Roboguru

Berdasarkan tabel diatas yang menunjukkan perbedaan antara kekerasan dan konflik yang benar adalah....

Pertanyaan

Berdasarkan tabel diatas yang menunjukkan perbedaan antara kekerasan dan konflik yang benar adalah....undefined 

  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (3)

  3. (1) dan (4)

  4. (2) dan (3)

  5. (3) dan (4)

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dalam proses disosiatif untuk mendapatkan apa yang dinginkan secara bersama atau secara individu. Namun, konflik akan disertai dengan jalan memberikan perlawanan pada pihak lain yang disertai kekerasan dan ancaman. 

Menurut dampak yang ditimbulkan, ada dua jenis konflik, yaitu :

▪︎Konflik Fungsional yang menghasilkan keuntungan jika dapat diarahkan dan dikontrol. Contoh : persaingan sehat antar karyawan untuk mendapat reward dari perusahaan.

▪︎Konflik Disfungsional yang tidak akan menguntungkan dalam bentuk apapun. Contoh : tawuran antar sekolah hanya karena kalah dalam pertandingan olahraga tertentu.

Menurut sudut pandang sosiologis melihat bahwa kekerasan merupakan perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau hilangnya nyawa seseorang atau dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain yang terjadi saat individu atau kelompok melakukan interaksi sosial, menimbulkan konflik karena gesekan, lalu mengabaikan norma dan nilai sosial yang berlaku sehingga menimbulkan tindakan - tindakan tidak rasional yang merugikan pihak lain guna menguntungkan diri sendiri.

Perbedaan antara konflik dan kekerasan  terletak pada wujud serta pemberlakuan norma dan nilainya, yaitu kekerasan merupakan bentuk konflik secara fisik yang mengabaikan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved