Roboguru

Cabang biologi yang mendasari usaha pengembangan bibit unggul dengan cara hibridasi adalah.....

Pertanyaan

Cabang biologi yang mendasari usaha pengembangan bibit unggul dengan cara hibridasi adalah..... 

Pembahasan Soal:

Hibridisasi adalah proses persilangan genetik yang dilakukan untuk hewan/ tumbuhan yang bertujuan untuk mendapatkan spesies dengan sifat yang unggul. Hibridisasi dilakukan dengan mengkombinasikan genetik induk-induk sehingga diperoleh varietas yang diinginkan. Jadi cabang ilmu biologi untuk pengembangan bibit unggul dengan cara hibridasi adalah genetika dan bioteknologi. Genetika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat. Sedangkan, Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembuatan insulin bagi penderita diabetes melitus melibatkan beberapa cabang Biologi tertentu. Cabang Biologi apa yang dimaksud? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah hingga di atas nilai normal. Salah satu obat yang digunakan adalah hormon insulin. Insulin bisa diproduksi dengan memanfaatkan cabang ilmu biologi diantaranya yaitu ilmu genetika, bioteknologi dan mikrobiologi. Genetika adalah cabang biologi yang menyangkut materi genetik sehingga mempelajari pewarisan sifat (hereditas) dan variasi. Bioteknologi adalah ilmu yang memanfaatkan proses biologis seperti rekayasa genetik mikroorganisme untuk produksi antibiotik, hormon, dan lain-lain. Sementara itu, mikrobiologi adalah Ilmu yang mempelajari mikroba. Dengan memanfaatkan ilmu bioteknologi dan mikrobiologi, hormon insulin yang secara alami hanya diproduksi oleh tubuh bisa dibuat dalam laboratorium menggunakan rekayasa genetika terhadap bakteri.  

Dengan demikian, cabang ilmu biologi yang terlibat dalam pembuatan insulin bagi penderita diabetes melitus diantaranya adalah ilmu genetika, bioteknologi dan mikrobiologi.

1

Roboguru

Sebutkan cabang-cabang ilmu biologi yg berhubungan dengan bidang industri!

Pembahasan Soal:

Biologi merupakan ilmu yang sangat luas dan terdiri dari berbagai cabang ilmu. Biologi juga berkaitan dengan berbagai macam bidang dalam aspek kehidupan, salah satunya pada bidang industri. Beberapa cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan bidang industri, diantaranya:

  • Bioteknologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol, antibiotik, asam organik) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia
  • Botani: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan. Ilmu ini berperan dalam menghasilkan produk tanaman yang berkualitas, bermanfaat serta memiliki nilai pasar.
  • Mikrobiologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Terdapat berbagai macam industri yang memanfaatkan mikroorganisme dalam peningkatan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Salah satunya adalah industri pangan, farmasi, 
  • Genetika: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat makhluk hidup. Peranan ilmu ini bersama dengan bioteknologi dapat membekali manusia dalam hal menghasilkan bahkan merekayasa produk makhluk hidup yang memiliki sifat unggul.

0

Roboguru

Cabang ilmu Biologi yang berkaitan erat dengan teknik kloning hewan adalah ....

Pembahasan Soal:

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan segala aspek yang menyertainya, mulai dari proses biokimia di dalam sel sampai pada tingkatan ekosistem, bahkan hingga ke perubahan iklim global. Biologi terdiri dari berbagai cabang ilmu, misalnya bioteknologi, ekologi, virologi, dan anatomi. Salah satu penerapan ilmu biologi adalah kloning. Kloning adalah usaha perbanyakan individu baru dengan sifat secara genetik sama dengan induknya tanpa melalui perkawinan secara alamiah. Kloning dipelajari pada cabang ilmu biologi genetika dan bioteknologi. Genetika merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pola pewarisan sifat pada makhluk hidup. Sementara itu, bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang proses pemanfaatan makhluk hidup atau produk makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia dengan menerapkan prinsip ilmiah dan kerekayasaan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Adanya perkembangan Biologi dalam bidang pertanian dapat menciptakan padi transgenik yang dikenal dengan golden rice. Golden rice diciptakan untuk mengatasi defisiensi atau kekurangan vitamin A. Pembu...

Pembahasan Soal:

Proses pembuatan golden rice melibatkan perpaduan cabang Biologi, yaitu bioteknologi, bakteriologi, dan genetika. Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Dalam hal ini, bioteknologi mengambil peran sebagai teknologi yang akan digunakan dalam pembuatan golden rice. Bakteriologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bakteri. Dalam pembuatan golden rice, bakteriologi digunakan untuk memilih strain bakteri yang sesuai yaitu bakteri Erwinia uredovora. Genetika yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat. Dalam pembuatan golden rice, genetika digunakan untuk mengetahui penyisipan gen yang akan dilakukan.

Dengan demikian, proses pembuatan golden rice melibatkan perpaduan cabang ilmu biologi, yaitu bioteknologi, bakteriologi, dan genetika. 

1

Roboguru

Pasangan antara permasalahan biologi dengan cabang biologi yang tepat adalah....

Pembahasan Soal:

Pasangan antara permasalahan biologi dengan cabang biologi yang tepat yaitu sidik jari untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan yaitu genetika. Genetika adalah ilmu yang mempelajari gen, variasi genetika, dan hereditas pada organisme. Tes sidik jari DNA merupakan serangkaian tes yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi genetik seseorang melalui DNA. Penentuan sidik jari DNA sudah digunakan oleh beberapa negara sebagai alat memecahkan kasus hukum atau kriminal. Tes untuk menguji identitas genetik seseorang ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi pola materi genetik (DNA) yang spesifik pada tiap individu.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved