Roboguru

Berikut yang bukan merupakan alasan munculnya teori atom modern adalah … .

Pertanyaan

Berikut yang bukan merupakan alasan munculnya teori atom modern adalah  .

  1. model atom Niels Bohr belum dapat menjelaskan lintasan elektron untuk atom berelektron banyak 

  2. munculnya teori kuantum Planck yang menjelaskan bahwa cahaya dapat bersifat sebagai partikel  

  3. munculnya konsep ketidakpastian Heisenberg

  4. elektron mengelilingi inti atom pada orbit yang memenuhi energi tertentu 

  5. ditemukannya bukti bahwa di dalam kulit atom terdapat subkulit lagi 

Pembahasan Soal:

Model atom mekanika kuantum muncul setelah model atom Bohr. Kelemahan model atom Bohr adalah model ini hanya dapat menerangkan atom berelektron tunggal seperti atom hidrogen, tetapi terjadi banyak penyimpangan untuk atom-atom berelektron banyak. Berawal dari dualitas partikel-gelombang melalui percobaan oleh Einstein dan de Broglie bahwa cahaya dapat bersifat sebagai partikel dan gelombang. Sehingga posisi elektron dalam atom dipertanyakan, karena seperti sifat gelombang seharusnya menyebar dalam ruangan. Hal ini didukung oleh Heisenberg yang menyatakan bahwa ketidakpastian yang besar akan posisi elektron dalam atom. Semua kebingungan tentang posisi elektron, dimodelkan oleh Scrodinger, menggunakan persamaan, sehingga dimodelkan posisi elektron dalam atom sebagai daerah kemungkinan/probabilitas ditemukannya elektron.  

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Budi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja yang dijadikan dasar teori dan model atom mekanika kuantum?

Pembahasan Soal:

Teori atom mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Salah satunya teori atom mekanika kuantum. Teori mekanika kuantum didasarkan oleh tiga teori yaitu:

  1. Dualisme gelombang yang dikemukakan oleh Louis de Broglie yang menyatakan bahwa elektron tidak hanya memiliki sifat sebagai partikel namun juga seperti gelombang.
  2. Asas ketidakpastian yang dikemukakan oleh Heisenberg yang meyatakan bahwa keduduk elektron tidak dapat diketahui secara pasti namun yang dapat ditentukan hanyalah kebolehjadian atau peluang menemukan elektron pada suatu lintasan.
  3. Persamaan gelombang yang dikemukakan oleh Erwin Schrodinger. Schrodinger berhasil merumuskan persamaan gelombang menjadi sebuah fungsi matematikan membentuk ruang tiga dimensi sebagai kebolehjadian menemukan elektron.

Jadi, teori dan model atom mekanika kuantum didasari oleh teori dualisme elektron, asas ketidakpastian elektron, dan persamaan gelombang elektron.

0

Roboguru

Menurut teori atom mekanika kuantum, volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar menemukan elektron adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah abad ke-20, pemahaman mengenai atom makin terang benderang. Model atom modern yang kita yakini sekarang, telah disempurnakan oleh Erwin Schrodinger pada 1926. Schrodinger menjelaskan partikel tak hanya gelombang, melainkan gelombang probabilitas. Kulit-kulit elektron bukan kedudukan yang pasti dari suatu elektron, namun hanya suatu probabilitas atau kebolehjadian saja. Sebelumnya, Werner Heisenberg juga mengembangkan teori mekanika kuantum dengan prinsip ketidakpastian. Prinsip tersebut kurang lebih berbunyi: "Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan, yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom." Awan elektron di sekitar inti menunjukkan tempat kebolehjadian ditemukannya elektron yang disebut orbital dimana orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau nyaris sama akan membentuk sub-kulit. Kumpulan beberapa sub-kulit akan membentuk kulit. Dengan demikian, kulit terdiri dari beberapa sub-kulit, dan sub-kulit terdiri dari beberapa orbital. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka menurut teori atom mekanika kuantum, volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar menemukan elektron adalah orbital atom.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Model atom modern berkembang untuk menjawab berbagai permasalahan dalam atom hingga muncul bilangan-bilangan kuantum. Mengapa perlu adanya bilangan kuantum tersebut?

Pembahasan Soal:

Dalam mekanika kuantum, terdapat istilah bilangan kuantum, yaitu bilangan yang diperoleh dari penyelesaian matematis persamaan Schrodinger dan digunakan untuk menggambarkan daerah kemungkinan ditemukan elektron dalam atom. Elektron dalam atom dapat berpindah dalam ruang tiga dimensi x, y dan z, karena elektron bersifat gelombang sehingga dapat menyebar dalam ruangan sesuai dualitas gelombang-partikel. Selain itu Heisenberg juga menyatakan bahwa tidak akan akurat menentukan posisi suatu elektron. Oleh sebab itu, dibutuhkan tiga bilangan kuantum untuk menunjukkan ruang, bentuk dan orientasi daerah kemungkinan ditemukannya elektron. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Menurut persamaan gelombang Schrodinger, subkulit p mempunyai ..

Pembahasan Soal:

Setiap subkulit p (I = 1) terdiri atas 3 orbital yang setara. Setiap orbital tersebut dinamai dengan orbital px, py dan pz sesuai dengan orientasinya dalam ruang.

Maka jawaban yang sesuai (C)

0

Roboguru

Teori yang menjadi dasar sehingga terciptanya model atom mekanika kuantum (modern) adalah ….

Pembahasan Soal:

Teori mekanika kuantum didasarkan kepada hipotesis De Broglie yang menyatakan bahwa partikel yang berukuran submikroskopis memiliki sifat dualisme sifat partikel yaitu memiliki sifat materi dan juga sifat gelombang.

Schrödinger mengkolaborasikan hipotesis De Broglie dan prinsip ketidakpastian Heisenberg. Schrödinger berpendapat bahwa elektron bergerak dalam bentuk gelombang sehingga tidak memiliki lokasi yang tepat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved