Roboguru

Berkumpulnya orang-orang pada saat tertentu secara cepat tanpa ada ikatan organisasi disebut....

Pertanyaan

Berkumpulnya orang-orang pada saat tertentu secara cepat tanpa ada ikatan organisasi disebut.... 

  1. kelompok sosial 

  2. kerumunan 

  3. publik 

  4. massa 

  5. organisasi 

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial merupakan gejala sosial yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena sebagian besar kegiatan manusia berlangsung di dalam kelompok. Menurut proses terbentuknya, kelompok sosial dapat dibedakan menjadi kelompok semu dan kelompok nyata.

  1. Kelompok semu. Kelompok semu merupakan kelompok orang-orang yang bersifat sementara. Biasanya kelompok semu ini terjadi secara spontan atau tiba-tiba. Contohnya berkumpulnya orangorang ketika terjadi peristiwa tabrakan. Kelompok semu ini juga dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
    • Kerumunan (crowd). Kerumunan merupakan berkumpulnya orang-orang pada saat tertentu secara cepat tanpa ada ikatan organisasi.
    • Massa (mass). Massa mempunyai kemiripan ciri dengan kerumunan tetapi proses terbentuknya agak berbeda. Pada massa ada sebagian pembentukan yang disengaja dan ada sebagian yang terjadi secara spontan. Contohnya adalah pengumpulan orang-orang di sebuah lapangan/jalan untuk melakukan demonstrasi.
    • Publik (public). Terbentuknya publik hampir sama dengan massa tetapi tidak dalam tempat yang sama. Publik mempunyai anggota yang tersebar tanpa batas wilayah formal. Contohnya adalah publik pendengar pidato presiden yang disiarkan oleh Radio.
  2. Kelompok nyata. Kelompok sosial yang nyata mempunyai berbagai bentuk tetapi ada satu ciri yang sama, yaitu kehadirannya bersifat tetap.

Jadi, berkumpulnya orang - orang pada saat tertentu secara cepat tanpa ada ikatan organisasi disebut kerumunan atau opsi B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sekumpulan orang yang berada di suatu tempat, tetapi di antara mereka tidak berhubungan secara tetap, disebut ....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan kelompok sosial dan poin yang ditanyakan adalah kelompok sosial tidak terstruktur.

Kerumunan dipahami sebagai bentuk kelompok sosial yang tidak terstruktur karena kehadiran individu dalam kelompok tersebut terjadi secara spontan, tidak direncanakan, tidak ada interaksi secara terus menerus, tidak terorganisasi, dan kedudukan individu yang berkumpul adalah sama.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pilihan jawaban A kurang tepat, karena massa merupakan sekumpulan orang yang anonim, memiliki tujuan yang sama, bersifat heterogen, dan mudah dikendalikan atau di provokatori.

Pilihan jawaban C kurang tepat, karena kelompok sosial merupakan sekumpulan orang yang berkumpul dan memiliki kesadaran sebagai bagian dari anggota kelompok.

Pilihan jawaban D kurang tepat,  karena PGRI merupakan kelompok okupasional.

Pilihan jawaban E kurang tepat, karena publik adalah kumpulan orang yang interaksinya tidak langsung namun diperantarai oleh media massa seperti televisi. space

0

Roboguru

Sekerumunan orang yang mabuk di pinggir jalan merupakan...

Pembahasan Soal:

Kerumunan sosial atau social aggregate adalah sekumpulan orang yang berada di suatu tempat, akan tetapi di antara mereka tidak berhubungan secara tetap. Pengelompokan manusia seperti itu disebut juga kolektivitas, yaitu kumpulan manusia pada suatu tempat dan suatu waktu yang sifatnya sementara. Kerumunan yang bersifat immoral adalah kerumunan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat. Contohnya : orang yang mabuk di pinggir jalan.undefined 

0

Roboguru

Kelompok yang terjadi begitu saja, spontan, tidak terorganisasi, dan biasanya bersifat sementara serta muncul karena adanya pusat perhatian yang sama disebut .....

Pembahasan Soal:

Kerumunan merupakan kelompok sosial yang tidak teratur yang terdiri dari sekumpulan orang yang hadir secara spontan, bersifat sementara dan tidak direncanakan. Kerumunan memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Individu yang berkumpul dalam jumlah yang banyak;
  2.  Antar individu dalam kerumunan memiliki keingintahuan yang sama, namun tidak slaing mengenal;
  3. Ditandai dengan hadirnya individu secara fisik;
  4. Interaksi antar individu berlangsung secara singkat dan sementara
  5. Antar individu memiliki kedudukan yang sama dalam kerumunan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. space

0

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan contoh immoral lawless crowds adalah ….

Pembahasan Soal:

Kerumunan merupakan kelompok sosial tidak teratur yang terjadi secara spontan, tidak direncanakan, tidak terorganisir dan bersifat sementara. Kerumunan berdasarkan tindakan yang berlawanan dengan hukum (lawsless crowds) dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Acting mobs. Kerumunan yang terjadi ketika orang-orang yang berkumpul dalam kondisi emosional yang tinggi sehingga tidak dapat mengendalikan psikis maupun fisiknya dan menyebabkan perkelahian atau keributan. Contoh: demo yang ricuh.
  2. Immoral crowds. Kerumunan yang perilakunya berlawanan dengan norma hukum di masyarakat. Contoh: mabuk-mabukan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. space

0

Roboguru

Menjelang pertandingan sepak bola di Gelora Bung Karno, Jakarta, terdapat banyak orang yang antre membeli tiket untuk menyaksikan pertandingan. Di sana terdapat kelompok sosial yang tidak terorganisas...

Pembahasan Soal:

Kerumunan pada hakekatnya merupakan bentuk rombongan atau sekelompok orang yang ada di tempat tertentu karena adanya suatu bentuk kegiatan sosial atau kepentingan, namun diantara orang-orang yang berkumpul tersebut tidak memiliki hubungan yang tetap.

Oleh sebab itulah pada umumnya kerumuman yang terjadi diantara banyak orang ini disebut pula sebagai kolektivitas, yaitu perkumpulan antar manusia di suatu tempat dengan waktu yang sifatnya hanya sementara saja.

Kerumunan adalah sekumpulan orang yang bersama-sama ada disuatu tempat dengan sistem yang tidak teratur karena sering terjadi secara spontan, sehingga dianggap memiliki sifat yang sementara karena kebanyakan orang yang berkumpul akan segera membubarkan diri jika dirasa orang-orang yang ada disekelilingnya juga membubarkan diri.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved