikir seperti manusia disebut...

Pembahasan Soal:

Dinamisme artinya dimana pemujaan terhadap roh (sesuatu yang tidak tampak mata). Mereka percaya bahwa roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu, seperti pohon-pohon besar. Arwah nenek moyang itu sering dimintai tolong untuk urusan mereka. Caranya adalah dengan memasukkan arwah-arwah mereka ke dalam benda-benda pusaka seperti batu hitam atau batu merah delima. Ada juga yang menyebutkan bahwa dinamisme adalah kepercayaan yang mempercayai terhadap kekuatan yang abstrak yang berdiam pada suatu benda. Dinamisme identik dengan mitos yang akan di perbincangkan oleh masyarakat sekitar.

Dengan demikian, dinamisme adalah keyakinan atau kepercayaan pada benda-benda tertentu yang diyakini memiliki kekuatan ghaib yang mengontrol kehidupan manusia seperti batu bertuah, keris keramat dan lain sebagainya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved