Roboguru

Berikut ini bukan merupakan faktor geografis yang menentukan persebaran desa adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini bukan merupakan faktor geografis yang menentukan persebaran desa adalah ....space 

  1. jenis tanahspace 

  2. iklimspace 

  3. ketersediaan airspace 

  4. topografispace 

  5. jumlah penduduk

Pembahasan Soal:

Faktor geografis yang menentukan persebaran desa adalah sebagai berikut:

  1. jenis tanah, jenis tanah mempengaruhi kesuburan tanah. penduduk cenderung tersebar mengikuti tingkat kesuburan tanah, wilayah dengan kesuburan tanah yang tinggi maka bayak jumlah penduduknya.
  2. iklim, iklim mempengaruhi persebaran desa karena wilayah yang memiliki iklim ekstrem maka persebaran desanya jarang/ terisolasi.
  3. ketersediaan air, air adalah elemen utama yang dibutuhkan manusia, maka penduduk desa pasti mengiuti ketersediaan air dalam pola penyebarannya contohnya pola desa linear mengikuti sungai.
  4. topografi, daerah dengan topografi teradi maka pola persebaran jarang, sedangkan daerah datar pola persebaran menyebar ke segala arah.

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang benar adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 01 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan tiga macam pola persebaran desa berikut ini! a. Pola desa dataran rendah

Pembahasan Soal:

Pola desa dataran rendah, struktur desa pada daerah dataran rendah umumnya memanjang sejajar dengan jalan raya. Apabila wilayah pemukiman tersebut berkembang secara alami (tanpa direncanakan) maka tanah pertanian di luar desa yang ada di sepanjang jalan akan menjadi permukiman baru. Namun biasanya [ada dataran rendah permukiman menyebar karena mudahnya akses mobilitas.

0

Roboguru

Kelompok-kelompok pemukiman penduduk didaerah pegunungan terpencar karena mereka berusaha dekat dengan ...

Pembahasan Soal:

Pola permukiman di daerah pegunungan biasanya berbentuk pola konsentris (memusat), biasanya mengelompok membentuk unit-unit kecil. Hal ini dilakukan agar penduduk dekat dengan sumber air sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan air.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pola keruangan permukiman desa di Pulau Kalimantan adalah ...

Pembahasan Soal:

Struktur ruang desa ditunjukkan oleh pola keruangan desa, yaitu pemanfaatan laban desa untuk berbagai keperluan penduduk. Pola keruangan atau permukiman desa diklasifikasikan menjadi tiga pola, yaitu:

  1. Pola Permukiman Menyebar. Pola ini biasanya terdapat di dataran rendah dengan topografi datar.
  2. Pola Permukiman Memanjang. Pola ini memanjang mengikuti jalur sungai, jalan, dan pantai. Pola permukiman di Kalimantan merupakan pola memanjang mengikuti tepi sungai seperti permukiman di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
  3. Pola Permukiman Mengelompok atau Terpusat. Pola ini terpisat di simpangan jalan, mata air, atau muara sungai. Pola ini biasanya dapat ditemukan di daerah pegunungan.

Dari penjelasan tersebut, maka pola permukiman di Provinsi Kalimantan adalah pola permukiman memanjang mengikuti sungai. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Permukiman di desa X berada di sekitar aliran sungai. Sementara itu, permukiman di desa Y berpola mengelompok di sebuah kawasan dekat dengan mata air pegunungan. Kondisi tersebut menunjukkan ...

Pembahasan Soal:

Pola permukiman desa terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu pola permukiman menyebar, pola permukiman memanjang, dan pola permukiman mengelompok. Ilustrasi pada soal di atas merupakan pola permukiman mengelompok. Titik pola permukiman mengelompok mendekati persimpangan jalan, sumber air, dan muara sungai. Dengan demikian, kondisi permukiman pada soal menunjukkan  sumber air memengaruhi pola permukiman.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Desa Anggrek terletak di dataran tinggi dengan jumlah penduduk 712 jiwa dan kepadatan penduduk rendah. Desa Meranti terletak di dataran rendah dengan jumlah penduduk 2.119 jiwa dengan tingkat kepadata...

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang sesuai wacana tersebut adalah struktur ruang desa dipengaruhi oleh topografi. Hal ini menunjukkan dataran rendah memiliki jumlah penduduk yang banyak dengan kepadatan yang tinggi karena penduduk memiliki kecenderungan untuk tinggal mendekati pusat-pusat ekonomi yang letaknya ada di dataran rendah. Penduduk banyak mendirikan bangunan di tanah yang relatif datar dengan tekanan udara yang tinggi sehingga memiliki suhu yang relatif stabil/ hangat. Hal ini berbanding terbalik dengan dengan dataran tinggi yang memiliki suru relatif dingin, dengan tekanan yang rendah serta relief yang curam.


Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved