Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimanakah proses daur hidup Wuchereria bancrofti ?

Bagaimanakah proses daur hidup Wuchereria bancrofti?space 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Wuchereria bancrofti atau biasa disebut juga dengan nama cacing filaria merupakan cacing penyebab penyakit filariasis (penyakit kaki gajah) . Penyakit ini ditularkan melalui vektornya berupa nyamuk Culex (inang sementara). Cacing dewasa hidup pada pembuluh limfe manusia (inang sesungguhnya). Nyamuk terinfeksi dengan menelan mikrofilaria yang terisap bersama-sama dengan darah. Di dalam lambung nyamuk, mikrofilaria melepaskan sarungnya dan berkembang menjadi larva stadium 1 (L-1), larva stadium 2 (L-2), dan larva stadium 3 (L-3) dalam otot toraks dan kepala. Larva L-3 ini masuk ke dalam jaringan manusia, kemudian masuk ke sistem limfatik perifer, lalu bermigrasi ke saluran limfe distal hinggaakhirnya ke kelenjar limfe. Cacing ini akan tumbuh menjadi L-4 dan L-5 (cacing betina dewasa dan jantan dewasa).

Wuchereria bancrofti atau biasa disebut juga dengan nama cacing filaria merupakan cacing penyebab penyakit filariasis (penyakit kaki gajah). Penyakit ini ditularkan melalui vektornya berupa nyamuk Culex (inang sementara). Cacing dewasa hidup pada pembuluh limfe manusia (inang sesungguhnya).

Nyamuk terinfeksi dengan menelan mikrofilaria yang terisap bersama-sama dengan darah. Di dalam lambung nyamuk, mikrofilaria melepaskan sarungnya dan berkembang menjadi larva stadium 1 (L-1), larva stadium 2 (L-2), dan larva stadium 3 (L-3) dalam otot toraks dan kepala.

Larva L-3 ini masuk ke dalam jaringan manusia, kemudian masuk ke sistem limfatik perifer, lalu bermigrasi ke saluran limfe distal hingga akhirnya ke kelenjar limfe. Cacing ini akan tumbuh menjadi L-4 dan L-5 (cacing betina dewasa dan jantan dewasa).space 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

198

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Wuchereria bancrofti mengingatkan kepada kita untuk melakukan tindakan ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia