Roboguru

Berikut yang bukan karya Sultan Agung adalah ...

Pertanyaan

Berikut yang bukan karya Sultan Agung adalah ...

  1. Astabrata

  2. Nitisruti

  3. Babad Mataram

  4. Sastra Gending

  5. Nitisastra

Pembahasan Soal:

Sultan Agung, yang terlahir dengan nama asli Raden Mas Rangsang lahir pada tahun 1593 dan wafat pada tahun 1645, merupakan Sultan dari Mataram Islam keempat yang memerintah pada tahun 1613-1645. 
Pada masa kekuasaanya, Mataram Islam mengalami kejayaan dalam segala aspek, seperti perluasan wilayah di hampir seluruh Jawa, dan berbagai hasil kebudayaan berupa sastra yang merupakan gabungan dengan tradisi Pra Islam. Bahkan, gelar beliau Sultan Agung Hadi Prabu Hanyakrakusuma, berarti Sultan Besar atau Yang Dipertuan Agung, merujuk pada warisannya sebagai Raja Jawa secara politik, pejuang, budayawan dan filsuf peletak pondasi Kejawen. Pengaruhnya yang besar dalam kerangka Budaya Jawa, pada akhirnya mendapatkan gelar Sultan Agung.
Sultan Agung adalah sosok muslim yang taat dan amat menghargai toleransi antar umat beragama. Bahkan, dalam beberapa hasil kebudayaan yang diciptakan oleh Sultan Agung, di antaranya merupakan perpaduan dengan tradisi Pra Islam, seperti kitab-kitab Nitisruti, Nitisastra dan Astabrata yang bersumber dari Kitab Ramayana dan berisi tentang tabiat-tabiat baik.
Selain itu, Sultan Agung juga membuat Serat Sastra Gendhing yang berbentuk tembang macapat dan ditulis menggunakan huruf Jawa, dan berisi tentang panduan agar manusia mengenal penciptanya dan mengerjakan perbuatan baik terhadap sesama manusia.

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perubahan nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta dilakukan oleh....

Pembahasan Soal:

Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tertua di nusantara yang sudah ada sejak abad ke-5 dan merupakan pelabuhan yang berada dibawah kepemilikan Kerajaan Tarumanegara. Namun pada abad ke-12 berpindah tangan menjadi milik Kerajaan Sunda. Sejak Kerajaan Sunda berhasil menguasai pelabuhan ini, Pelabuhan Sunda Kelapa berhasil berkembang menjadi salah satu pelabuhan penting yang ada di pulau Jawa, mengingat lokasinya yang cukup strategis. Dalam perkembangan selanjutnya, tepatnya pada 22 Juni 1527,pasukan gabungan Kesultanan Demak-Cirebon dibawah pimpinan Fatahillah menyerang dan berhasil menguasai Sunda Kelapa dan merubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimana proses berdirinya Kerajaan Mataram?

Pembahasan Soal:

Daerah Mataram pada awalnya merupakan daerah yang dihadiahkan oleh Raja Hadiwijaya sebagai raja Pajang kepada Ki Gede Pemanahan dan Sutawijaya setelah berhasil memenangkan sayembara untuk mengalahkan Arya Penangsang sebagai Raja Demak. Kemudian Mataram menjadi daerah kadipaten di bawah pemerintahan Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Ki Gede Pemanahan, setelah Ki Gede Pamanahan wafat pemerintahan Kadipaten Mataram dilanjutkan oleh Sutawijaya. Di bawah pemerintahan Sutawijaya, Mataram berkembang pesat dan menjadi daerah yang makmur. Setelah berhasil menjadikan Mataram sebagai daerah yang makmur, Sutawijaya merubah Kadipaten Mataram menjadi kerajaan sendiri dengan memisahkan diri dari Kerajaan Pajang.space 

Jadi, awal mula Kerajaan Mataram berdri adalah bermula dari daerah Kadipaten Mataram di Bawah Kerajaan Pajang yang memisahkan diri menjadi Kerajaan Mataram ketika berada di bawah pemerintah Sutawijaya.undefined 

0

Roboguru

Bagaimana proses berdirinya Kerajaan Mataram?

Pembahasan Soal:

Kesultanan Mataram didirikan oleh Panembahan Senapati pada tahun 1586. Pada mulanya kesultanan ini adalah wilayah teritorial Kerajaan Pajang, kemudian menundukan dan menyatukan beberapa wilayah kerajaan sekitarnya. Selanjutnya pada tahun 1586 wilayah Pajang sudah menjadi bagian dari kedaulatan Kesultanan Mataram diikuti penyerahan tahkta Pajang oleh Pangeran Benawa kepada Panembahan Senapati. Perkembangan Mataram begitu besar dan kuat sehingga sebagian besar sejarawan setuju bahwa itu telah didirikan selama beberapa generasi perintis Mataram. Menurut catatan Jawa, raja-raja Mataram adalah keturunan dari Ki Ageng Sela (Sela adalah sebuah desa dekat Demak sekarang). Pada tahun 1570-an, salah satu keturunan Ki Ageng Sela, Kyai Gedhe Pamanahan dianugerahi kekuasaan atas tanah Mataram oleh raja Pajang, Sultan Hadiwijaya, sebagai imbalan atas jasanya mengalahkan Arya Panangsang, musuh Hadiwijaya. Pajang terletak di kota Surakarta saat ini, dan Mataram awalnya adalah vasal dari Pajang. Pamanahan sering disebut sebagai Kyai Gedhe Mataram. Seorang kyai adalah seorang ulama muslim yang berpendidikan tinggi dan cenderung disegani.Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Agung yang sangat benci terhadap Belanda. Sultan Agung pernah melakukan penyerangan terhadap Batavia yang saat itu dikuasai oleh VOC.undefined


Dengan demikian, Mataram adalah sebuah kerajaan Islam yang didirikan oleh Panembahan Senapati pada tahun 1586 yang awalnya adalah vasal dari Pajang.undefined

0

Roboguru

Hubungan antara kerajaan Demak dan Mataram Islam...

Pembahasan Soal:

Setelah kematian Adipati Unus, Istana Demak diwarnai konflik kekuasaan mengenai siapa yg paling pas menjadi penggantinya. Jaka Tingkir menang sayembara untuk menumpas Arya Panangsang. Setelah berhasil melaksanakan tugas tersebut, Jaka Tingkir diangkat menjadi Sultan Demak, namun dia memindahkan ibukota Demak dari pesisir ke pedalaman yaitu ke Pajang, sejak saat itu Demak bisa dikatakan sudah hancur dan digantikan oleh Kerajaan Pajang. Ternyata dalam melakukan tugas penumpasan terhadap Arya Panangsang tersebut, Jaka Tingkir meminta bantuan kepada seseorang bernama Ki Ageng Pamanahan. Pamanahan akan diberi hadiah sebuah wilayah yang bernama Mataram jika misi tersebut sukses. Setelah misi tersebut berhasil, Mataram diberikan kepada Ki Ageng Pamanahan. Mataram akhirnya berkembang dari sekedar kampung menjadi sebuah Kerajaan, pada tahun 1578, Pamanahan membangun Keraton di sana. Setelah Pamanahan wafat pada tahun 1584, dia digantikan oleh putranya yang bernama Panembahan Senopati. Perlu diketahui bahwa Senopati ini merupakan menantu dari raja Pajang yaitu Jaka Tingkir. Ketika Jaka Tingkir wafat pada tahun 1587, Senopati ingin memperluas wilayah Mataram dengan menaklukkan wilayah-wilayah yang sebelumnya menjadi milik Kerajaan Pajang dan Demak.

Dengan demikian, hubungan antara kerajaan Demak dan Mataram Islam adalah bahwa penerus kerajaan Mataram yaitu Panembahan Senopati merupakan menantu dari raja Demak yaitu Jaka Tingkir, yang pernah memindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Pajang.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti bahwa Islam masuk ke Kerajaan Mataram!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan Islam yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya. Pada awalnya, kerajaan Mataram Islam berpusat di Kotagede. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan politik di Jawa, pusat kerajaan Mataram Islam berpindah ke Plered hingga Surakart dan selanjutnya terpecah menjadi 2, yakni Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Sebagai salah satu kerajaan islam yang cukup berpengaruh di Indonesia, Kerajaan Mataram Islam meninnggalkan beberapa jejak sejarah, seperti komplek pemakaman Kotagede, komplek pemakaman Imogiri, hingga Masjid Agung Surakarta.

Dengan demikian, bukti peniggalan kerajaan Mataram Islam adalah komplek pemakaman Kotagede, komplek pemakaman Imogiri, hingga Masjid Agung Surakarta. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved