Roboguru

Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Berikut dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah ....

Pertanyaan

Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Berikut dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah ....undefined 

  1. menghasilkan limbah yang tinggiundefined 

  2. menghasilkan alkohol yang tinggiundefined 

  3. menciptakan bahan pangan transgenikundefined 

  4. mengurangi plasma nutfah di Indonesiaundefined 

Pembahasan Soal:

Dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan umumnya terjadi seiring adanya organisme transgenik. Tumbuhan transgenik adalah tanaman yang susunan gennya telah dimanipulasi. Contoh tanaman transgenik adalah jagung Bt dan golden rice. Jangung Bt merupakan jagung yang tahan terhadap serangan hama. Golden rice adalah beras yang mengandung zat besi dan vitamin A. Dampak negatif dari tanaman transgenik hasil proses bioteknologi bagi lingkungan yaitu:

  1. Penurunan atau mengurangi jumlah plasma nutfah karena tanaman transgenik umumnya merupakan tanaman yang bersifat unggul. Hal ini membuat petani lebih memilih menanam bibit tanaman transgenik daripada tanaman lokal (bukan tanaman transgenik), sehingga tanaman lokal menjadi langka.
  2. Menimbulkan hama baru yang lebih kuat dibandingkan hama sebelumnya sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem.
  3. Polusi gen atau pencemaran keanekaragaman gen yang ada di alam. Polusi gen contohnya dapat disebabkan adanya penyerbukan antara jagung Bt dan jagung yang tumbuh dengan alami di alam.

undefinedDengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Maret 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved