Roboguru

Bagian mikroorganisme yang telah dilemahkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh disebut ....

Pertanyaan

Bagian mikroorganisme yang telah dilemahkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh disebut .... 

  1. serum 

  2. antibiotik 

  3. vaksin 

  4. toksoid 

  5. toksin 

Pembahasan Soal:

Vaksin merupakan mikroorganisme atau bagian dari mikroorganisme yang telah dilemahkan kemudian dimasukkan ke tubuh orang yang sehat untuk memicu terbentuknya sistem kekebalan. Vaksin dapat berasal dari substansi toksoid bakteri yang sudah tidak berbahaya bagi tubuh. Rekayasa genetika telah memproduksi vaksin baru, salah satunya vaksin subunit. Vaksin subunit adalah vaksin yang dibuat dari bagian tertentu mikroorganisme yang imunogenik secara alamiah. Sifat imunogenik adalah mampu menimbulkan respons imunitas tubuh. Vaksin subunit umumnya berasal dari protein permukaan virus. Vaksin dari protein permukaan virus merupakan vaksin yang potensial dan dapat diperbanyak dengan metode kloning gen (teknologi DNA rekombinan). Gen pengkode protein tersebut dimasukkan ke dalam plasmid sel ragi (misalnya Saccharomyces cerevisiae). Sel ragi akan menghasilkan protein virus sekitar 1-2% dari total protein ragi. Vaksin yang telah berhasil dibuat melalui teknologi ini, antara lain vaksin untuk hepatitis B, yaitu Recombivax HB vaccine.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena . . . .

Pembahasan Soal:

Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme berupa bakteri. Vaksin adalah siapan antigen yang dimasukkan ke tubuh untuk memicu terbentuknya sistem kekebalan tubuh. Pembuatan vaksin dilakukan melalui teknik DNA rekombinan dengan mengisolasi gen yang mengode senyawa penyebab penyakit (antigen) dan mikrob yang bersangkutan.blank 

Roboguru

Bagian mikroorganisme yang telah dilemahkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh disebut ....

Pembahasan Soal:

Jawaban         : C. vaksin

Pembahasan  : Vaksin adalah suatu zat yang merupakan merupakan suatu bentuk produk biologi yang diketahui berasal dari virus, bakteri atau dari kombinasi antara keduanya yang dilemahkan. Vaksin diberikan kepada individu yang sehat guna merangsang munculnya antibodi atau kekebalan tubuh guna mencegah dari infeksi penyakit tertentu.

Roboguru

Jelaskan perbedaan vaksin dan antibodi!

Pembahasan Soal:

Vaksin merupakan cairan yang berisi mikroorganisme atau toksin (antigen) yang telah dilemahkan. Pemberian vaksin ke dalam tubuh atau vaksinasi berperan dalam proses kekebalan tubuh yang dibuat dengan sengaja. Pemberian vaksin dalam tubuh dapat meningkatkan proses kekebalan tubuh dengan membentuk antibodi. Antibodi dapat terbentuk karena sistem imunitas dalam tubuh mengenali mikroorganisme atau toksin dalam vaksin sebagai antigen. Jadi, vaksin adalah cairan yang mengandung mikroorganisme atau toksin yang telah dilemahkan sedangkan antibodi adalah protein yang dihasilkan oleh tubuh karena adanya antigen.undefined 

Roboguru

Contoh vaksin baru hasil rekayasa genetika adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Berbagai jenis vaksin telah banyak dikembangkan untuk mengatasi dan mencegah penularan penyakit infeksi.
 

Adapun berbagai macam vaksin berdasarkan perkembangan yaitu.

  1. Vaksin generasi pertama, menggunakan mikroba patogen yang dilemahkan. Contoh dari vaksin hidup adalah vaksin MMR, vaksin BCG, vaksin cacar air, dan vaksin rotavirus.
  2. Vaksin generasi kedua, menggunakan mikroba patogen yang dimatikan. Contoh vaksin yang termasuk jenis vaksin mati adalah vaksin polio dan vaksin flu.
  3. Vaksin generasi ketiga, merupakan vaksin rekombinan yang terdiri dari protein yang dimurnikan. Contoh vaksin rekombinan adalah vaksin Hepatitis B, vaksin DPT,  dan vaksin HPV.
  4. Vaksin generasi keempat, vaksin yang diproduksi dengan teknik kloning dari gen virus melalui rekombinasi DNA. Contohnya yaitu vaksin DNA dan sub unit


Adapun pengertian istilah-istilah pada soal sebagai berikut.

  1. Antibodi monoklonal adalah salah satu jenis pengobatan yang memicu (mendorong) sistem imun tubuh untuk melawan suatu penyakit (imunoterapi). Antibodi monoklonal ini merupakan suatu protein imun atau kekebalan tubuh buatan yang dirancang khusus untuk memberikan tanda pada sel-sel kanker yang spesifik.
  2. Vaksin BCG atau Bacillus Calmette–Guérin adalah adalah strain hidup yang dilemahkan untuk menimbulkan kepekaan terhadap M. tuberculosis.  Vaksin ini diberikan untuk melindungi diri terhadap tuberkulosis (TB), yaitu penyakit infeksi yang terutama menyerang paru-paru.
  3. Vaksin sub unit merupakan vaksin yang dibuat dari komponen virus. Teknik yang relatif baru dalam produksi vaksin adalah dengan melakukan kloning dari gen virus melalui rekombinasi DNA, vaksin vektor virus dan vaksin antiidiotipe.
  4. Vaksin DPT adalah vaksin kombinasi yang diberikan untuk mencegah tiga penyakit, yakni difteri, pertusis (batuk rejan), dan tetanus yang bekerja dengan cara memasukkan bakteri difteri, pertusis, dan tetanus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh. 
  5. Interferon adalah protein alami yang diproduksi tubuh sebagai respon tubuh dalam melawan senyawa berbahaya, seperti virus, bakteri, atau kanker. Interferon juga tersedia dalam bentuk obat.  Interferon dalam bentuk obat bekerja dengan meningkatkan respon kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan virus, bakteri, atau kanker.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Jelaskan proses pembuatan vaksin Corona?

Pembahasan Soal:

Proses pembuatan vaksin Corona yaitu dengan cara melemahkan/ menghilangkan sifat virulensi virus corona sehingga partikel virus yang tersisa dapat dipakai untuk membangkitkan imunitas pada tubuh manusia. Imunitas yang muncul setelah disuntik dengan vaksin ini disebut sebagai imunitas aktif buatan. Beberapa jenis vaksin Corona antara lain:

  1. Vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca
  2. Vaksin COVID-19 China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm)
  3. Vaksin COVID-19 Moderna
  4. Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech
  5. Vaksin COVID-19 Sinovac
  6. Vaksin COVID-19 Novavax
  7. Vaksin COVID-19 yang diproduksi PT Bio Farmaspace space 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved