Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beri nama senyawa berikut sesuai aturan IUPAC! CH 3 ​ CH ( CH 3 ​ ) CCCH 2 ​ CH 3 ​

Beri nama senyawa berikut sesuai aturan IUPAC!


Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama senyawa tersebut sesuai aturan IUPAC 2-metil-3-heksuna.

nama senyawa tersebut sesuai aturan IUPAC 2-metil-3-heksuna.

Iklan

Pembahasan

Senyawa hidrokarbon dapat dibedakan berdasarkan jenis ikatannya menjadi senyawa hidrokarbon ikatan jenuh dan tak jenuh. Alkana tergolong dalam senyawa hidrokarbon ikatan jenuh sedangkan alkena dan alkuna tergolong dalam senyawa hidrokarbon ikatan tak jenuh. Dalam menuliskan nama senyawa hidrokarbon berdasarkan IUPAC harus mengikuti tata cara yang benar. Tata nama IUPAC untuk senyawa hidrokarbon adalah: Menentukan rantai terpanjang, jika terdapat ikatan rangkap maka pada rantai terpanjang harus memiliki ikatan rangkap tersebut Sistem penomoran dimulai dari atom karbon yang terdekat dengan cabang atau paling dekat dengan rantai rangkap (pada alkena dan alkuna). Nama rantai induk ditulis dengan menyebutkan nomor letak ikatan rangkap diikuti dengan nama hidrokarbon berdasarkan jumlah atom C yang terdapat pada rantai induk. Nama cabang ditulis dengan menyebutkan nomor letak cabang diikuti dengan jumlah dan nama cabang. Penulisan cabang diurutkan berdasarkan abjad. Penulisan angka dengan angka dibatasi dengan tanda koma (,) dan penulisan angka dan huruf dibatasi dengan tanda (-). Pada soal terdapat senyawa CH 3 ​ CH ( CH 3 ​ ) CCCH 2 ​ CH 3 ​ , untuk mengetahui ada tidaknya ikatan rangkap maka perlu menggambarkan rumus strukturnya: Berdasarkan rumus struktur senyawa tersebut, maka rantai induk dan penomorannya adalah: Pada gambar tersebut terdapat ikatan rangkap tiga pada atom C nomor 3 dan pada rantai induk terdapat 6 atom C, sehingga nama rantai induknya 3-heksuna. Selain itu terdapat cabang metil pada atom C nomor 2. Jadi, nama senyawa tersebut sesuai aturan IUPAC 2-metil-3-heksuna.

Senyawa hidrokarbon dapat dibedakan berdasarkan jenis ikatannya menjadi senyawa hidrokarbon ikatan jenuh dan tak jenuh. Alkana tergolong dalam senyawa hidrokarbon ikatan jenuh sedangkan alkena dan alkuna tergolong dalam senyawa hidrokarbon ikatan tak jenuh. Dalam menuliskan nama senyawa hidrokarbon berdasarkan IUPAC harus mengikuti tata cara yang benar. Tata nama IUPAC untuk senyawa hidrokarbon adalah:

  1. Menentukan rantai terpanjang, jika terdapat ikatan rangkap maka pada rantai terpanjang harus memiliki ikatan rangkap tersebut
  2. Sistem penomoran dimulai dari atom karbon yang terdekat dengan cabang atau paling dekat dengan rantai rangkap (pada alkena dan alkuna).
  3. Nama rantai induk ditulis dengan menyebutkan nomor letak ikatan rangkap diikuti dengan nama hidrokarbon berdasarkan jumlah atom C yang terdapat pada rantai induk.
  4. Nama cabang ditulis dengan menyebutkan nomor letak cabang diikuti dengan jumlah dan nama cabang. Penulisan cabang diurutkan berdasarkan abjad.
  5. Penulisan angka dengan angka dibatasi dengan tanda koma (,) dan penulisan angka dan huruf dibatasi dengan tanda (-).

Pada soal terdapat senyawa , untuk mengetahui ada tidaknya ikatan rangkap maka perlu menggambarkan rumus strukturnya:



Berdasarkan rumus struktur senyawa tersebut, maka rantai induk dan penomorannya adalah:



Pada gambar tersebut terdapat ikatan rangkap tiga pada atom C nomor 3 dan pada rantai induk terdapat 6 atom C, sehingga nama rantai induknya 3-heksuna. Selain itu terdapat cabang metil pada atom C nomor 2.

Jadi, nama senyawa tersebut sesuai aturan IUPAC 2-metil-3-heksuna.

Latihan Bab

Hidrokarbon dalam Kehidupan

Kekhasan Atom Karbon

Reaksi Senyawa Hidrokarbon

Alkana

2rb+

Abdan Ikhsanul Fadhil

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan struktur senyawa berikut. Nama senyawa tersebut adalah ...

237

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia