Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    GROBOGAN, KOMPAS.com - Rangkaian perhelatan Asian Para Games 2018 resmi dimulai dengan pengambilan api obor di sumber api abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/ 2018). 
    Pengambilan api abadi dilakukan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 atau INAPGOC. Perwakilan Keraton Solo, Kanjeng Mas Ayu Arum berkesempatan menyulutkan kayu ke sumber api abadi Mrapen. Nyala api di kayu itu lantas disalurkan ke tinderbox yang telah disediakan. Kanjeng Mas Ayu Arum selanjutnya menyerahkan tinderbox kepada Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Sri Sumarni kemudian memberikan tinderbox itu kepada Sekjen INAPGOC, Bayu Rahardian. Api abadi Mrapen yang menyala di dalam tinderbox itu selanjutnya diboyong ke Solo oleh Bayu Rahardian dengan menumpang kendaraan roda empat diikuti rombongan I NAPGOC. Meski ada sumber api abadi di daerah lain, objek wisata Api Abadi Mrapen dipilih sebagai lokasi pengambilan api obor Asian Para Games 2018 karena menyimpan nilai historis tinggi. 
    Api abadi Mrapen menjadi langganan pengambilan api obor beberapa agenda nasional dan internasional sejak era Presiden Soekarno hingga saat ini. Api abadi Mrapen kali pertama diambil untuk upacara pembukaan Pesta Olahraga Negara-negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (Ganefo) I pada 1 November 1963. Obor PON juga mengambil api abadi Mrapen sejak perhelatan PON XVI pada 23 Agustus 1996. "Mengapa Api diambil di Mrapen? Tentunya ini adalah kesetaraan dengan kegiatan Asian Games 2018 yang juga mengambil api di Mrapen. 
    Api abadi Mrapen adalah contoh semangat yang tak pernah padam. Jadi mulai hari ini adalah tahap akhir persiapan. Asian Para Games 2018 sudah dimulai pawai obor," kata Sekjen INAPG0C, Bayu Rahardian. Setelah diarak di Solo, obor Asian Para Games 2018 akan dibawa ke Ternate. Dari Ternate, obor akan dibawa ke Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan terakhir Jakarta. Asian Para Games 2018 Jakarta akan mempertemukan 42 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee pada 18 cabang olahraga.

Berikut pejabat yang ada dalam berita "Pengambilan Api Abadi Mrapen Awali Kirab Obor Asian Para Games" kecuali….undefined 
 

  1.  Ir. H. Joko Widodoundefined 

  2. Kanjeng Mas Ayu Arumundefined 

  3. Sri Sumarniundefined 

  4. Bayu Rahardianundefined 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan

Pejabat yang tidak ada dalam berita "Pengambilan Api Abadi Mrapen Awali Kirab Obor Asian Para Games" adalah  Ir. H. Joko Wdodo.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?

15

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia