Roboguru

Berikut ini tidak termasuk penyebab konflik adalah...

Pertanyaan

Berikut ini tidak termasuk penyebab konflik adalah...

  1. perbedaan kebudayaan

  2. adanya kesenjangan sosial

  3. adanya perbedaan yang tajam

  4. perubahan sosial yang terlalu cepat

  5. terjadi benturan-benturan kepentingan

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, sebab-sebab terjadinya konflik, antara lain sebagai berikut (Novi Susan, 2010).

1. Perbedaan antara orang perorangan, misalnya karena perbedaan pendirian dan perasaan sehingga dapat menyebabkan bentrokan antara orang perorangan.

2. Perbedaan kebudayaan karena kepribadian seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakatnya sehingga sadar atau tidak sadar, sedikit atau banyak memengaruhi pola pikir dan pola pendiriannya yang kemudian dapat menyebabkan pertentangan antarkelompok manusia.

3. Bentrokan kepentingan, baik kepentingan antara orang per orang, antara kelompok dan kelompok, maupun antara orang dan kelompok, misalnya perbedaan kepentingan buruh dan majikan dapat menimbulkan konflik di antara mereka.

4. Perubahan sosial yang cepat untuk sementara waktu mengubah nilainilai dalam masyarakat. Hal ini dapat menimbulkan konflik antara golongan-golongan yang berbeda pendapat mengenai pembentukan kembali sistem nilai yang akan dipakai selanjutnya.

Selain keempat penyebab tersebut, konflik sosial juga dapat disebabkan karena adanya kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan kondisi sosial yang terjadi akibat adanya ketidaksamaan peluang atau kesempatan dalam masyarakat. Kondisi tersebut seringkali memicu kecemburuan sosial sehingga berujung pada konflik sosial. Oleh karena itu, opsi pilihan C kurang tepat karena tidak ada konteks yang jelas dari perbedaan yang tajam. Sebab, tidak selalu perbedaan yang tajam dapat menyebabkan konflik secara langsung. Misalnya, perbedaan warna kulit, agama, ataupun kekayaan tidak selalu menghasilkan konflik ketika tidak ada diskriminasi ataupun kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses di mana satu pihak bertentangan dengan pihak lain,sehingga saling berusaha menyingkirkan atau membuat orang lain tidak berdaya disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Secara sosiologis, konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Faktor penyebab konflik sosial yaitu perbedaan individual, perbedaan kebudayaan, perbedaan kepentingan dan perubahan sosial yang terlalu cepat.undefined

0

Roboguru

Yang bukan merupakan faktor penyebab konflik adalah ...

Pembahasan Soal:

Faktor penyebab konflik memiliki beberapa hal, di antaranya;

Perubahan sosial

Perbedaan kepentingan

Perbedaan kebudayaan

Perbedaan pendapat antar individu

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.space 

1

Roboguru

Berikut yang merupakan faktor penyebab konflik adalah ….

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto faktor penyebab konflik adalah :

1. Perbedaan perasaan dan pemikiran antar individu

2.Perbedaan kebudayaan yang akan memunculkan perbedaan kepribadiaan dan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam budaya tersebut

3. Perbedaan kepentingan di bidang ekonomi, politik dan lainnya

4. Perubahan sosial yang mengubah nilai-nilai yang ada di masyarakat sehingga memunculkan golongan yang memiliki pendirian berbeda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Aspace space

1

Roboguru

Sebutkan sebab-sebab terjadinya konflik!

Pembahasan Soal:

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial antara lain:

  1. Faktor Perbedaan Pendirian dan Keyakinan, seperti perbedaan pendirian dalam parpol, perbedaan keyakinan dalam beragama dan perbedaan pandangan dalam menyikapi sebuah persoalan dapat memicu sebuah konflik.
     
  2. Faktor Perbedaan Kebudayaan, nilai dan norma sosial yang terkandung dalam kebudayaan membentuk pola-pola kepribadian dan pola-pola perilaku yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat menyebabkan munculnya konflik sosial.
     
  3. Faktor Perbedaan Kepentingan, perbedaan kepentingan dapat membuat pihak-pihak yang bersangkutan saling bersaing seperti untuk memperebutkan kekuasaan, sumber daya, kesempatan dsb yang dapat memicu konflik sosial.
     
  4. Faktor Perubahan Sosial, situasi masyarakat yang sedang berubah membuat norma dan nilai sosial goyah sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan konflik.undefined 

0

Roboguru

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pemicu munculnya konflik adalah...

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu munculnya konflik:

  1. Perbedaan pendirian, dan keyakinan. Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. 
  2. Perbedaan kebudayaan. Konflik yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara.
  3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan ini menyangkut kepentingan ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Contoh konflik yang biasanya disebabkan oleh perbedaan kepentingan misalnya pemutusan hubungan kerja di pabrik. Pengusaha pabrik memiliki kepentingan agar usahanya terus berproduksi dan menghasilkan laba, satu cara yang diambil adalah mengurangi karyawan.
  4. Faktor Perubahan sosial. Perubahan posisi seseorang atau kelompok dalam masyarakat juga menyebabkan konflik. Perubahan sosial menurun, dimana seseorang mengalami penurunan posisi status posisi ke yang lebih rendah derajatnya dapat berpotensi menimbukan konflik sosial.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat ialah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved