Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab pengangguran ialah ...

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab pengangguran ialah ...

  1. kelebihan penduduk

  2. kurangnya jalinan komunikasi antara si pencari kerja dengan pengusaha

  3. kelebihan lapangan pekerjaan

  4. kurangnya pendidikan untuk pewirausaha

  5. kurangnya sumber daya manusia pencipta lapangan kerja

Pembahasan Soal:

Definisi pengangguran secara teknis adalah semua orang dalam referensi waktu tertentu, yaitu pada usia angkatan kerja yang tidak bekerja, baik dalam arti mendapatkan upah atau bekerja mandiri, kemudian mencari pekerjaan, dalam arti mempunyai kegiatan aktif dalam mencari kerja tersebut. 

Pengangguran dapat terjadi karena beberapa sebab, seperti kelebihan penduduk sehingga persaingan kerja semakin ketat, kurangnya jalinan komunikasi antara si pencari kerja dengan pengusaha, kurangnya pendidikan untuk wirausaha, dan kurangnya sumber daya manusia pencipta lapangan kerja sehingga lapangan kerja sulit tercipta dan para pencari kerja kurang memiliki keterampilan yang dibutuhkan

Jadi, kesimpulannya adalah pengangguran terjadi karena jumlah lapangan kerja tidak sesuai dengan jumlah pencari kerja. Sebaliknya, kelebihan lapangan kerja merupakan suatu keuntungan dalam mengatasi pengangguran.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Terakhir diupdate 18 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial dapat disebabkan oleh empat faktor, antara lain ….

Pembahasan Soal:

Ada begitu banyak masalah sosial di masyarakat, seperti kemiskinan, pengangguran, tawuran pelajar, wabah penyakit, dan lain sebagainya. Masalah-masalah sosial tersebut memiliki karakteristik dan faktor yang berbeda-beda. Seperti kemiskinan yang disebabkan oleh faktor ekonomis, kemudian tawuran pelajar yang disebabkan oleh faktor budaya, dan wabah penyakit yang disebabkan oleh faktor biologis dan psikologis. Oleh karena itu, Soerjono Soekanto mengatakan terdapat empat faktor masalah sosial, yaitu faktor ekonomi, faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor budaya. Maka, jawaban yang benar adalah B.undefined 

0

Roboguru

Kemiskinan dikatakan sebagai masalah sosial karena ....

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah tentang masalah sosial. Masalah sosial adalah suatu keadaan atau kondisi ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Dengan kata lain, masalah sosial adalah kondisi yang tidak diharapkan. Berbagai macam masalah sosial, yaitu kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, dan ketidakadilan.

Kemiskinan menjadi masalah sosial karena ketika kemiskinan mulai mewabah atau bertambah maka angka kriminalitas akan semakin banyak, sehingga  kemiskinan menjadi  pangkal penyebab masalah sosial dan ekonomi. Jika suatu masyarakat banyak mengalami masalah sosial ini maka pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat menjadi ikut terhambat, dan masyarakat menjadi tidak berkembang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah mengganggu perkembangan masyarakatspace space(D)space space

0

Roboguru

Terbatasnya lapangan kerja sementara jumlah pencari kerja semakin banyak menyebabkan masalah pengangguran. Masalah sosial ini terjadi karena faktor ....

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas masalah sosial.

Soal menanyakan faktor penyebab terjadinya masalah sosial. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya masalah sosial adalah karena terbatasnya lapangan pekerjaan, hal tersebut termasuk faktor ekonomi yang menyebabkan masalah sosial terjadi. Seperti : kemiskinan, pengangguran, dan kriminalitas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  space space space 

0

Roboguru

Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah sosial, karena ....

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat biasanya terjadi karena angka kelahiran sangat tinggi, sedangkan angka kematian mengalami penurunan yang drastis, hal tersebut menjadi masalah sosial yang harus segera diatasi. Dampak dari pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat yaitu:

  1. Tingkat kemiskinan semakin meningkat karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak diimbangi oleh pertumbuhan ekonomi.
  2. Kekurangan pangan, sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan untuk memproduksi pangan. 
  3. Timbulnya permukiman atau daerah kumuh di perkotaan sebagai akibat mahalnya harga tanah dan rumah.
  4. Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan karena lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar. 
  5. Meningkatnya kebutuhan ruang dan lingkungan hidup.
  6. Tidak seimbangnya kebutuhan akan lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan penduduk yang jika dibiarkan lebih lanjut akan menyebabkan masalah sosial lainnya, seperti kemiskinan dan konflik antar penduduk. space space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Ratna tiba-tiba tidak mau lagi berangkat sekolah. Hal itu membuat orang tuanya menjadi khawatir. Orang tua Ratna pun menyelidiki penyebab anaknya tidak mau lagi berangkat ke sekolah. Setelah diselidik...

Pembahasan Soal:

Gejala sosial bersifat psikologis adalah adanya penyebab masalah sosial yang berdampak terhadap psikologis seorang individu atau anggota masyarakat. Dalam soal, ketika Ratna tidak ingin sekolah lagi, karena menjadi korban perundungan adalah contoh gejala sosial yang bersifat psikologis.

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved