Roboguru

Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiosperm...

Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) tempat terjadinya pembuahan disebutspace....

  1. dasar putikspace space

  2. mikrofilspace space

  3. kotak sarispace space

  4. putikspace space

  5. serbuk sarispace space

Jawaban:


Bunga adalah organ reproduksi tumbuhan Angiospermae. Bagian-bagian bunga Angiospermae diantaranya adalah:

  1. Mahkota bunga (corolla) adalah bagian bunga yang paling mencolok. Mahkota bunga terletak pada lingkaran sebelah dalam kelopak bunga. Fungsi mahkota bunga adalah untuk menarik serangga agar hinggap dan membantu penyerbukan.

  2. Kelopak bunga (calyx) merupakan bagian bunga yang terletak di lingkaran terluar. Kelopak bunga berfungsi untuk melndungi mahkota bunga pada saat masih kuncup dan akan terbuka apabila mahkota mekar.

  3. Benang sari (stamen) berfungsi sebagai alat kelamin jantan atau disebut androecium. Pada umumnya, bunga terdiri dari empat kotak sari, yang disebut mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan pada bunga.

  4. Putik (gynoecium) berfungsi sebagai alat kelamin betina pada bunga. Putik biasanya terletak di bagian tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna saat proses pertumbuhan.

  5. Bakal buah (ovarium) sebenarnya merupakan bagian dari putik, akan tetapi karena perannya yang penting terkadang diklasifikasikan sebagai bagian bunga yang berdiri sendiri. Bakal buah mengandung sel telur dan terletak di dasar bunga. Bakal buah berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan, dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved