Roboguru

Beberapa cara untuk mengatasi konflik di antaranya...

Beberapa cara untuk mengatasi konflik di antaranya adalah dengan cara karjasama. Proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dalam suatu organisasi untuk menghindari terjadinya instabilitas atau kegoncangan dalam organisasi yang bersangkutan adalah bentuk kerjasama yang disebut ....space space

  1. bargainingspace space

  2. coalitionspace space

  3. join venturespace space

  4. cooptation space space

  5. perdamaianspace space

Jawaban:

Masyarakat memilki banyak perbedaan sehingga dari perbedaan-perbedaan itu akan memicu terjadinya konflik sosial karena terjadi interaksi yang bersifat negatif dalam kehidupan masyarakat yang menjadi pemicu perpecahan dalam masyarakat. Untuk menjaga agar masyarakat tidak terjadi konflik maka masyarakat memerlukan interaksi yang bersifat postif atau interaksi asosiatif yang bisa diartikan sebagai  interaksi ini bersifat positif karena mengarah pada persatuan atau kegiatan-kegiatan yang bersifat baik. Sehingga dari adanya interaksi asosiatif masyarakat dapat menghasilkan kerukunan antar masyarakat. adapun jenis interaksi asosiatif yaitu : 

Bargaining atau tawar menawar merupakan kesepakatan tukar menukar barang atau jasa antara dua pihak atau lebih dengan mengutamakan prinsip keadilan. Maksud dari prinsip keadilan adalah kedua pihak bisa sama-sama memperoleh keuntungan. Misalnya, ketika sedang melakukan tawar menawar barang, harga akhir merupakan hasil keputusan bersama antara penjual dan pembeli yang dirasa adil.

Koalisi adalah kerja sama antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama.

Joint venture adalah kerja sama antara dua perusahaan atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dalam periode waktu tertentu. Kerja sama ini biasanya terjadi antara perusahaan luar negeri (asing) dengan perusahaan dalam negeri. Joint venture termasuk jenis kerja sama kontrak karena dilakukan atas dasar aturan tertentu dan sudah disepakati secara tertulis dalam sebuah kontrak.

Cooptasi adalah diterimanya unsur-unsur baru berupa kepemimpinan atau pelaksanaan pada suatu organisasi atau kelompok sosial sebagai cara menghindari keguncangan atau konflik pada kelompok tersebut. Contoh: dibentuknya KPK dalam mencegah dan menangani tindak pidana korupsi. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space spacespace space space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved