Roboguru

Cara membedakan opini dan fakta ....

Pertanyaan

Cara membedakan opini dan fakta ....undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Cara membedakan opini dan fakta:

  • Telusuri Kebenarannya

 

Jika peristiwa atau pernyataan dapat ditelusuri kebenarannya karena dapat dilihat, didengar atau dibuktikan, maka peristiwa atau pernyataan tersebut termasuk fakta.

Jika peristiwa atau pernyataan tersebut tidak dapat diuji dengan indera dan sulit dibuktikan kebenarannya, maka peristiwa atau pernyataan tersebut termasuk opini.

  • Telusuri Apakah Objektif atau Subjektif

Kalimat yang bersifat objektif cenderung mengungkapkan kejadian apa adanya sesuai kenyataan. Jika bersifat objektif maka termasuk fakta.

kalimat yang bersifat subjektif cenderung melibatkan perasaan atau pemikiran penulis. Jika bersifat objektif maka termasuk opini.

  • Perhatikan Kata Khusus

Kalimat yang bersifat subjektif biasanya menggunakan kata-kata opini atau prediksi, contohnya saya rasa, seharusnya, menurut saya, bisa jadi, kemungkinan, dianggap, bisa disebut, dan sebagainya. Jika sebuah kalimat menggunakan kata-kata tersebut, maka kalimat tersebut adalah opini.

  • Menalar Kalimat

Untuk memastikan apakah sebuah kalimat tergolong fakta atau opini, libatkan nalar atau perasaan ketika membacanya. Jika kalimat yang dibaca menimbulkan rasa tidak setuju atau cenderung tidak masuk akal, maka kalimat tersebut merupakan opini. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Februari 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved