Roboguru

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dibedakan menjadi dua, yaitu bakteri autotrof dan bakteri heterotrof. Jelaskan perbedaan kedua jenis bakteri tersebut!

Pertanyaan

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dibedakan menjadi dua, yaitu bakteri autotrof dan bakteri heterotrof. Jelaskan perbedaan kedua jenis bakteri tersebut!space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Bakteri merupakan organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti) yang berukuran kecil dan bersifat mikroskopis. Secara umum, bakteri tersusun atas dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, dan bahan inti. Berdasarkan cara mendapatkan makanannya, bakteri dapat dibedakan menjadi bakteri autotrof dan bakteri heterotrof.space 

  1. Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari senyawa anorganik. Bakteri autotrof terdiri dari bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. Bakteri fotoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi cahaya, sedangkan bakteri kemoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi kimia. Contoh bakteri fotoautotrof yaitu Chlorobium dan contoh bakteri kemoautotrof yaitu Nitrobacter yang dapat mengoksidasi nitrit.
  2. Bakteri heterotrof adalah bakteri yang memperoleh makanannya dari organisme lain. Bakteri heterotrof terdiri dari bakteri saprofit dan parasit. Bakteri saprofit memperoleh makanan dengan menguraikan sisa-sisa bahan organik menjadi bahan anorganik, sedangkan bakteri parasit memperoleh makanan dari organisme hidupspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan klasifikasi Eubacteria berdasarkan cara mendapatkan makanannya!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan cara mendapatkan makanannya bakteri dikelompokan menjadi 2 :

  1. Bakteri Autotrof (bakteri yang memperoleh makanan dengan cara mengubah bahan anorganik menjadi organik. Berdasarkan sumber nutrisinya bakteri autotrof terbagi menjadi dua yaitu bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. 

    Bakteri fotoautotrof
    Bakteri yang menfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi dalam mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. 
    Contoh : Bakteri hijau (memiliki pigmen bakterioviridin atau bakterioklorofil), dan bakteri ungu (memiliki pigmen yang disebut bakteriopurpurin)

    Bakteri kemoautotrof
    Bakteri yang memperoleh energi dengan cara mengoksidasi senyawa-senyawa kimia anorganik. 
    Contoh : bakteri Nitrosomonas (mengoksidasi senyawa amonia menjadi nitrit), bakteri Nitrobacter (mengoksidasi ion nitrit menjadi nitrat), bakteri sulfur (Thiobacillus) mengoksidasi hidrogen sulfida dan senyawa sulfur lain menjadi sufat.

  2. Bakteri Heterotrof
    bakteri yang memperoleh energi dari bahan organik yang berada disekitarnya. Bakteri heterotrof terbagi menjadi dua yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit.

    Bakteri saprofit
    bakteri yang memperoleh makanan dengan cara merombak bahan organik yang berupa sisa-sisa organisme atau organisme lain menjadi bahan anorganik melalui fermentasi. Biasa bakteri saprofit merupakan satu satu organisme pengurai (dekomposer) sehingga bersifat apatogen (tidak menimbulkan penyakit).
    Contoh : Escherichia coli, dan Clostridium sporangeus

    Bakteri Parasit
    merupakan bakteri yang memperoleh makanan dari inangnya. Biasa hidupnya dalam tubuh organisme lain (inang). Bersifat patogen (dapat menimbulkan penyakit).
    Contoh : Mycobacterium tuberculosis (mengakibatkan penyakit TBC)

0

Roboguru

Organisme-organisme berikut ini yang tidak termasuk dalam kingdom Eubacteria adalah ....

Pembahasan Soal:

Kingdom Eubacteria merupakan kelompok bakteri yang memiliki ciri umum yaitu merupakan organime prokariotik (tidak memiliki membran inti), merupakan organisme uniseluler. Eubacteria ada yang berisifat autotrof atau heterotrof yang memperoleh nutrisi dari berbagai sumber, hidup secara kosmopolit dan ada pula yang dapat bersimbiosis dengan makhluk hidup lain, Eubacteria dapat melakukan endospora ketika mengalami kondisi yang tidak menguntungkan. Dinding sel eubacteria tersusun atas peptidoglikan. Contoh organisme yang termasuk dalam kingdom Eubacteria adalah Rhizobium, Agrobacterium, Bacillus, dan Anabaena. Sedangkan, Fusarium merupakan organsime yang masuk ke dalam kingdom Fungi (jamur).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Bakteri merupakan organisme heterotrof sehingga tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. a. Jelaskan secara singkat cara bakteri memperoleh makanan!

Pembahasan Soal:

Cara memperoleh makanan pada bakteri terdiri dari 2 cara, yaitu secara autotrof dan heterotrof. Sebagian besar bakteri memperoleh makanan secara heterotrof dengan cara mengambil makanan (zat organik) dari organisme lain. Hal ini dikarenakan umumnya bakteri tidak memiliki organel yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik sebagai sumber makanannya. Beberapa kelompok bakteri dapat memperoleh makanan dengan cara autototrof yaitu dengan mengubah zat anorganik menjadi zat organik (nutrisi). Metode pembentukan nutrisi secara autotrof pada bakteri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kemoautotrof dan fotoautotrof. Bakteri kemoautotrof membuat makanan dengan memanfaatkan energi dari senyawa kimia yang ada di habitatnya untuk membentuk makanannya, sedangkan fotoautotrof memerlukan energi dari cahaya matahari untuk membentuk makanannya.

Dengan demikian, cara memperoleh makanan (nutrisi) bakteri terdiri dari 2 cara, yaitu heterotrof dan autotrof.space  

0

Roboguru

Bakteri berdasarkan cara mendapatkan makanannya dibedakan menjadi .... dan ....

Pembahasan Soal:

Bakteri merupakan organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti) yang berukuran kecil dan bersifat mikroskopis. Secara umum, bakteri tersusun atas dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, dan bahan inti. Berdasarkan cara mendapatkan makanannya, bakteri dapat dibedakan menjadi bakteri autotrof dan bakteri heterotrof.

  1. Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari senyawa anorganik. Bakteri autotrof terdiri dari bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. Bakteri fotoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi cahaya, sedangkan bakteri kemoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi kimia. Contoh bakteri fotoautotrof yaitu Chlorobium dan contoh bakteri kemoautotrof yaitu Nitrobacter yang dapat mengoksidasi nitrit.
  2. Bakteri heterotrof adalah bakteri yang memperoleh makanannya dari organisme lain. Bakteri heterotrof terdiri dari bakteri saprofit dan parasit. Bakteri saprofit memperoleh makanan dengan menguraikan sisa-sisa bahan organik menjadi bahan anorganik, sedangkan bakteri parasit memperoleh makanan dari organisme hidup.undefined 

0

Roboguru

Berdasarkan cara memperoleh makanan, bakteri dikelompokkan menjadi ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan cara memperoleh nutrisinya, bakteri dikelompokkan menjadi 2 kelompok yakni bakteri autotrof serta bakteri heterotrof. Bakteri autotrof merupakan kelompok bakteri yang anggotanya dapat menghasilkan makanan sendiri. Sedangkan bakteri heterotrof adalah bakteri yang tidak dapat membuat atau menghasilkan makanannya sendiri. Oleh karena itu agar memperoleh makanan, sel bakteri yang tergolong ke dalam bakteri heterotrof mendapatkan makanan dengan mengambil nutrisi makanan dari inang maupun menguraikan sisa makhluk hidup yang mati.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved