Roboguru

Bukti awal masuknya Islam di Jawa adalah ditemukannya makam ...

Pertanyaan

Bukti awal masuknya Islam di Jawa adalah ditemukannya makam ... space

  1. Maulana Malik Ibrahim space

  2. Fatimah binti Maimun space

  3. Trowulan space

  4. Sultan Malik al-Saleh space

  5. Sunan Ampel space

Pembahasan Soal:

Agama Islam diduga masuk ke Nusantara pada sekitar abad ke-11 Masehi. Hal ini berdasarkan bukti awal masuknya Islam di Jawa dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun yang wafat pada tanggal 2 Desember 1082. Makam tersebut berada di daerah Gresik. Penemuan makam ini menunjukkan bukti bahwa Islam sudah menyebar di Nusantara sejak abad ke-11 Masehi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan jejak peninggalan kerajaan Islam yang ada di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia adalah pertama peninggalan Kerajaan Samudra Pasai, yaitu Hikayat Raja Pasai, Dirham Pasai dan Makam Sultan Malik As-Saleh. Kedua Kerajaan Aceh dengan bukti adanya Benteng Indrapatra, Dirham Aceh, Lukisan raja Sultan Iskandar Muda, Makam Sultan Iskandar Muda, dan Masjid Baiturrahman. Ketiga, peninggalan Kerajaan Demak, yaitu Dampar Kencana, Masjid Agung Demak, Pintu Bledeg, dan Piring Campa.

Dengan demikian, jejak peninggalan kerajaan Islam yang ada di Indonesia dapat diketahui dari seni bangunan seperti masjid, makam, keraton. Seni rupa seperti kaligrafi. Seni sastra seperti: suluk, syair, hikayat, babat. Seni pertunjukan seperti: pertunjukan wayang, seni gamelan dan permainan debus.

0

Roboguru

Mengapa Tome Pires dalam Suma Oriental ( 1512-1515) menyebutkan letak Sumatra sangat strategis?

Pembahasan Soal:

Sejak awal kedatangannya, pulau Sumatra termasuk daerah pertama dan terpenting dalam pengembangan agama Islam di Indonesia. Dikatakan demikian mengingat letak Sumatra yang strategis dan berhadapan langsung dengan jalur perdangan dunia, yakni selat Malaka. Berdasarkan catatan Tomé Pires dalam Suma Oriental (1512-1515) dikatakan bahwa di Sumatra, terutama di sepanjang pesisir Selat Malaka dan pesisir barat Sumatra terdapat banyak kerajaan Islam, baik yang besar maupun yang kecil. Diantara kerajaan-kerajaan tersebut antara lain Aceh, Biar dan Lambri, Pedir, Pirada, Pase, Aru, Arcat, Rupat, Siak, Kampar, Tongkal, Indragiri, Jambi, Palembang, Andalas, Pariaman, Minangkabau, Tiku, Panchur, dan Barus. Menurut Tomé Pires, kerajaan-kerajaan tersebut ada yang sedang mengalami pertumbuhan, ada pula yang sedang mengalami perkembangan, dan ada pula yang sedang mengalami keruntuhannya.undefined

Dengan demikian, menurut catatan Tomé Pires dalam Suma Oriental dikatakan bahwa letak Sumatra sangat strategis karena berhadapan langsung dengan jalur perdangan dunia, yakni selat Malaka, yang merupakan jalur perdagangan yag sangat ramai pada saat itu.

0

Roboguru

Bukti awal masuknya Islam di Jawa  poin adalah ditemukannya makam ...

Pembahasan Soal:

Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan beragama Islam yang wafat pada tahun 1082 M. Batu nisannya ditulis dalam bahasa Arab dengan huruf kaligrafi bergaya Kufi. Makam Fatimah berlokasi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kota Gresik, Jawa Timur. Temuan batu nisan tersebut merupakan salah satu data arkeologis yang berkenaan dengan keberadaan komunitas Muslim pertama di kawasan Nusantara, tepatnya di Jawa.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tuliskan silang budaya masuknya Islam ke Indonesia serta contohnya!

Pembahasan Soal:

Pada saat Islam menyebar di Indonesia, pengaruh budaya Islam juga ikut diserap dan mempengaruhi budaya Indonesia yang sebelumnya terpengaruh budaya Hindu. Proses bergabungnya pengaruh ini disebut dengan akulturasi.Contoh silang budaya Indonesia, Hindu dan Islam lain adalah Kalender atau penanggalan Jawa, yang menggabungkan sistem penanggalan Saka yang sebelumnya digunakan sejak masa Hindu dan Buddha, dengan penanggalan Hijriyah atau penanggalan Islam. Pada penanggalan ini, perhitungan bulan mengikuti sistem Hijriyah, namun perhitungan tahun meneruskan tahun Saka.

Dengan demikian, contoh silang budaya masuknya Islam ke Indonesia adalah sistem kalender atau penanggalan Jawa.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini! Tome Pires, memberikan informasi tentang keberadaan awal Islam di Sulawesi Batu nisan Fatimah binti Maimun di Leran (Gresik) yang berangka tahun 475 H (1082 M) ...

Pembahasan Soal:

Bukti keberadaan Islam yang berada di daerah Jawa, diantaranya:

  • Batu nisan Fatimah binti Maimun di Leran (Gresik) yang berangka tahun 475 H (1082 M)
  • Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, di Gresik yang berangka tahun 1419 M
  • Nisan situs Troloyo, Trowulan, di Jawa Timur. Nisan ini menunjukan makam orang-orang muslim dengan tarikhnya menggunakan tahun Saka, bukan tahun Hijriah.
  • Berita Ma-Huan, pada tahun 1413-1415 M, ia pernah melakukan pelayaran untuk mengunjungi pesisir Jawa.
  • Berita Tome Pires (1512 - 1515 M), menyebutkan bahwa selain masih adanya kerajaan Hindu-Buddha, sudah ada pula kerajaan bercorak Islam di Demak

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved