Roboguru

Beberapa menteri menolak bergabung dalam Kabinet Pembangunan VII hasil reshuffle. Penolakan tersebut disampaikan oleh....

Pertanyaan

Beberapa menteri menolak bergabung dalam Kabinet Pembangunan VII hasil reshuffle. Penolakan tersebut disampaikan oleh....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Krisis politik pada masa Orde Baru ditandai dengan penolakan 14 menteri pada Kabinet Pembangunan VII yang akan direshuffle. Empat belas menteri tersebut menyatakan secara bersama-sama untuk menolak bergabung dengan Kabinet Pembangunan. Penolakan massal ini diinisiasi Menko Ekuin Ginandjar Kartasasmita. Mereka mengadakan pertemuan di gedung Bappenas dan menandatangani surat pernyataan yang dikenal dengan nama ‘Deklarasi Bappenas’. Dengan demikian, jawabannya adalah Ginandjar Kartasasmita.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa Soeharto mengundurkan diri?

Pembahasan Soal:

Faktor yang menjadi penyebab jatuhnya pemerintahan Orde Baru dikarenakan krisis poitik, krisis ekonomi dan krisis sosial. Guna menanggulangi krisis moneter dan mengurangi beban anggaran negara, pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Tindakan ini mengakibatkan kenaikan harga barang-barang lainnya. Akibatnya, munculah aksi protes di mana-mana, baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun oleh masyarakat. Aksi mahasiswa dan masyarakat ini kemudian berubah menjadi aksi yang menuntut perubahan fundamental dalam pemerintahan negara. Sejak saat itulah muncul gerakan reformasi. Kalangan mahasiswa berperan sebagai ujung tombak gerakan reformasi. Tanpa kenal takut, mereka menggelar berbagai demonstrasi dengan resiko menghadapi tindakan kekerasan dari aparat keamanan. Keberanian itu dibuktikan dari gugurnya empat mahasiswa Universitas Trisakti dalam demonstrasi  pada tanggal 12 Mei 1998. Peristiwa tersebut disusul dengan kerusuhan massa yang memporak-porandakan Jakarta pada tanggal 13-14 Mei 1998 dan di Solo pada tanggal 14-15 Mei 1998.
Melihat situasi yang tidak menentu di tanah air, Presiden Soeharto mempersingkat kunjngannya di Kairo, Mesir. Sementara itu, gerakan reformasi semakin meningkat. Sejak tanggal 19 Mei 1998, ribuan mahasiswa  dari puluhan perguruan tinggi menduduki Gedung MPR/DPR. Mereka menuntut agar Soeharto mundur dari kursi kepresidenan. Menghadapi tuntutan tersebut Preside Soeharto mengadakan pertemuan dengan sembilan tokoh masyarakat dan menyatakan akan merombak Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Namun, tuntutan pengunduran diri Soeharto tetap tidak surut. Namun, ketidaksediaan sejumlah tokoh menjadi anggota kabinet Reformasi mengakibatkan pembentukan kabinet ini mengalami kegagalan. Akhirnya, pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden dan menyerahkan jabatannya kepada Wakil Presiden, B. J. Habibie.

Dengan demikian, mundurnya Soeharto karena ditinggalkan oleh para loyalisnya. serta kegagalan dalam pembentukan Kabinet Reformasi.
 

0

Roboguru

Gerakan Reformasi akhirnya berhasil mendesak Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Republik Indonesia. Pengunduran dirinya dilakukan pada. . . .

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa.

0

Roboguru

Buatlah peta konsep masa akhir Orde Baru.

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, peta konsep akhir pemerintahan Orde Baru.

0

Roboguru

Hasil dari Peristiwa Reformasi ...

Pembahasan Soal:

Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia. Gerakan ini pada awalnya hanya berupa demonstrasi di kampus-kampus besar. Namun mahasiswa akhirnya harus turun ke jalan karena aspirasi mereka tidak mendapatkan respon dari pemerintah. Gerakan Reformasi tahun 1998 mempunyai enam agenda yaitu:

  1. Suksesi kepemimpinan nasional
  2. Amendemen UUD 1945
  3. Pemberantasan KKN
  4. Penghapusan dwifungsi ABRI
  5. Penegakan supremasi hukum,
  6. Pelaksanaan otonomi daerah

Agenda utama gerakan reformasi adalah turunnya Soeharto dari jabatan presiden. Akhirnya, pada 21 Mei 1998 pukul 09.00 WIB Presiden Soeharto membacakan pernyataan pengunduran dirinya. Jadi hasil dari Peristiwa Reformasi adalah berhasi membuat Presiden Soeharto mengundurkan diri, dan pemerintahan di serahkan kepada BJ. Habibie.

0

Roboguru

Perhatikan uraian cerita berikut ! "Reformasi lahir setelah negara kita ini mengalami krisis yang melanda dari berbagai aspek, mulai dari kehidupan, ekonomi, politik, hukum, kepercayaan, dan yang par...

Pembahasan Soal:

Reformasi lahir setelah Indonesia mengalami krisis yang melanda berbagai aspek, mulai dari kehidupan, ekonomi, politik, hukum, kepercayaan, dan yang parahnya lagi adalah krisis kebutuhan pokok. Karena pada masa orde baru Indonesia mengalami krisis yang cukup parah, akhirnya muncullah gerakan-gerakan mahasiswa dan masyarakat lainnya yang meminta Presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya. Setelah Soeharto mundur, jabatan presiden diserahkan kepada wakilnya, yaitu B.J Habibie. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pasal 8 UUD 1945. Setelah naiknya Habibie sebagai presiden, kondisi politik dan ekonomi pun kian berubah. Proses dan penerapan demokrasi di Indonesia mulai membaik. Presiden dipilih berdasarkan pemilu dalam skala 5 tahun sekali, dan semua masyarakat memiliki hak memilihnya. Perubahan sistem politik di Indonesia pasca Reformasi memberikan dampak yang signifikan yaitu adanya pembaharuan dalam sistem pemerintahan yang selama 32 tahun sangat terkekang pada masa Orde Baru.

Dengan demikian, peristiwa bergantinya pemerintahan Soeharto pada masa Orde Baru dengan diangkatnya B.J.Habibie sebagai presiden pada masa Reformasi telah terjadi perubahan tatanan kehidupan dalam pemerintahan Indonesia yaitu dalam bidang politik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved