Roboguru

Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan . . . .

Pertanyaan

Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan . . . .undefined 

  1. Vitamin dan airundefined 

  2. Air dan mineralundefined 

  3. Protein dan mineralundefined 

  4. Karbohidrat dan proteinundefined 

Pembahasan Soal:

Ada banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, di antaranya makanan. Melalui makanan, manusia dapat memperoleh nutrisi yang diperluan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus mengandung enam jenis nutrisi yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat, lemak, dan protein dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan tiga macam makroelemen beserta fungsinya!

Pembahasan Soal:

Mikronutrien adalah zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Zat-zat yang tergolong dalam mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Mineral adalah senyawa anorganik dan umumnya ditemukan dalam bentuk ion. Kebutuhan mineral tubuh terbagi menjadi unsur makro (makroelemen) dan unsur mikro (mikroelemen). Makroelemen adalah unsur mineral yang dibutuhkan relatif lebih banyak oleh tubuh seperti natrium, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, klor dan belerang. Sedangkan, mikroelemen adalah unsur mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil seperti mangan, seng, tembaga, kobalt.

  1. Natrium berfungsi untuk memelihara cairan tubuh dan mengatur permeabilitas sel dan transmisi impuls saraf.
  2. Magnesium berfungsi untuk sintesis protein, kesehatan otot saraf, dan katalisator dalam reaksi kimia.
  3. Fosfor berfungsi untuk memengaruhi semua proses perombakan dan pembentukan zat, mengatur aktivitas hormon, dan unsur utama sel tubuh.
Roboguru

Bahan makanan yang mengandung protein jika diuji dengan larutan Biuret akan menghasilkan warna .... sedangkan jika diuji dengan larutan Millon akan menggumpal dan berwarna ....

Pembahasan Soal:

  • Uji biuret, juga dikenal sebagai uji Piotrowski adalah uji kimia yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan protein/ikatan peptida. Metode biuret didasarkan pada prinsip zat yang mengandung dua atau lebih ikatan peptida dapat membentuk kompleks berwarna ungu dengan garam Cu dalam larutan alkali.Metode biuret ini merupakan metode yang baik untuk menentukan kandungan larutan protein karena seluruh protein mengandung ikatan peptida.
  • Uji Millon adalah pereaksi yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan protein terlarut. Pereaksi Millon merupakan larutan merkuro dan merkuri nitrat dalam asam nitrat. Hasil positif adanya protein dalam hasil uji akan muncul endapan putih yang dapat berubah menjadi berwarna merah oleh pemanasan.

Dengan demikian larutan Biuret akan menghasilkan warna ungu dan  larutan Millon akan menggumpal dan berwarna merah.undefined  

Roboguru

Apabila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan kalori yang digunakan untuk beraktivitas, maka ….

Pembahasan Soal:

Jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih tinggi dibandingkan kalori yang digunakan untuk beraktivitas, maka keseimbangan kalori tubuh akan positif. Akibatnya, kelebihan kalori tersebut akan disimpan di dalam jaringan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan berat badan meningkat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.spacespace space

Roboguru

Disaluran pencernaan, protein akan disederhanakan menjadi senyawa yang disebut …

Pembahasan Soal:

Protein merupakan salah satu zat makanan yang penting bagi tubuh. Fungsi protein yaitu sebagai sumber energi, zat pembangun dalam pertumbuhan, sintesis zat penting dalam tubuh seperti enzim, dan perbaikan serta pemeliharaan jaringan tubuh. Untuk dapat diserap oleh tubuh, protein akan diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana di saluran pencernaan. Di lambung, protein akan diubah menjadi pepton dengan bantuan enzim pepsin. Ketika memasuki usus halus, pepton akan diubah menjadi asam amino dengan bantuan enzim tripsin. Berdasarkan uraian tersebut, di dalam saluran pencernaan protein akan diubah menjadi pepton dan asam amino.

Opsi jawaban tidak tersedia.

Roboguru

Salah satu fungsi zat gizi bagi tubuh adalah ….

Pembahasan Soal:

Tubuh kita memerlukan zat gizi yang seimbang sehingga tidak terjadi malnutrisi. Zat gizi didalam tubuh digunakan untuk proses pembentukan energi, untuk  pertumbuhan dan perkembangan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan untuk mengontrol aktivitas tubuh lainnya. Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.spacespace space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved