Roboguru

Bila dilarutkan dalam air, bagaimana daya hantar listrik larutan yang dihasilkan ? Jelaskan, apakah akan membentuk senyawa elelktrolit atau nonelektrolit. Jika membentuk larutan elektrolit, tunjukkan mana yang tergolong elektrolit kuat dan mana yang elektrolit lemah.    (a)CCl4​(b)C6​H12​O6​(c)Urea,CO(NH2​)2​(d)CH3​COOH(e)K2​SO4​

Pertanyaan

Bila dilarutkan dalam air, bagaimana daya hantar listrik larutan yang dihasilkan ? Jelaskan, apakah akan membentuk senyawa elelktrolit atau nonelektrolit. Jika membentuk larutan elektrolit, tunjukkan mana yang tergolong elektrolit kuat dan mana yang elektrolit lemah. 
 

begin mathsize 14px style open parentheses a close parentheses space C Cl subscript 4 open parentheses b close parentheses space C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 open parentheses c close parentheses space Urea comma space C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 open parentheses d close parentheses space C H subscript 3 C O O H open parentheses e close parentheses space K subscript 2 S O subscript 4 end style  

Pembahasan Soal:

Berdasarkan daya hantar listrik, lariutan dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Larutan elektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Larutan elektrolit meliputi larutan asam, basa, dan garam. Berdasarkan kekuatan daya hantar listrikmya, larutan elektrolit dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang zat terlarutnya terioniasi sempurna (asam kuat, basa kuat, garam), sedangkan elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian (asam lemah dan basa lemah).
  2. Larutan Non elektrolit. Larutan yang tidak dapat menghantarka listrik, biasanya senyawa senyawa organik selain asam, basa, dan garam.
     

Daya hantar listrik senyawa-senyawa tersebut ketika dilarutkan dalam air adalah sebagai berikut.

  • begin mathsize 14px style C Cl subscript 4 comma space C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 end style dan Urea begin mathsize 14px style C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 end style merupakan senyawa nonelektrolit karena tidak dapat menghantarkan arus listrik.
  • begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style merupakan elektrolit lemah karena tergolong asam lemah yang ketika diuji dengan nyala lampu akan menghasilkan lampur redup dan sedikit gelembung gas. 
  • begin mathsize 14px style K subscript 2 S O subscript 4 end style merupakan elektrolit kuat karena  tergolong garam yang apabila diuji dengan nyala lampu akan menghasilkan lampu yang terang dan banyak gelembung gas.


Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data hasil uji elektrolit di samping!   Kelompokkanlah masing-masing larutan di atas mana yang termasuk larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan nonelektrolit! Jelaskan!

0

Roboguru

Bandingkan daya hantar listrik larutan HNO3​ 0,1 M dengan larutan HCN 0,1 M dan berikan penjelasannya!

0

Roboguru

Diberikan senyawa-senyawa KBr, Mg(OH)2, C2H5OH. KBr terurai sempurna dalam air, Mg(OH)2 terurai sebagian, dan C2H5OH larut dalam air tetapi tidak terionisasi. b.  Tuliskan reaksi yang terjadi ketika ...

0

Roboguru

Lengkapilah bagan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

0

Roboguru

Pilihlah jawaban: A. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar. B. Jika jawaban (1) dan (3) yang benar C. Jika jawaban (2) dan (4) yang benar D. Jika hanya jawaban (4) yang benar E. Jika semua jawaban...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved