Roboguru

Bunga yang tumbuh di pegunungan akan berubah penampilannya jika ditanam di dataran rendah. Hal ini menunjukan bahwa ekspresi gen dipengaruhi oleh faktor ....

Pertanyaan

Bunga yang tumbuh di pegunungan akan berubah penampilannya jika ditanam di dataran rendah. Hal ini menunjukan bahwa ekspresi gen dipengaruhi oleh faktor ....space

  1. nutrisispace

  2. keturunanspace

  3. lingkunganspace

  4. persilanganspace

  5. iklimspace

Pembahasan Soal:

Pegunungan dan dataran rendah merupakan faktor lingkungan yang memengaruhi ekspresi gen pada tumbuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana kaitan antara transpirasi dan pertumbuhan?

Pembahasan Soal:

Transpirasi dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan udara sebagai faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan.

Pengaruh suhu terhadap transpirasi, yaitu jika suhu naik, transpirasi juga akan naik sehingga tanaman akan kehilangan lebih banyak air. Akibatnya, pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.  

Sedangkan untuk kelembapan, jika kelembapan udara rendah, transpirasi akan meningkat. Hal ini memacu akar untuk menyerap lebih banyak air dan mineral dari dalam tanah. Meningkatnya penyerapan nutrien oleh akar akan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Jika kelembapan tinggi, laju transpirasi rendah sehingga penyerapan zat-zat nutrisi juga rendah. Hal ini akan mengurangi ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman sehingga pertumbuhannya juga akan terhambat. 

Dengan demikian, kaitan transpirasi dengan pertumbuhan yaitu transpirasi dapat meningkatkan atau dapat pula menghambat pertumbuhan tanaman.space 

Roboguru

Laju transpirasi suatu tumbuhan kemungkinan akan meningkat seiring dengan ....

Pembahasan Soal:

Laju transpirasi suatu tumbuhan kemungkinan akan meningkat seiring dengan peningkatan suhu dan kelembapan yang rendah. Jika terjadi peningkatan suhu maka transpirasi juga akan naik sehingga tanaman akan kehilangan lebih banyak air.  Akibatnya, pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. kelembapan udara akan berpengaruh terhadap laju penguapan atau transpirasi. Jika kelembapan rendah, laju transpirasi meningkat sehingga penyerapan air dan zat-zat mineral juga meningkat. Hal itu akan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Jika kelembapan tinggi, laju transpirasi rendah sehingga penyerapan zat -zat nutrisi juga rendah. Hal ini akan mengurangi ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman sehingga pertumbuhannya akan terhambat.

Roboguru

Secara tidak langsung, kelembapan udara berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, terutama terhadap...

Pembahasan Soal:

Kelembapan udara akan berpengaruh terhadap laju penguapan atau transpirasi. Jika kelembapan rendah, laju transpirasi meningkat sehingga penyerapan air dan zat-zat mineral juga meningkat. Hal itu akan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Jika kelembapan tinggi, laju transpirasi rendah sehingga penyerapan zat-zat nutrisi juga rendah. Hal ini akan mengurangi ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman sehingga pertumbuhannya juga akan terhambat.

Secara tidak langsung, kelembapan udara berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, terutama terhadap laju penyerapan air dan zat mineral.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Sekelompok siswa melakukan percobaan faktor pertumbuhan tumbuhan dengan rangkaian percobaan seperti gambar berikut. Berdasarkan pengamatan tersebut diperoleh hasil bahwa ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pengamatan tersebut diperoleh hasil bahwa biji kedelai pada cawan petri Y tumbuh lebih optimal daripada biji kedelai pada cawan petri X. Hal ini dikarenakan pada cawan petri X terdapat media tanam yaitu berupa kapas basah. Media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji kacang hijau. Media tanam kapas memiliki struktur yang lembut dan juga memiliki daya serap yang rendah, sehingga media tanam dengan kapas terjaga kelembapannya dan juga memiliki persediaan air dalam jangka waktu yang lama. Hal inilah yang membuat kacang hijau pada cawan petri Y dapat tumbuh lebih optimal daripada kacang hijau pada cawan petri X. Biji kacang hijau pada cawan petri X tanpa menggunakan media tanam tambahan, pertumbuhannya menjadi lebih terhambat karena tidak ada media yang menyerap air sehingga kelembapannya menjadi tidak terjaga.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Pengaruh kelembaban pada setiap tumbuhan berbeda-beda, dimana tumbuhan lumut dan paku hanya dapat tumbuh optimal jika habitatnya memiliki ….

Pembahasan Soal:

Kelembaban meliputi kelembaban udara dan kelembaban tanah. Pengaruh kelembaban udara dan kelembaban tanah pada tumbuhan berbeda-beda, ada tanaman yang membutuhkan kelembaban udara dan kelembaban tanah yang tinggi, misalnya lumut dan paku, adapula tanaman yang tumbuh baik pada kelembaban udara dan kelembaban tanah yang rendah seperti lidah buaya dan jenis anggrek. Dengan demikian, pilihan jawabannya adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved