Roboguru

Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, KECUALI ....

Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, KECUALI ....

  1. Clostridium botulinum - penghasil toksin 

  2. Lactobacillus bulgaricus - sebagai probiotik 

  3. Streptomyces coelicolor - penghasil antibiotik

  4. Candida albicans - penyebab keputihan pada wanita 

  5. Pseudomonas aeruginosa - pendegradasi limbah organik 

Jawaban:

 

Organisme prokariotik merupakan organisme yang tidak memiliki membran inti, organisme prokariotik contohnya organisme yang termasuk ke dalam kingdom monera (bakteri). Semua yang ada pada soal termasuk ke dalam kingdom monera kecuali Candida albicans yang termasuk ke dalam kingdom fungi dan termasuk ke dalam eukariotik atau memiliki membran inti sel.

- Candida albicans adalah spesies jamur yang bersifat patogen dan termasuk ke dalam kelompok Ascomycota. Spesies cendawan ini merupakan penyebab penyakit kandidiasis pada kulit, mukosa, dan organ dalam manusia. Gejala kandidiasis yang muncul akan berbeda-beda tergantung lokasinya. Gejala yang sering muncul adalah ruam pada kulit. Ruam yang muncul akibat kandidiasis dapat menyebabkan kulit gatal, pecah-pecah, dan kering. Kandidiasis pada area kewanitaan bisa menyebabkan keputihan.

- Clostridium botulinum merupakan bakteri yang menimbulkan kondisi keracunan serius yang disebut Botulisme. Kondisi ini cukup langka, tapi racun yang dihasilkan oleh bakteri ini dikenal sebagai salah satu racun yang paling berbahaya dan mematikan. Racun yang dihasilkan bakteri ini menyerang sistem saraf, seperti otak, tulang belakang, saraf lainnya, dan menyebabkan kelumpuhan otot.

- Lactobacillus bulgaricus merupakan bakteri asam laktat dan banyak digunakan untuk pembuatan yoghurt sebagai probiotik untuk kesehatan.

- Streptomyces coelicolor merupakan bakteri sumber utama antibiotik alami yang banyak digunakan saat ini, di antaranya adalah antibiotik streptomycin.

- Pseudomonas aeruginosa merupakan bakteri penyebab utama infeksi pneumonia (paru-paru basah). Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pendegradasi limbah organik.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved