Roboguru

Berikut ini adalah bank dan lembaga keuangan: (1) Bank Central Asia, (2) Asuransi Prudential, (3) Bank Rakyat Indonesia, (4) Adira Finance, (5) PT. Pegadaian. Yang merupakan Lembaga Keuangan Non-Bank adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini adalah bank dan lembaga keuangan: (1) Bank Central Asia, (2) Asuransi Prudential, (3) Bank Rakyat Indonesia, (4) Adira Finance, (5) PT. Pegadaian. Yang merupakan Lembaga Keuangan Non-Bank adalah .... undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berikut lembaga keuangan bukan bank yang sering dijumpai di Indonesia:

  1. Pegadaian.
    Pegadaian merupakan perusahaan umum milik pemerintah (BUMN) yang memberikan pinjaman dengan jaminan dan tanpa jaminan non-bank yang diakui oleh negara melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 
  2. Koperasi Simpan Pinjam.
    Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan bukan bank berbentuk koperasi yang menghimpun dana dari para anggotanya kemudian menyalurkannya kembali kepada anggota serta non-anggota. 
  3. Perusahaan Modal Ventura.
    Perusahaan Modal Ventura merupakan perusahaan yang berperan untuk memberikan modal (mulai dari obligasi hingga pinjaman yang bersifat khusus sesuai dengan syarat yang disepakati) kepada perusahaan lain yang memiliki kegiatan beresiko tinggi tetapi membutuhkan modal besar untuk membangunnya dan memiliki prospek bisnis yang baik. 
  4. Perusahaan Sewa Guna (Leasing) atau Multifinance.
    Perusahaan sewa guna yang sering disebut dengan leasing merupakan lembaga keuangan bukan bank yang memiliki sistem kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran, baik itu kepada perorangan maupun perusahaan. 
  5. Dana Pensiun.
    Perusahaan dana pensiun merupakan jenis badan usaha yang memiliki kegiatan menyediakan dana pensiun atau jaminan masa tua dengan cara mengumpulkan dana melalui pemotongan gaji pegawai setiap bulannya ketika seseorang masih aktif bekerja.
  6. Pasar Modal (Bursa Efek).
    Pasar modal merupakan lembaga keuangan bukan bank yang menjadi tempat jual beli surat-surat berharga jangka panjang. Pasar modal akan mempertemukan para pencari dana (emiten) dan para penanam modal (investor). 
  7. Perusahaan Asuransi.
    Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk mengamankan keuangan pribadi ketika terjadi suatu resiko. Perusahaan asuransi akan menghimpun dana melalui penarikan premi atau sejumlah dana setiap bulannya selama jangka waktu tertentu (masa kontrak) sesuai dengan perjanjian yang ada dan ketika terjadi suatu resiko, maka pemiliknya akan mendapat ganti rugi (klaim) dana yang jumlahnya berbeda-beda tergantung dari besaran premi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang merupakan lembaga keuangan non bank adalah (2), (4), (5)  undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pak Rendi jarang memegang uang tunai, sehingga ketia ia membeli sesuatu selalu menggunakan sebuah kartu yang nantinya Pak Rendi harus membayar sesuai dengan tagihan yang ada, jasa yang Pak Rendi gunak...

0

Roboguru

Perhatikan hal berikut!   Perusahaan pembiayaan Perusahaan modal ventura Perusahaan pembiayaan infrastruktur Perusahaan pembelian Perusahaan penjualan Yang termasuk jenis lembaga pembiayaan ...

0

Roboguru

Salah satu jenis kegiatan lembaga pembiayaan adalah Sewa guna, artinya ....

0

Roboguru

Sebutkan unsur-unsur pada lembaga pembiayaan ....

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 4 produk lembaga pembiayaan !

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved