Roboguru

Berikut yang tidak termasuk identitas atau data bu...

Berikut yang tidak termasuk identitas atau data buku adalah...undefined 

  1. Penulisan bukuundefined 

  2. Halaman bukuundefined 

  3. Judul bukuundefined 

  4. Sinopsisundefined 

Jawaban:

Dalam KBBI identitas diartikan sebagai sebuah ciri-ciri atau keadaan khusus, jati diri. Maka identitas buku adalah ciri-ciri, keadaan khusus atau informasi yang melakat pada sebuah buku. Identitas buku merupakan keterangan mengenai buku yang perlu dicantumkan dalam sinopsis. Keterangan buku yang dituliskan dalam sinopsis antara lain: judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman. Beberapa keterangan lain dari sebuah buku juga bisa dimasukkan ke dalam identitas dalam sinopsis, misalnya harga, cetakan, penerjemah (jika buku terjemahan), editor dan ISBN. Berikut penjelasannya:

  1. Judul buku
    Identitas buku yang pertama adalah judul buku, merupakan headline atau kepala karangan yang biasanya terdapat dalam cover bagian depan. Judul memiliki sifat singkat, padat, jelas dan biasanya bersifat menarik agar orak tertarik untuk membaca buku tersebut. Jadi judul buku ini berbeda dengan judul resensi yang kamu buat. Dalam meresensi buku, ada dua judul. Pertama judul resensi artikel kamu, dan judul buku yang diresensi.
  2. Penulis buku
    Macam identitas buku yang kedua adalah nama penulis buku. Jika dilihat secara keseluruhan, dalam satu artikel ada dua penulis. Pertama penulis buku yang diresensi, dan kamu sebagai penulis atau sebagai peresensi. Nah, nama penulis yang dicantumkan di bagian ini adalah nama penulis buku diletakan dibagian atas. Nah, sedangkan nama kamu bisa diletakan di bagian akhir resensi yang kamu tulis.
  3. Penerbit buku
    Jenis identitas buku pada resensi buku yang perlu dicantumkan adalah asal penerbit. Misalnya penerbit yang menerbitkan dari penerbit Deepublish. Maka itulah yang dicantumkan. Bukan berarti peresensi bebas menyantumkan asal penerbit semaunya dong ya.
  4. Tahun terbit
    Tahun terbit ini juga menjadi elemen penting di dalam identitas buku. Kehadiran dan keberadaan tahun terbit inilah yang akan membantu mengidentifikasi. Jadi sebenarnya tahun terbit sebagai identifikasi buku itu sendiri agar mudah dibaca oleh calon pembaca.
  5. Tebal halaman
    Identitas buku yang tidak kalah penting adalah tebal halaman. Nah, fungsi menyantumkan tebal halaman akan memudahkan calon pembaca terkait perkiraan buku tersebut. Misal, ada pembaca buku yang senang dengan buku yang tebal. Sebaliknya ada pembaca yang suka dengan buku yang tipis.
  6. Ukuran buku
    Identitas buku yang keenam adalah ukuran buku. Ukuran buku ini bisa dibagi ke dalam berbagai macam mulai dari A4, A3 dan ukuran umum lainya.
  7. ISBN (Internasional Standard Book Number)
    ISBN merupakan pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Sehingga tidak mungkin sama antara satu buku dengan buku yang lainnya. Ibarat KTP, ISBN ini adalah NIK (Nomor Induk Kependuduk). Nomor ini diterbikan oleh pihak yang berwenang. Di Indonesia misalnya, ISBN dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI sebagai Badan Nasional ISBN. Dan setiap negara memiliki badan-badan tersendiri. Dengan ISBN yang terdiri dari 13 digit ini, kita bisa mengecek sebuah buku melalui ISBN yang kemudian akan muncul beberapa informasi terkait identitas buku seperti judul, penerbit, dan lain sebagainya.

Yang tidak termasuk ke dalam identitas buku pada pilihan jawaban di atas adalah sinopsis. Hal ini dikarenakan sinopsisi merupakan bagian isi dari resensi buku bukan bagian dari identitas buku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved